-->

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 SMA Halaman 142 Aktivitas Belajar 1, Unit 3 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 SMA Halaman 142 Aktivitas Belajar 1, Unit 3 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban PKN Kelas 10 SMA Halaman 142 Aktivitas Belajar 1, Unit 3 Kurikulum Merdeka

Sosiologi Info – Berikut pembahasan Kunci Jawaban PKN Kelas 10 SMA Halaman 142 Aktivitas Belajar 1, Unit 3 Kurikulum Merdeka.

Mari simak penjelasan dan pembahasannya yang tertera di bawah ini dengan saksama ya adik-adik. 

Seperti yang dilansir dari buku pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk kelas X SMA/SMK.

Dengan penyelia penerbitan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pusat Perbukuan tahun 2021.

Sebelum memperhatikan jawaban alternatif yang telah disajikan, tentunya disarankan untuk adik-adik terlebih dahulu menjawab soal tersebut sesuai pemahamannya.

Jawablah tugas tersebut sesuai kadar kemampuan adik-adik dahulu. Nah, setelah selesai menjawab soal tersebut.

Adik-adik bisa menambahkan atau membandingkan hasil jawaban apakah sudah menjurus kepada hal yang sama.

Perlu adik-adik ketahui bahwa jawaban alternatif yang disajikan ini hanya sebagai tambahan dalam pembelajaran. Jadi adik-adik bisa mengambil apa yang kurang dalam pembelajaran tersebut.

Jawaban ini tentunya tidaklah mutlak benar 100 persen, silakan adik-adik mencari jawaban yang relevan lainnya.

Sebelum itu, adik-adik harus memahami terlebih dahulu bagian 3 ini terkait Bhineka Tunggal Ika, kita akan membahasnya di 5 Unit yang tersedia. 

Seperti yang kita ketahui, setiap orang atau kelompok selalu memiliki identitas. Dengan kata lain, identitas merupakan ciri khas yang menyatukan suatu kelompok atau individu. 

Identitas atau jati diri akan kita bahas pada bagian ini. Tidak hanya identitas, pada bagian ini juga akan dibahas keragaman atau kebhinekaan. 

Pembahasan kedua dimensi ini melibatkan kemampuan siswa untuk mengidentifikasi dampak keanggotaan terhadap identitas dan kemampuan mereka untuk menganalisis makna dan nilai keragaman.

Pada kompetensi ini, dengan bimbingan seorang guru, siswa akan mengidentifikasi berbagai identitas, baik individu maupun kelompok, dan bagaimana identitas tersebut terbentuk. 

Siswa juga diarahkan kemampuannya untuk menyadari kekayaan jati diri, bekerja antar budaya, dan bagaimana memaknai kekayaan tradisi yang mereka miliki.

Pada Unit 3 kita akan mempelajari materi kolaborasi antarbudaya di Indonesia. Di mana adik-adik harus bisa menjelaskan Indonesia.

Sebagai sebuah Negara yang terbentuk dari keragaman budaya. 

Dari pembelajaran Unit 3 ini juga adik-adik diharapkan mampu mengidentifikasi bagaimana pentingnya melakukan kolaborasi budaya yang ada di Indonesia.

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 SMA Halaman 142 Aktivitas Belajar 1, Unit 3 Kurikulum Merdeka 

Berikut soal dan jawabannya :

Aktivitas Belajar 1

a. Bacalah artikel di bawah ini, kemudian kalian akan diskusi yang dibuka dengan pertanyaan “Bagaimana hubungan antara keragaman suku dan agama anggota BPUPKI terhadap pembentukan Dasar Negara Indonesia”?

b. Diskusi dilaksanakan di kelompok kecil dengan memberikan penekanan pada aspek demografi (suku dan agama) dari anggota BPUPKI kepada peserta didik. Peserta didik berdiskusi tentang hubungan antara keragaman suku dan agama serta pembentukan Negara Indonesia.

Jawabannya yaitu:

BPUPKI atau yang sering kita sebut dengan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ini diketuai oleh Radjiman Widijodiningrat. Badan ini didirikan pada 1 Maret 1945. 

Tujuan dari dibentuknya BPUPKI ini adalah bagian dari usaha untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. 

Dalam pelaksanaanya, BPUPKI tidak hanya terdiri dari satu golongan saja, tetapi mereka beragam baik dari suku bangsa, budayanya dan juga agamanya. Tetapi mereka mampu bersatu meskipun ada perbedaan di antara mereka.

Pembentukan anggota BPUPKI yang terdiri dari berbagai suku dan agama bertujuan agar dapat diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia yang berbeda latar belakang.

Selain itu, karena bersifat kedaerahan pada masa penjajahan Indonesia, menimbulkan banyak korban. 

Untuk menghindari situasi ini, pemerintah Indonesia membentuk anggota BPUPKI yang terdiri dari berbagai golongan. 

Artinya, sebagai warga negara Indonesia, kita tidak perlu memperdebatkan ras, agama, dan latar belakang yang berbeda untuk membentuk negara.

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan Kunci Jawaban PKN Kelas 10 SMA Halaman 142 Aktivitas Belajar 1, Unit 3 Kurikulum Merdeka.

Disclaimer :

1. Jawaban tersebut tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen

2. Silakan adik adik mencari jawaban relevan lainnya sesuai pertanyaan tugas tersebut

3. Tambahkan lagi referensi bacaan agar dapat memperkaya pemahaman adik-adik dalam proses belajar 

4. Silakan adik-adik menggembangkan jawaban agar lebih menguatkan argumen terkait jawaban yang dibutuhkan.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !