-->

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 240 Lembar Aktivitas 15 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP/MTs Halaman 240 Lembar Aktivitas 15 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 240 Lembar Aktivitas 15 Kurikulum Merdeka

Sosiologi Info – Berikut ini pembahasan Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP/MTs Halaman 240 Lembar Aktivitas 15 Kurikulum Merdeka.

Mari simak pembahasan dan ulasan untuk Kunci Jawaban Alternatif IPS Halaman 240 Kelas VII SMP MTs.

Telusuri informasi dari berbagai sumber mengenai Kunci Jawaban Alternatif IPS Halaman 240 Kelas VII SMP MTs.

Mengutip dari buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial IPS Kelas VII SMP MTs, yang diterbitkan oleh pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI. 

Buku pembelajaran IPS kelas VII jenjang SMP, MTs ini adalah edisi revisi tahun 2021. Yang diperuntukkan untuk siswa atau pelajar kelas VII SMP, MTs.

Adik-adik Pelajar sebelum membaca soal pertanyaan aktivitas kelompok halaman 240 ini ada baiknya adik-adik.

Menjawab dengan semampunya dulu soal pertanyaan di atas dengan seksama karena jawaban yang disajikan ini.

Hanya sebagai tambahan referensi saja dalam proses belajar dirumah maupun di sekolah, saat dengan guru maupun saat dirumah bersama orang tua.

Perlu diingat ya adik-adik bahwa jawaban ini tidak menjadi kunci jawaban alternative yang mutlak kebenarannya.

Adik-adik juga dapat menambah referensi jawaban dari pembahasan lainnya yang ada, ataupun mencari bahan bacaan yang relevan.

Salah satu pada kesempatan pembahasan kali ini adalah Kunci Jawaban Alternatif IPS Halaman 240 Kelas VII SMP MTs. 

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP/MTs Halaman 240 Lembar Aktivitas 15 Kurikulum Merdeka

Lembar Aktivitas 15 | Aktivitas Individu

Buatlah mind map terkait konsep uang, pendapatan, tabungan, investasi serta literasi keuangan

Jawaban:

Uang sebagai alat pembayaran yang sah dan dapat diterima secara umum. Di Indonesia berdasarkan lembaga pembuatnya, uang dibedakan menjadi dua yaitu ang kartal dan uang giral. 

Uang kartal yaitu uang logam dan kertas yang diterbitkan oleh pemerintah. 

Sedangkan uang giral merupakan deposito atau simpanan di bank yang dapat diambil melalui cek, giro, atau surat perintah pembayaran lain yang sah.

Pendapatan merupakan hasil (dalam satuan uang) yang diperoleh individu atau perusahaan atas kegiatan yang dilakukan. 

Pendapatan setiap orang berbeda tergantung jenis pekerjaan yang dilakukan. Pendapatan yang didapat sebaiknya dikelola dengan baik sesuai prioritas kebutuhannya.

Tabungan merupakan simpanan yang berasal dari pendapatan, berupa uang yang belum atau tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari atau kepentingan lain. 

Saat ini masyarakat lebih sering menabung di bank. Tren menabung di rumah mulai berganti karena lebih berisiko terhadap pencurian maupun bencana alam

Ika tabungan bertujuan untuk menyimpan uang yang tidak digunakan sementara investasi bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah yang dimiliki. 

Seseorang, yang melakukan investasi berharap mendapatkan imbalan berupa laba, dividen ataupun bunga dari hasil investasinya. 

Ada beberapa instrumen investasi yang dapat dipilih seperti saham, obligasi dan reksadana. 

Namun, perlu diingat bahwa memilih instrumen investasi juga perlu beberapa pertimbangan karena banyak investasi bodong yang merugikan masyarakat.

Literasi keuangan menurut Organisasi untuk kerjasama ekonomi dan pembangunan atau Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

Didefinisikan sebagai gabungan antara kesadaran, pengetahuan, kemampuan, sikap dan perilaku yang dibutuhkan untuk menyusun keputusan keuangan dalam rangka mewujudkan individu yang sejahtera secara keuangan. 

Literasi keuangan menurut OJK merupakan serangkaian aktivitas atau proses untuk meningkatkan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) konsumen maupun masyarakat luas, kemampuan (competence) agar dapat mengelola keuangan secara lebih baik. 

Kemampuan seseorang dalam memahami tentang literasi keuangan menurut OJK dibagi menjadi empat tingkatan yaitu:

1. Well literate, yaitu ketika seseorang mempunyai keterampilan untuk memanfaatkan layanan dan produk keuangan karena keyakinan dan pengetahuan yang dimiliki terhadap layanan dan produk keuangan tersebut. 

2. Suficient literate, yaitu ketika seseorang mempunyai keyakinan dan pengetahuan terhadap layanan dan produk keuangan.

3. Less literate, yaitu ketika seseorang kurang mempunyai pengetahuan mengenai lembaga jasa keuangan serta beberapa pengetahuan tentang produk lembaga serta jasa keuangan. 

4. Illiterate, yaitu ketika seseorang tidak mempunyai keyakinan dan pengetahuan terhadap layanan dan produk keuangan serta tidak mempunyai keterampilan dalam memanfaatkan layanan dan produk keuangan.

Itu adalah jawaban pertanyaan soal latihan tugas aktivitas kelompok mata pelajaran IPS kelas VII SMP MTs, semoga membantu ya adik-adik.

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP/MTs Halaman 240 Lembar Aktivitas 15 Kurikulum Merdeka.

#Disclaimer :

Jawaban diatas tidak menjadi jawaban mutlak benar 100 persen, silahkan adik-adik mengeksplorasi jawaban yang relevan lainnya.

Jawaban alternatif diatas hanya sebagai tambahan referensi saja dalam proses belajar di rumah maupun di sekolah.

Referensi:

Nursa’ban, M.  Supardi, Mohammad Rizky Satria, Sari Oktafiana. 2021. “Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VII”. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !