-->

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 237 Lembar Aktivitas 14 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 237 Lembar Aktivitas 14 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 237 Lembar Aktivitas 14 Kurikulum Merdeka

Sosiologi Info – Berikut ini penjelasan untuk Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 237 Lembar Aktivitas 14 Kurikulum Merdeka.

Simak dibawah ini pembahasan dan ulasan untuk Kunci Jawaban Alternatif IPS Halaman 237 Kelas VII SMP MTs.

Telusuri informasi dari berbagai sumber mengenai Kunci Jawaban Alternatif IPS Halaman 237 Kelas VII SMP MTs.

Mengutip dari buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial IPS Kelas VII SMP MTs, yang diterbitkan oleh pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI. 

Buku pembelajaran IPS kelas VII jenjang SMP, MTs ini adalah edisi revisi tahun 2021. Yang diperuntukkan untuk siswa atau pelajar kelas VII SMP, MTs.

Adik-adik Pelajar sebelum membaca soal pertanyaan aktivitas kelompok halaman 237 ini ada baiknya adik-adik.

Menjawab dengan semampunya dulu soal pertanyaan di atas dengan seksama karena jawaban yang disajikan ini.

Hanya sebagai tambahan referensi saja dalam proses belajar dirumah maupun di sekolah, saat dengan guru maupun saat dirumah bersama orang tua.

Perlu diingat ya adik-adik bahwa jawaban ini tidak menjadi kunci jawaban alternative yang mutlak kebenarannya.

Adik-adik juga dapat menambah referensi jawaban dari pembahasan lainnya yang ada, ataupun mencari bahan bacaan yang relevan.

Salah satu pada kesempatan pembahasan kali ini adalah Kunci Jawaban Alternatif IPS Halaman 237 Kelas VII SMP MTs. 

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 237 Lembar Aktivitas 14 Kurikulum Merdeka

Lembar Aktivitas 14 | Aktivitas Individu

> Setelah mempelajari materi tentang tabungan dan investasi kalian dapat mengetahui perbedaan di antara keduanya. Apakah perbedaan antara tabungan dan investasi? 

> Jika kalian diberikan uang Rp1.000.000 apakah kalian akan menggunakannya untuk menabung atau melakukan investasi? Berikan alasannya!

Jawaban:

Tabungan merupakan simpanan yang berasal dari pendapatan, berupa uang yang belum atau tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari atau kepentingan lain. 

Saat ini masyarakat lebih sering menabung di bank. Tren menabung di rumah mulai berganti karena lebih berisiko terhadap pencurian maupun bencana alam. 

Menabung di bank dipilih karena lebih aman terlebih lagi sudah banyak bank yang terdaftar pada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Ada beberapa manfaat seseorang menabung yaitu: 

a. Melatih gaya hidup hemat 

b. Uang tersedia untuk hal mendesak 

c. Meminimalkan hutang

Jika tabungan bertujuan untuk menyimpan uang yang tidak digunakan sementara investasi bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah yang dimiliki. 

Seseorang, yang melakukan investasi berharap mendapatkan imbalan berupa laba, dividen ataupun bunga dari hasil investasinya. 

Ada beberapa instrumen investasi yang dapat dipilih seperti saham, obligasi dan reksadana. Namun, perlu diingat bahwa memilih instrumen investasi juga perlu beberapa pertimbangan.

Karena banyak investasi bodong yang merugikan masyarakat. Ada beberapa tawaran investasi yang perlu dihindari oleh masyarakat yaitu: 

a. Imbalan hasil investasi terlalu tinggi dengan waktu yang singkat 

b. Sedikit informasi atau bahkan tidak ada mengenai perusahaan investasi yang dipilih

c. Investor seringkali diminta mencari orang lain untuk bergabung 

d. Tidak jelas jenis usaha yang dijalankan 

e. Biasanya dipromosikan oleh tokoh masyarakat atau artis untuk memikat investor

Perbedaan antara tabungan dan investasi ialah tabungan bertujuan hanya mengamankan uang saja untuk pemenuhan kebutuhan hidup di masa mendatang.

Sedangkan investasi ialah upaya yang dilakukan untuk mengalokasikan uang untuk menambah nilai dari aset yang dimiliki dalam jangka waktu tertentu.

Jika saya memiliki uang Rp 1.000.000 maka yang saya akan lakukan ialah menabung serta menginvestasi. Uang yang didapatkan saya bagi dua. 

Menabung dilakukan jika ada hal yang mendesak di kehidupan seperti sakit, atau biaya pendidikan.  

Sementara investasi itu bertujuan untuk mendapatkan nilai dari uang yang saya akan investasi. Uang yang diinvestasi ini bisa berupa emas.

Yang nantinya akan mengalami perubahan nilai dengan jangka waktu. Untuk investasi ini diperlukan pemahaman yang matang agar tidak mengalami kerugian ataupun penipuan 

Itu adalah jawaban pertanyaan soal latihan tugas aktivitas kelompok mata pelajaran IPS kelas VII SMP MTs, semoga membantu ya adik-adik.

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 237 Lembar Aktivitas 14 Kurikulum Merdeka.

#Disclaimer :

Jawaban diatas tidak menjadi jawaban mutlak benar 100 persen, silahkan adik-adik mengeksplorasi jawaban yang relevan lainnya.

Jawaban alternatif diatas hanya sebagai tambahan referensi saja dalam proses belajar di rumah maupun di sekolah.

Referensi:

Nursa’ban, M.  Supardi, Mohammad Rizky Satria, Sari Oktafiana. 2021. “Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VII”. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !