-->

4 Contoh Gejala Sosial di Masyarakat dan Penjelasannya

Ada 4 Contoh Gejala Sosial di Masyarakat dan Penjelasannya

4 Contoh Gejala Sosial di Masyarakat dan Penjelasannya

Sosiologi Info – Berikut ini pembahasan dan ulasan tentang Contoh Gejala Sosial di Masyarakat dan Penjelasannya, yuk baca terus. 

Memahami gejala sosial di masyarakat tentulah sangat penting. Sebab fenomena sosial yang ada tentu diawali dengan adanya perubahan sosial di masyarakat. 

Lalu bagaimana dengan contoh dari gejala sosial di masyarakat? bagaimana penjelasannya. mari kita simak ulasannya sebagai berikut.

Pengertian Gejala Sosial 

Gejala Sosial, adalah salah satu penyebab terjadinya masalah sosial. 

Pengertian gejala sosial sendiri adalah fenomena kemunculan beberapa permasalahan sosial dalam kehidupan masyarakat. 

Gejala sosial sendiri adalah peristiwa yang terjadi dalam masyarakat itu sendiri. 

Salah satu tanda untuk mengetahui gejala sosial, jika peristiwa yang ada membuat perilaku individu yang terlibat di dalamnya saling berhubungan. 

Faktor yang menyebabkan gejala sosial paling besar dalam masyarakat adalah kegiatan masyarakat itu sendiri. 

Gejala Sosial Dalam Kehidupan Sehari-hari Masyarakat

Kehidupan sosial masyarakat tidak akan terlepas dari gejala sosial. 

Apalagi dengan di Indonesia yang begitu banyaknya kemajemukan, mulai dari etnis, suku, budaya, adat istiadat, kelompok organisasi, serta perbedaan lainnya.

Tidak hanya karena adanya kemajemukan terjadinya gejala sosial, bisa juga melalui perkembangan teknologi, perubahan dan dinamika sosial juga  bisa memunculkan gejala sosial.

Oleh karena itu, penting untuk kita juga harus memahami gejala sosial, mulai dari pengertian/definisi, faktor penyebab, dan contoh fenomena sosialnya. 

Gejala Sosial adalah sebuah peristiwa yang terjadi diantara dan dilakukan oleh manusia, baik secara individu dan kelompok sosial. 

Adanya peristiwa dan proses gejala sosial terjadi karena perilaku yang dilakukan individu. Dimana ia terlibat didalamnya untuk saling keterkaitan. 

Gejala sosial juga yang muncul di masyarakat itu bisa diartikan sebagai adanya fenomena sosial. Selanjutnya, kita melihat adanya gejala sosial merupakan suatu fenomena.

Yang ditandai dengan timbulnya permasalahan sosial yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu di dalam lingkungan kehidupannya. 

Jenis-Jenis Gejala Sosial 

1. Gejala Sosial Religius 

Adalah gejala sosial berupa hubungan masyarakat dengan sang penciptanya. contohnya adalah masyarakat yang mengadakan upacara panen padi.

2. Gejala Sosial Ekonomi

Adalah gejala sosial yang berkaitan dengan upaya manusia memenuhi kebutuhan ekonominya. Misal, meningkatnya pengangguran dan terjadinya inflasi. 

3. Gejala Sosial Politik

Adalah Gejala sosial yang berkaitan dengan kegiatan politik praktis. Contohnya: memberi uang kepada masyarakat untuk memilih salah satu pasangan calon dalam pemilu.

4. Gejala Sosial Hukum 

Adalah gejala sosial, berupa respons atau perilaku masyarakat yang berkaitan dengan aturan  hukum. misal, pelanggaran lalu lintas di jalan raya dan tindakan korupsi. 

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Gejala Sosial

1. Faktor Kultural

Faktor kultural merupakan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang di dalam lingkungan sebuah masyarakat. 

berdasarkan faktor kultural, gejala sosial yang bisa dilihat dari faktor ini yaitu: Kemiskinan, kerja bakti atau gotong royong, serta perilaku menyimpang (kriminal, pemakaian narkoba, dan lain sebagainya). 

2. Faktor Struktural

Faktor struktural adalah suatu keadaan yang mempengaruhi struktur, yang dimaksud adalah suatu yang disusun oleh pola tertentu. 

Berdasarkan faktor tersebut kita bisa melihat gejala sosial adalah saat kita melakukan penyuluhan covid 19. 

Ragam Gejala Sosial Dalam Berbagai Bidang

1. Fenomena Sosial dalam Bidang Ekonomi

2. Fenomena Sosial dalam Bidang Budaya

3. Fenomena Sosial dalam Bidang Lingkungan/Alam

4. Fenomena Sosial dalam Bidang Psikologis/Perilaku Individu

Contoh Gejala sosial di Dalam Masyarakat

Contoh Gejala sosial antara lain kemiskinan, kejahatan, perang, kewirausahaan, dan persamaan gender. Setiap gejala sosial menjadi dampak sekaligus penyebab dari gejala sosial yang lain. 

Misalnya keyakinan agama mempengaruhi praktik ekonomi. Sedangkan kepentingan ekonomi menentukan teori politik.

Itulah pembahasan mengenai gejala sosial di dalam masyarakat berikut dengan penjelasannya.  Semoga dapat membantu.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !