-->

Bagaimanakah Sikap Kaum Pergerakan Terhadap Penjajahan yang Dilakukan Jepang ?

Bagaimanakah Sikap Kaum Pergerakan Terhadap Penjajahan yang Dilakukan Jepang ?
Bagaimanakah Sikap Kaum Pergerakan Terhadap Penjajahan yang Dilakukan Jepang ?

Sosiologi Info - Berikut ini pembahasan untuk soal Bagaimanakah Sikap Kaum Pergerakan Terhadap Penjajahan yang Dilakukan Jepang ?

Inilah ulasan untuk soal dan kunci jawaban IPS kelas 8 SMP/MTs halaman 274 uji kompetensi bagian esai. 

Dilansir dari buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 SMP/MTs edisi revisi 2017 cetakan ke 2, kurikulum 2013. 

Adapun kontributor yaitu Mukminan, Endang Mulyani, M Nursa'ban, dan Supardi. Diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

Namun sebelum adik adik membaca Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 274 Uji Kompetensi bagian Esai.

Ada baiknya untuk membaca juga beberapa materi yang akan dipelajari dalam buku pelajaran IPS kelas VIII SMP/MTs dibawah ini.

Mengenal Materi Pembelajarannya

Hai adik adik pada kesempatan ini sebelum kita membaca soal dan jawaban dari buku ini. Ada baiknya untuk mengetahui dulu pembagian materi ajarnya.

Materi yang terbagi di dalam empat bab pada mata pelajaran IPS Kelas 8 SMP/MTs ini meluputi. BAB I Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara Negara Asean. 

Pada BAB I ini terbagi juga menjadi bagian A. Mengenal negara negara ASEAN, bagian B. Interaksi antarnegara-negara ASEAN.

Dan bagian C. Pengaruh perubahan dan interaksi keruangan terhadap kehidupan di negara negara ASEAN. 

Selanjutnya, BAB II Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan. Pada bab 2 ini materinya terbagi menjadi bagian A. Mobilitas Sosial.

Bagian B. Pluralitas masyarakat Indonesia, dan bagian C. Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial. 

Kemudian, pada BAB III Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial Budaya di Indonesia dan ASEAN. 

Pada bab 3 ini terbagi lagi menjadi bagian A. Keunggulan dan keterbatasan antarruang serta peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian.

Bagian B. Pedagangan antardaerah atau antarpulai dan perdagangan, bagian C. penguatan ekonomi dan agrikultur di Indonesia.

Dan bagian D. Pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional. 

Terakhir pada BAB IV Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan. 

Pada bab 4 ini terbagi menjadi bagian A. Kedatangan bangsa bangsa barat ke Indonesia, bagian B. Kondisi masyarakat Indonesia pada masa Penjajahan.

Dan bagian C. Tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan. Nah itulah beberapa materi penting yang akan adik adik pelajari, baik disaat semester 1 dan semester 2 nantinya. 

Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas materi soal yang ada di halaman 274 uji kompetensi bagian B. Esai.

Namun perlu adik adik ingat dan pahami ya, bahwa jawaban yang disajikan tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen.

Oleh karena itulah, disarankan agar adik adik juga menambah referensi jawaban relevan lainnya, agar menambah pemahaman adik adik.  

Mari adik adik simak jawaban dari soal soal yang sudah disajikan dalam buku pembelajaran IPS Kelas 8 SMP/MTs tersebut dibawah ini. 

Inilah ulasan untuk  soal dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 274 Uji Kompetensi Bagian Esai. Berikut soal dan jawabannya, yaitu : 

Uji Kompetensi Bagian B. Esai

Bagaimanakah Sikap Kaum Pergerakan Terhadap Penjajahan yang Dilakukan Jepang ?

Jawabannya : 

> Melakukan perlawanan serta pertemuan rahasia untuk mengusir Jepang 

> Kesewenangan wenangan Jepang telah membuat kaum pergerakan marah dan murka sehingga melakukan pergerakan 

Nah itulah adik adik kunci jawaban dari soal yang ada di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP, MTs.

Demikianlah pembahasan untuk soal Bagaimanakah Sikap Kaum Pergerakan Terhadap Penjajahan yang Dilakukan Jepang ?

Itulah ulasan untuk soal dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 274 Uji Kompetensi bagian Esai. Semoga bermanfaat ya adik adik !

Sebagimana dilansir dari buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 SMP/MTs edisi revisi 2017 cetakan ke 2, kurikulum 2013. 

Adapun kontributor yaitu Mukminan, Endang Mulyani, M Nursa'ban, dan Supardi. Diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

Namun perlu diingat bahwa jawaban diatas tidaklah menjadi kunci jawaban yang tidak mutlak benar 100 persen.

Silahkan adik adik untuk menambah referensi jawaban yang relevan lainnya. Jangan hanya terpaku pada jawaban yang telah disajikan diatas ya.

Dengan menambah bacaan yang relevan, maka adik adik akan mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif lagi. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !