-->

5 Contoh Objek Kajian Sosiologi

5 Contoh Objek Kajian Sosiologi

Pembahasan 5 Contoh Objek Kajian Sosiologi pada artikel kali ini merupakan pembahasan yang berhubungan dengan materi pembelajaran sosiologi kelas 10.

Selanjutnya pada bagian awal akan membahas tentang pemahaman sosiologi secara umum.

Misalnya pembahasan tentang pengertian sosiologi, kemudian mengenai pengertian objek kajian. Selanjutnya baru membahas 5 Objek Kajian Sosiologi.

Memahami Pengertian Sosiologi dan Objek Kajiannya

Sosiologi Info – Lebih lanjut pembahasan tahap awal pada artikel kali ini. Sobat akan di ajak untuk memahami pengertian sosiologi secara umum.

Memang cakupan pembahasan sosiologi di masyarakat sangat luas. Berbagai objek kajiannya pun juga dapat di jadikan bahan diskusi maupun penelitian.

Oleh karenanya sebelum sobat membahas berbagai contoh objek kajian dalam sosiologi menggunakan pendekatan sosiologi.

Lebih lanjut pahami dulu pengertian sosiologi secara umum dan beberapa tokoh berikut ini.

Pengertian Sosiologi

Adapun pengertian sosiologi Secara etimologis adalah berasal dari bahasa latin yaitu “socio” yang berarti kawan/masyarakat, dan “logos” yang berarti “ilmu”.

Sedangkan menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut. menurut Soerjono Soekanto soiologi merupakan ilmu yang memfokuskan perhatian pada masyarakat secara umum

dan berusaha memahami pola-pola umum yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Kemudian menurut Selo Soemardjan & Soelaeman Soemardi, sosiologi ialah ilmu kemasyarakatan yang memelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

Serta  menurut William F. Ogburn & Mayer F. Nimkoff, sosiologi adalah kajian ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi social [1].

Setelah itu, sobat perlu memahami pengertian dan cakupan objek kajian yang terdapat dalam disiplin ilmu sosiologi.

Pengertian dan Cakupan Objek Kajian Sosiologi

Adapun Dalam KBBI, objek merupakan sesuatu yang menjadi sasaran atau pokok pembicaraan, sedangkan kajian adalah pembahasan tentang sesuatu yang di selidiki.

Setiap cabang ilmu pengetahuan di dunia ini memiliki objek kajiannya masing masing yang dapat di analisis dan di pahami secara mendetail.

Salah satunya yaitu ilmu sosiologi, sebagai ilmu yang mempelajari tentang kehidupan masyarakat tentu objek kajiannya sangatlah kompleks.

Maka untuk mempermudah memahaminya secara spesifik perhatikan 5 objek kajian sosiologi berikut [2].

Ada 5 Contoh Objek Kajian Sosiologi

Selanjutnya di bawah ini objek kajian sosiologi, yaitu :

1. Manusia

Pertama, Manusia, dalam pandangan sosiologi manusia adalah makhluk sosial, mereka tidak dapat hidup secara mandiri dan mutlak bergantung pada orang lain.

Oleh karena itu, dukungan dan interaksi sosial sangat penting dalam kehidupan manusia.

Selanjutnya konsep ini mengarah pada pembentukan kelompok manusia yang saling berinteraksi, tinggal bersama dalam suatu wilayah tertentu, dan memiliki hubungan terstruktur.

Dalam lingkungan kelompok ini, berbagai nilai dan norma yang di akui dan di terapkan oleh anggota kelompok tersebut dapat muncul dan berkembang.

2. Interaksi Sosial

Kedua, Interaksi sosial. Lebih lanjut, interaksi sosial mengacu pada proses komunikasi, pertukaran informasi, dan pengaruh antara individu dan kelompok..

Lebih lanjut, interaksi sosial tidak hanya tentang individu yang berinteraksi satu sama lain atau kelompok yang berinteraksi karena kepentingan mereka,

Tetapi juga mencakup hubungan yang terbentuk antara kelompok dan individu secara lebih luas.

Selanjutnya, Fenomena interaksi sosial secara intrinsik dapat terjadi berkelanjutan jika masyarakat tetap ada dan terus menjalankan fungsinya sebagai makhluk sosial.

3. Sosialisasi

Ketiga, Sosialisasi. Sosialisasi ialah proses yang dilakukan oleh seseorang dalam upaya memahami. Dan menginternalisasi prinsip, norma, dan kebiasaan yang ada dalam kelompok sosial tempat tinggalnya.

Kemudian proses sosialisasi memainkan peran penting dalam membantu seseorang mengenal dan beradaptasi, Dengan lingkungan sosialnya, yang mencakup kebudayaan yang ada dalam masyarakat tersebut.

Selanjutnya dalam proses sosialisasi, seseorang dapat menjadi individu yang aktif dalam interaksi sosial dan responsif terhadap masyarakat di sekitarnya.

Dengan kata lain, sosialisasi membantu seseorang belajar lebih banyak tentang gaya hidup dan prinsip kelompok sosialnya,

Serta membantu mereka berpartisipasi dengan baik dalam kehidupan sosial yang kompleks.

4. Nilai

Keempat, Nilai. Nilai merupakan representasi dari berbagai norma budaya dalam bentuk yang jelas

dan lebih mudah di pahami, yang di yakini kebenarannya oleh masyarakat tertentu.

Selanjutnya nilai berperan sebagai fondasi pembentuk karakter dan identitas, pandangan dunia, serta pedoman tindakan dan interaksi sosial antar anggota suatu masyarakat.

Serta nilai juga berfungsi sebagai pedoman perilaku dan alat kontrol sosial yang mengarahkan tindakan individu

Dan kelompok untuk menerapkan berbagai norma yang telah di adopsi oleh suatu masyarakat.

Sebagai produk dari proses sosialisasi, anggota masyarakat menjadi  terbiasa dengan nilai-nilai yang ada, sehingga tercipta harmoni dan keselarasan sosial.

5. Norma

Kelima, Norma. Dalam mengatur perilaku masyarakat bukan hanya berbagai nilai yang penting untuk di terapkan, tetapi juga norma.

Karena norma norma tersebut membentuk landasan yang lebih khusus, yang mencakup tatanan

dan aturan berisi larangan dan kewajiban dalam konteks sosial, moral, dan etika suatu masyarakat tertentu.

Dengan kata lain, berbagai norma tersebut mengarahkan anggota masyarakat tersebut untuk memahami apa yang dianggap baik atau buruk, benar atau salah..

Kesimpulannya dari pembahasan 5 contoh objek kajian sosiologi pada artikel kali ini.

Lebih lanjut menjelaskan bahwa di dalam disiplin ilmu sosiologi terdapat objek kajiannya yaitu manusia, interasi sosial, sosialisasi, nilai dan norma.

Penulis Kontributor Magang : Wila

Sumber Referensi :

[1] Kresnoadi, “Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli & Objek Kajiannya | Sosiologi Kelas 10,” Ruang Guru, 2023. https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-sosiologi-dan-objek-studinya (di akses 29 Juli 2023).

[2] M. A. Sayyaf, “Ini 5 Objek Kajian Sosiologi: Materi Kelas 10 SMA Sosiologi,” sonora.id, 2022. https://www.sonora.id/read/423562391/ini-5-objek-kajian-sosiologi-materi-kelas-10-sma-sosiologi?page=3 (di akses 30 Juli 2023).

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !