-->

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 104

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 104
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 104

Sosiologi Info – Berikut soal pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 104, ayo menulis, subtema 2 pembelajaran 3.

Sebagaimana dilansir dari buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 7, Peristiwa dalam kehidupan

Dengan penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti. Buku ini diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku ini merupakan edisi revisi tahun 2017.

Adapun daftar materi pembelajaran yang ada di tema 7 kelas 5 SD MI meliputi tiga subtema. Mulai dari subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan.

Kemudian, subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan, dan subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan.

Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas soal soal pembelajaran pada subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan.

Namun perlu diingat ya adik adik dalam proses pembelajaran kali ini, jawaban alternatif yang disajikan tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

Silahkan adik adik menjawab soal pertanyaan yang ada dengan kemampuan sendiri, sehingga dapat mengetahui kemampuan adik adik. 

Pembelajaran 3 

Seluruh rakyat Indonesia menyambut dengan suka cita Proklamasi Kemerdekaan. Peristiwa peristiwa heroik pun terjadi di berbagai daerah. 

Pembacaan teks proklamasi memicu semangat pejuang pejuang bangsa mengusir penjajah. Dalam peristiwa pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Ada dua tokoh penting yang mewakili seluruh rakyat Indonesia, yaitu Ir Soekarno dan Drs Moh Hatta. Kedua tokoh tersebut dikenal sebagai Proklamator. 

Mari langsung saja simak pembahasan dan penjelasan jawaban alternatif di bawah ini dengan saksama ya adik-adik 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 104, Ayo Menulis 

Mengapa rakyat di seluruh daerah di Indonesia sangat antusias mendengar dan menyambut berita mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia? 

Tuliskan cerita kalian pada kolom berikut. 

Jawaban: 

Hal ini memang sudah dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia. 

Penjajahan yang dilakukan oleh berbagai negara mulai dari portugis, inggris, belanda dan jepang, sudah membuat masyarakat sengsara. 

Hal itu bisa dilihat ketika masyarakat bekerja membangun fasilitas milik negara tidak diberi gaji, malah disuruh kerja paksa dan harus selesai. 

Banyak masyarakat yang merasakan kelaparan, busung lapar, kematian dan juga hanya beberapa orang saja yang bisa mengenyam pendidikan. 

Sehingga terkesan diskriminasi. Maka dari itu, ketika ada informasi akan kemerdekaan mereka saling mempersiapkan segala sesuatu. 

Semua yang di lakukan hanya demi negara Indonesia merdeka. Ketika negara Indonesia merdeka tentu sudah nggak ada lagi kekerasan, kesengsaraan dan penjajahan. 

Semua masyarakat bersatu dan mengerahkan seluruh tenaga yang dimiliki hanya demi Indonesia merdeka. Walau harus mati di medan perang, tidak masalah. 

Setelah Indonesia merdeka, juga masih ada perlawanan antar daerah yang dilakukan oleh Jepang. Banyak penyusup-penyusup yang membuat rakyat Indonesia harus bergerak.

Sehingga persatuan dan kesatuan nggak boleh padam. 

Tak hanya itu saja, pihak pemerintah juga memanfaatkan waktu yang tepat dalam memerdekakan bangsa Indonesia. 

Ketika jepang dijatuhkan bom atom dan jepang meninggalkan Indonesia, sehingga Indonesia terjadi kekosongan pemerintahan. 

Untung saja ada beberapa golongan yang memang sadar akan pentingnya memanfaatkan waktu. Sehingga golongan muda mendesak soekarno dan golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan. 

Kalau saja nggak bertindak cepat, mungkin sekarang bangsa Indonesia masih dalam keadaan dijajah. 

Seluruh rakyat di berbagai daerah dari berbagai suku, agama, dan golongan penuh suka cita menyambut dan merayakan proklamasi kemerdekaan 

Semua bersatu padu dan lebur saling bahu membahu melakukan perlawanan terhadap penjajah.

Semua menunjukkan rasa persatuan dan kesatuan, tidak lagi memikirkan kedaerahan, suku, agama, dan golongan.  Hanya ada satu identitas, yaitu Indonesia. 

Demikianlah pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 104, ayo menulis, semoga bermanfaat ya adik-adik 

Sebagaimana dilansir dari buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 7, Peristiwa dalam kehidupan

Dengan penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti. Buku ini diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku ini merupakan edisi revisi tahun 2017

#Disclaimer jawaban di atas: 

1. Kunci jawaban alternatif di atas tersebut tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. 

2. Silahkan adik-adik menambah bacaan dan referensi yang relevan terkait dengan soal pertanyaan tersebut. 

3. Disarankan adik-adik agar dapat mencari jawaban yang relevan lainnya, agar bisa menambah wawasan dan paham akan materi pembelajaran. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !