-->

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 121, 122, Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 121, 122, Ayo Mengamati, Subtema 2 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 121, 122, Ayo Mengamati

Sosiologi Info – Berikut soal pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 121, 122, Ayo Mengamati, Subtema 2 Pembelajaran 4.

Sebagaimana dilansir dari buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 7, Peristiwa dalam Kehidupan, edisi revisi 2017, cetakan kedua. 

Dengan penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

Perlu diketahui adik – adik dalam materi pembelajaran di tema 7 ini terbagi atas tiga subtema, yaitu subtema 1,2, dan 3. 

Untuk subtema 1 membahas tentang peristiwa kebangsaan masa penjajahan. Sedangkan subtema 2 membahas tentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. 

Untuk subtema yang terakhir yaitu subtema 3 membahas tentang peristiwa mengisi kemerdekaan. Selain itu juga, ada karyaku prestasiku (literasi dan kegiatan proyek). 

Itulah beberapa materi pembahasan di dalam tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan untuk siswa/siswi kelas 5 SD MI.  

Namun, pada kesempatan kali ini adik-adik hanya akan memahami materi soal pada subtema 2 pembelajaran 4 saja. 

Perlu diingat ya adik-adik, bahwa kunci jawaban alternatif yang disajikan dibawah ini hanyalah sebagai bahan tambahan dalam belajar. 

Tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen, silahkan adik-adik menambah referensi bacaan lainnya yang relevan. 

Disarankan adik-adik juga menjawab dulu semampunya pertanyaan dari soal yang diberikan, sehingga dapat mengetahui kadar kemampuan diri sendiri. 

Terhadap soal pertanyaan latihan yang diberikan tersebut. Setelah menjawab semampunya barulah sandingkan atau bandingkan jawaban tersebut dengan jawaban alternatif di bawah ini. 

Mari langsung saja simak pembahasan dan penjelasan jawaban alternatif di bawah ini dengan saksama ya adik-adik 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 121, 122, Ayo Mengamati, Subtema 2 Pembelajaran 4

Cari tahu dengan mengamati unsur – unsur budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Jika kamu mengalami kesulitan, baca kembali uraian tentang unsur – unsur budaya di atas. 

Kemudian, tuliskan nama – nama bagian dari kebudayaan pada suku yang kamu kenal. 

1. Unsur budaya : kesenian 

Nama : ketoprak 

Keterangan : seni pertunjukan suku Jawa berupa drama tradisional 

2. Unsur budaya : kesenian 

Nama : wayang kulit 

Keterangan : seni pertunjukan suku Jawa yang memanfaatkan kulit binatang seperti kerbau atau sapi untuk menjadi suatu benda. 

Benda ini nanti ditampilkan di depan kain putih dan dimainkan oleh seorang dalang. 

Ada beberapa tokoh dalam pagelaran wayang kulit. Wayang ini merupakan pertunjukkan kuno dan disukai oleh masyarakat, sebab akan ada amanat tersirat. 

Wayang kulit dipertontonkan ketika ada acara seperti bersih desa atau khitanan.  

3. Unsur budaya : kesenian 

Nama : reog Ponorogo

Keterangan : seni pertunjukkan dari suku Jawa khususnya Jawa Timur, Kabupaten Ponorogo. 

Reog Ponorogo ini seperti topeng yang cara memainkannya digigit menggunakan gigi oleh pemain dan mengikuti alunan musik. 

Topeng ini bergambar wajah macam dan dilengkapi dengan bulu burung merak yang indah. Acara reog Ponorogo selalu ditampilkan saat ada acara di pendopo atau ada tamu dari luar kabupaten.  

4. Unsur budaya : tarian 

Nama : tari remo

Keterangan : tarian khas masyarakat Jawa Timur yang berfungsi untuk menyambut kedatangan tamu. Sehingga, tidak asing apabila tarian ini digunakan sebagai tarian pembuka acara. 

Orang yang pertama menciptakan tari remo adalah Cak Mau. 

5. Unsur budaya : kesenian 

Nama : dongkrek 

Keterangan : kesenian yang bertujuan untuk mengusir makhluk halus. Kesenian ini dilakukan dengan cara prosesi iring-iringan yang diikuti oleh 34 penari. 

Selain itu, penari juga membawa beberapa makanan atau sesaji untuk dipersembahkan kepada roh leluhur. Kesenian ini merupakan kesenian khas dari Desa Mejayan, Caruban, Kabupaten Madiun

6. Unsur budaya : tarian 

Nama : tari bandeng nener 

Keterangan : tarian ini merupakan tarian khas dari Kabupaten Sidoarjo. Tarian ini dinamakan bandeng nener, karena memang kostum dan gerakannya seperti bandeng. 

Tidak heran apabila tarian ini merupakan tarian dari Kabupaten Sidoarjo, sebab Sidoarjo terkenal sebagai penghasil bandeng. 

7. Unsur budaya : tarian

Nama : tarian jaranan 

Keterangan : tarian ini dinamakan jaranan sebab menggunakan properti kuda tiruan yang sengaja dibuat menjadi anyaman bambu. 

Dalam bahasa Jawa, kuda adalah jaran. Tari jaranan dimainkan oleh anak-anak, karena saat TK anak akan diajarkan tarian tradisional. 

Tari jaranan ini juga dimainkan sebagai pelengkap kesenian Reog Ponorogo. 

Kunci Jawaban Halaman 122

Nama suku : Suku Jawa 

Nama pakaian adat : Beskap untuk lelaki dan kebaya untuk perempuan 

Nama senjata tradisional : keris 

Nama baju adat : Jawi jangkep dan bahasan 

Nama tari tradisional : tari gambyong, tari golek, tari remo, tari tayub. 

Demikianlah pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 121, 122, Ayo Mengamati, semoga bermanfaat ya adik-adik 

Sebagaimana dilansir dari buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 7, Peristiwa dalam Kehidupan, edisi revisi 2017, cetakan kedua. 

Dengan penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

#Disclaimer jawaban di atas: 

1. Kunci jawaban alternatif di atas tersebut tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. 

2. Silahkan adik-adik menambah bacaan dan referensi yang relevan terkait dengan soal pertanyaan tersebut. 

3. Disarankan adik-adik agar dapat mencari jawaban yang relevan lainnya, agar bisa menambah wawasan dan paham akan materi pembelajaran. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !