-->

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 96 Ayo Renungkan

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 96 Ayo Renungkan
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 96 Ayo Renungkan

Sosiologi Info – Berikut soal pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 96 Ayo renungkan, subtema 2 pembelajaran 2.

Sebagaimana dilansir dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Edisi Revisi 2017 untuk Kelas V SD MI. 

Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI. Penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti.

Adapun daftar materi pembelajaran yang ada di tema 7 kelas 5 SD MI meliputi tiga subtema. Mulai dari subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan.

Kemudian, subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan, dan subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan.

Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas soal soal pembelajaran pada subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan.

Namun perlu diingat ya adik adik dalam proses pembelajaran kali ini, jawaban alternatif yang disajikan tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

Silahkan adik adik menjawab soal pertanyaan yang ada dengan kemampuan sendiri, sehingga dapat mengetahui kemampuan adik adik. 

Mari langsung saja simak pembahasan dan penjelasan jawaban alternatif di bawah ini dengan saksama ya adik-adik 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 96 Ayo Renungkan 

Dengan mengetahui peristiwa proklamasi, kita menjadi makin mengetahui bahwa diperlukan usaha keras dan pengorbanan yang besar untuk meraih kemerdekaan dan membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pelajaran yang dapat kita petik adalah kepentingan bangsa dan negara adalah yang utama di atas kepentingan pribadi dan golongan. 

Dalam lingkup yang lebih kecil (dalam kehidupan bermasyarakat), kepentingan umum harus diutamakan daripada kepentingan pribadi. 

Kamu adalah generasi penerus bangsa. Apa yang dapat kamu lakukan untuk mengisi kemerdekaan ini? Tuliskan pada kolom berikut. 

Jawaban : 

Kemerdekaan merupakan perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Membutuhkan waktu bertahun-tahun agar bisa merdeka. 

Perlu adanya persatuan dan kesatuan yang terjaga. Karena susahnya dalam mendapatkan kemerdekaan, tidak boleh disia-siakan. 

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengisi kemerdekaan, diantaranya sebagai berikut: 

Selalu mengikuti upacara dengan hikmat dan mendengarkan amanat yang disampaikan oleh pemimpin upacara. 

Upacara merupakan cara untuk mengenang jasa pahlawan. Kan kita hanya berdiri 30 menit saja, daripada kita harus berjuang bertahun-tahun untuk mendapatkan kemerdekaan. 

Selain itu juga, kita bisa mengibarkan bendera merah putih di depan halaman rumah atau perkantoran sewaktu acara kemerdekaan dimulai tanggal 1 agustus, biasanya sih berakhir tanggal 30 agustus. 

Selain itu, kita juga memasang bendera merah putih setengah tiang ketika tanggal 30 september untuk memperingati 30 S PKI. 

Karena sekarang zaman sudah canggih, tentu akan ada film-film dokumenter tentang kemerdekaan. 

Bisa itu kita menonton bersama keluarga. Selain mendapatkan hikmah akan film, kita juga bisa merasakan kebersamaan dengan keluarga. 

Film-film ini sudah muncul di berbagai aplikasi video. Kalau ingin menonton bareng bersama tetangga juga bisa, sewaktu malam tirakatan sembari makan-makan bisa ditayangkan film-film kemerdekaan. 

Adapun film-film yang bisa ditonton seperti merah putih, soekarno, kartini, sang kai, jendral soedirman. 

kita juga bisa mengikuti lomba-lomba yang diadakan di lingkungan kita, entah di lingkungan rumah atau lingkungan sekolah. 

Ikut memeriahkan saja gapapa walaupun nggak menang. Kita memeriahkan saja sudah turut berpartisipasi loh dalam merayakan kemerdekaan. 

Lomba-lomba yang bisa kalian ikuti biasanya sesuai jenjang, misalnya jenjang SD, maka bolehnya ikut lomba tingkat SD. Karena setiap jenjang memiliki kesulitan tersendiri. 

Tak hanya itu saja, kita bisa lebih giat lagi belajar dan tidak malas untuk sekolah. 

Dengan kita semangat belajar, maka membuat diri kita terus produktif dan mampu mendapatkan prestasi. Prestasi adalah bekal kita untuk meraih masa depan yang sukses. 

Harus banget nih, kita memiliki rasa toleransi agar persatuan dan kesatuan tidak terpecah belah. 

Nggak mungkin dong pahlawan susah payah memerdekakan bangsa Indonesia, akan tetapi setelah merdeka malah ricuh akibat adanya perbedaan. 

Kita juga harus mempelajari sejarah Indonesia, maka dari itu adanya pelajaran PPKN dan IPS memiliki tujuan agar nilai-nilai nasionalisme anak tertanam sejak dini. 

Dengan kita belajar sejarah, maka rasa dan jiwa nasionalisme kita semakin dalam, kita mengerti arti perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. 

Ikut serta dalam kegiatan gotong royong menyongsong kemerdekaan, seperti cat jalan atau menghias gang. 

Jangan lupa juga untuk memperbanyak ibadah. Kan Indonesia merdeka juga atas pertolongan dari Tuhan. 

Mendoakan pahlawan yang gugur dan berkunjung ke taman makan pahlawan juga merupakan bentuk mengisi kemerdekaan. 

Demikianlah pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 96 Ayo renungkan , semoga bermanfaat ya adik-adik 

Sebagaimana dilansir dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Edisi Revisi 2017 untuk Kelas V SD MI. 

Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI. Penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa, dan Ari Subekti.

#Disclaimer jawaban di atas: 

1. Kunci jawaban alternatif di atas tersebut tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. 

2. Silahkan adik-adik menambah bacaan dan referensi yang relevan terkait dengan soal pertanyaan tersebut. 

3. Disarankan adik-adik agar dapat mencari jawaban yang relevan lainnya, agar bisa menambah wawasan dan paham akan materi pembelajaran. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !