-->

8 Contoh Sikap, Perilaku Nasionalisme dalam Kehidupan Sehari-Hari Berbangsa dan Bernegara

Ada 8 Contoh Sikap, Perilaku Nasionalisme dalam Kehidupan Sehari-hari Berbangsa dan Bernegara
8 Contoh Sikap, Perilaku Nasionalisme dalam Kehidupan Sehari-Hari Berbangsa dan Bernegara

Sosiologi Info - Berikut adalah Contoh Sikap Nasionalisme dalam Kehidupan Sehari-hari Berbangsa dan Bernegara.

Mau tahu apa saja contoh sikap maupun perilaku nasionalisme tersebut ? Mari simak penjelasan tentang definisi nasionalisme terlebih dahulu.

Sekilas Memahami Pengertian Nasionalisme

Sobat sudah pernah mendengar tentang apa itu nasionalisme ? Mungkin sebagian sudah mendengar dan membaca maupun melihat penjelasan tentang nasionalisme.

Buat sobat yang lupa mari sama sama kita ingat lagi definisi pengertian dari nasionalisme tersebut. Nasionalisme adalah rasa cinta tanah air. 

Istilah nasionalisme memiliki pengertian yang luas dan sempit. 

Nasionalisme, secara luas didefinisikan, menggambarkan perasaan cinta tanah air seseorang dan mengabaikan kebangsaan lain. 

Sementara itu, nasionalisme dalam arti sempit adalah cinta tanah air yang luhur, tetapi memandang rendah bangsa lain. 

Jika dipahami, ternyata nasionalisme sempit mengarah pada chauvinisme karena memandang rendah bangsa lain. 

Konsep nasionalisme banyak dianut di Indonesia karena konotasinya yang positif. Secara umum, tujuan nasionalisme adalah untuk memberikan identitas pada suatu bangsa. 

Selain itu bertujuan untuk penghapusan tuntutan berlebihan (ekstremisme) oleh individu atau kelompok yang tinggal di suatu negara. 

Pastikan keinginan warga dan bertahan melawan musuh asing. Jadikan konsep nasionalis menghasilkan semangat rela berkorban.

Dilansir dari laman http://repo.iain-tulungagung.ac.id, dituliskan bahwa kata Nasionalisme menurut Bahasa Indonesia yaitu paham (ajaran).

Untuk mencintai bangsa dan negara sendiri, politik untuk membela pemerintahan sendiri, sifat kenasionalan. 

Sedangkan dalam Bahasa Arab kata nasionalisme menggunakan kata qaumiyah dan wataniyah. 

Secara terminologis, kata Nasionalisme mempunyai arti loyalitas dan kesetiaan kepada satu bangsa dan negara.

Dengan meletakkan kepentingan bangsa negara daripada kepentingan individu dan kelompok yang diaktualisasikan dengan menjalin integrasi rakyat dalam kesatuan politik.

Lalu bagaimana pandangan para ahli mengenai pengertian dari nasionalisme itu sendiri ? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Menurut Hans Kohn, nasionalisme adalah suatu paham yang menghendaki kesetiaan yang tertinggi dari rakyat kepada negara dan bangsa.

Menurut Louis Snyder, nasionalisme adalah merupakan percampuran dari berbagai gagasan sehingga menyatu pada taraf tertentu dalam kurun sejarah. 

Menurut Ernest Renan, nasionalisme adalah munculnya keinginan menjadi satu bangsa karena ada kemauan untuk bersatu.

Menurut Otto Bouer, nasionalisme muncul karena adanya persamaan sikap dan tingkah laku dalam memperjuangkan nasib yang sama.

Menurut Kedourie, nasionalisme adalah doktrin yang berpretensi untuk memberikan satu kriteria dalam menentukan unit penduduk yang ingin menikmati satu pemerintahan eksklusif.

Bagi dirinya, untuk melegitimasi pelaksaan kekuasaan dalam negara dan untuk memberikan hak mengorganisasikan suatu masyarakat negara. 

Menurut Smith, nasionalisme adalah satu gerakan ideologis untuk meraih dan memelihara otonomi, kohesi dan individuality bagi satu kelompok sosial tertentu.

Yang diakui oleh beberapa anggotanya untuk membentuk atau menentukan satu bangsa yang sesungguhnya atau yang berupa potensi saja.

Setelah sobat memahami beberapa pengertian nasionalisme di atas, mari simak ada beberapa contoh sikap dan perilaku yang mencerminkan nasionalisme di bawah ini.

Ada 8 Contoh Sikap, Perilaku Nasionalisme dalam Kehidupan Sehari-hari Berbangsa dan Bernegara

Berikut ini beberapa contoh sikap atau perilaku nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari berbangsa dan bernegara, yaitu :

1. Memilih menggunakan produk dalam negeri, seperti memakai batik, agar bangga menjadi ciri warga negara Indonesia

2. Menjaga nama baik negara, menjaga persatuan dan kesatuan negara

3. Sebagai orang tua, mendidik dan mencontohkan sikap nasionalisme kepada anak-anaknya Berikan contoh cinta tanah air, menghormati Indonesia, dan tidak memandang rendah suku lain

4. Awasi lingkungan dan pergaulan anak di lingkungan sekitar

5. Menjadi teladan bagi orang lain dan membentuk sikap hormat kepada pahlawan dan cinta tanah air

6. Upacara pengibaran bendera diadakan setiap hari Senin

7. Memberikan pendidikan moral kepada remaja agar mereka tidak mudah menyerap hal-hal negatif. 

8. Toleransi terhadap perbedaan keyakinan, ras dan budaya

Nah, itulah Ada 8 Contoh Sikap, Perilaku Nasionalisme dalam Kehidupan Sehari-Hari Berbangsa dan Bernegara. Semoga bermanfaat ya adik adik !

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !