-->

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 80 Lembar Aktivitas 6

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 80 Lembar Aktivitas 6
Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 80 Lembar Aktivitas 6

Inilah Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 80 Lembar Aktivitas 6 Kurikulum Merdeka untuk adik adik peserta didik.

Sebelum membaca jawaban alternatif yang telah di sajikan ini. Ada baiknya adik adik membaca sekilas tentang materi ajar di bawah ini.

Sosiologi.info – Berikut ini pembahasan untuk soal pertanyaan yang ada dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 terbaru kurikulum merdeka.

Lebih lanjut, sebagaimana melansir dari buku mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk siswa / siswi SMP Kelas VIII.

Selanjutnya buku pelajaran Bahasa Indonesia ini di tulis oleh Supardi, Mohammad Risky Satria, Sari Oktafiana, dan M. Nursa’ban.

Dengan penyelia penerbit oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, cetakan pertama 2021. Dalam materi pembelajaran di buku IPS ini terbagi menjadi empat tema.

Selanjutnya, untuk materi pembelajaran tema 01 kondisi geografis dan pelestarian sumber daya alam.

Kemudian, tema 02 kemajemukan masyarakat Indonesia, tema 03 nasionalisme dan jati diri bangsa , dan tema 04 pembangunan perekonomian Indonesia.

Namun pada kesempatan pembahasan soal pertanyaan kali ini kita hanya akan membahas tema 02 kemajemukan masyarakat Indonesia saja.

Kemudian, di dalam pembagian sub materi di tema 2 ini meliputi, bagian A. keragaman aktivitas ekonomi masyarakat, bagian B. mobilitas sosial, dan bagian C. interaksi budaya pada masa kerajaan Islam.

Lebih lanjut pada kesempatan kali ini adik adik akan di ajak untuk membahas materi pembelajaran dan soal pertanyaan yang ada pada tema 2.

Sekilas Tema 02 Kemajemukan Masyarakat Indonesia

Pembahasan kali ini akan di awali dengan pembahasan iklim dan cuaca. Selain itu pada tema ini akan membahas mengenai pengaruh proses geografis dalam perut bumi yang akan berpengaruh terhadap bentuk relief permukaan  bumi.

Kemudian, menganalisis aktivitas ekonomi masyarakat yang di mana di pengaruhi dari keragaman bentuk muka bumi, serta berlanjut kepada bentuk keberagaman budaya.

Selanjutnya, dalam pembahasan mobilitas sosial, dinamika penduduk, dan menganalisis berbagai bentuk interaksi budaya termasuk juga ke dalam perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.

Adik-adik dalam kehidupan sehari-hari pasti kegiatan ekonomi bisa kalian jumpai di mana saja. Itu karena tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Selanjutnya, kegiatan ekonomi terdiri dari tiga bagian yaitu produksi,konsumsi dan distribusi.

Kemudian pemanfaatan lingkungan dalam bidang jasa biasanya kita lihat yaitu tempat wisata baik sifatnya edukasi, religi atau rekreasi saja.

Pemanfaatan lingkungan berbasis wisata ini juga sangat berpengaruh ke beberapa komoditas unggulan yang di miliki oleh suatu daerah yang bisa di jual dengan di jadikan bahan yang telah jadi dan bisa di jual belikan.

Namun di samping itu pelestarian lingkungan harus menjadi fokus utama dalam pengambilan kebutuhan yang ada di bumi ini.

Karena dengan begitu kebutuhan di muka bumi akan terjaga dengan baik dan bisa di gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Selanjutnya, pada tema 2  inilah adik adik akan mempelajari mengenai berbagai keberagaman dalam masyarakat Indonesia.

Tujuan Capaian Pembelajaran

Kemudian pada bagian tema 2 adapun tujuan dan indikator capaian pembelajaran. Di mana adik adik di harapkan mampu :

  1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi terhadap keragaman aktivitas ekonomi masyarakat.
  2. Mendeskripsikan keragaman dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia.
  3. Menganalisis proses interaksi masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia.
  4. Merencanakan ide pengembangan sebuah usaha perdagangan dalam mendukung perdagangan antarpulau.

Nah itulah sekilas tentang materi apa saja yang akan di pelajari di dalam tema 2 untuk mata pelajaran IPS kelas 8 SMP tersebut.

Baiklah kini kita akan membahas mengenai pertanyaan seputar materi dari tema 2. Namun perlu di ingat ya adik adik, bahwa sebelum membaca jawaban alternatif dibawah ini.

Adik adik di sarankan untuk menjawab terlebih dahulu soal pertanyaan tersebut. Setelah adik adik menjawab dengan kemampuan sendiri.

Kemudian, barulah adik adik menyandingkan jawaban tersebut dengan jawaban dibawah ini sebagai perbandingan.

Lebih lanjutnya, mari langsung saja kita lihat soal pertanyaan dibawah ini beserta dengan jawaban alternatif yang bisa dijadikan referensi ya. Yuk cek !

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 80 Lembar Aktivitas 6 Kurikulum Merdeka

Lebih lanjut berikut soal dan jawabannya di bawah ini, yaitu :

Lembar Aktivitas 6 Aktivitas Individu 

  1. Buatlah sebuah laporan sederhana yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup.
  2. Pilihlah salah satu tema sebagai berikut:

a. Pengelolaan lingkungan hidup bijak dan bertanggung jawab

Jawabannya :

Pengelolaan lingkungan hidup secara bijak dan juga bertanggung jawab merupakan upaya dengan sistem terpadu untuk bisa melestarikan suatu fungsi lingkungan.

Dengan meliputi suatu sistem penataan, pengembangan, pemanfaatan, pemeliharaan, pengawasan serta pemulihan lingkungan hidup.

Di jelaskan dalam Undang-Undang pada pasal 1 angka 1 Nomor 23 Tahun 1997 mengenai pengelolaan lingkungan hidup yang merupakan suatu kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan.

Serta makhluk hidup didalamnya termasuk manusia dan perilakunya yang dapat mempengaruhi berlangsungnya perikehidupan, dan kesejahteraan makhluk hidup.

Peran masyarakat dalam tata kelola pemeliharaan lingkungan hidup sangat penting yang di mana alam diciptakan bukan semata-mata hanya untuk di manfaatkan segala yang ada dalam sisinya sesuai.

Dengan kemampuannya saja tetapi harus di perhatikan pula adanya keterbatasan kemampuan dan bukan hanya sekedar memanfaatkannya saja.

Melalui suatu proses alam yang bisa di manfaatkan dan di gunakan sesuai dengan kebutuhan. Selain keterlibatan masyarakat, keterlibatan pemerintah, dan juga swasta sangat penting.

Hal ini mengingat pemerintah perlu mengeluarkan suatu penataan program yang pro akan lingkungan, sedangkan oleh pihak swasta harus ada kesadaran yang tinggi dalam pemanfaatan alam yang sifatnya dapat berkelanjutan.

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat perlu memilah dan menerapkan aksi ramah lingkungan seperti memelihara pohon, menjaga kebersihan, atau bahkan menggunakan berbagai macam energi secara bijak seperti energi listrik.

Selanjutnya, peran masyarakat di sini tak hanya penting bahkan harus sangat besar sebab peran masyarakat yang sangat menentukan apakah pengelolaan, perlindungan.

Serta pemulihan lingkungan dapat berjalan seperti yang di harapkan atau tidak.  Beberapa Upaya yang harus di jalankan dalam pemeliharaan lingkungan yang baik dan bijak sebagai berikut :

1. Bercocok tanam

Bercocok tanam harus dilakukan dengan bijak, yang akan menghasilkan peningkatan hasil panen. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat pupuk organik atau pembasmi hama alami.

Sementara itu, di sini gunanya untuk dapat mengurangi pemakaian bahan-bahan kimia seperti pestisida yang memiliki kandungan yang berbahaya

2. Menggunakan Produk Dalam Negeri

Dengan tujuan mengurangi impor yang kemungkinan mengandung bahan yang berbahaya atau kuman yang dapat membahayakan kesehatan.

Selain itu manfaat yang akan didapat yaitu kesejahteraan peningkatan produk Indonesia karena memproduksi dan memakai produk sendiri dapat mendorong perekonomian lokal.

3. Menjaga Fauna dan Flora

Selanjutnya, tak hanya yang langka yang bisa di jangkau pun harus di jaga dengan baik. Dengan penjagaan ini akan membantu keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

4. Menjaga Kelestarian Hutan

Hal ini penting karena hutan merupakan paru-paru dunia. Penghasil oksigen terbesar ini sangat penting dijaga karena membantu juga dalam penyerapan karbondioksida yang berbahaya.

Selain itu mampu menjadi pencegah kerusakan alam lainnya seperti banjir,erosi, tanah longsor dan menjadi habitat flora dan fauna penjaga keseimbangan ekosistem

5. Reboisasi Hutan

Hal ini sangat diperlukan mengingat pada hari ini banyak hutan yang telah dimanfaatkan dengan semena-mena tanpa memikirkan keberlangsungan kehidupan selanjutnya.

b. Pelestarian lingkungan untuk generasi mendatang

Jawabannya : Penanaman cinta lingkungan sangat penting di tanamkan kepada seluruh masyarakat terutama generasi mendatang.

Edukasi berupa lingkungan harus gencar di lakukan agar kehidupan selanjutnya bisa memanfaatkan lingkungan dengan baik.

Dan tidak merasakan dampak lingkungan yang buruk akibat penjagaan lingkungan yang tidak bisa di lakukan secara stabil.

Kelestarian lingkungan saat ini merupakan salah satu isu utama yang harus di selesaikan mengingat sudah banyak kerusakan yang terjadi.

Apalagi beberapa waktu lalu muncul berita bahwa kesehatan udara terutama di Ibu kota menjadi sangat tidak baik bagi kesehatan makhluk hidup.

Masyarakat merupakan unsur terpenting dalam pengelolaan lingkungan terutama memberikan edukasi bagi generasi mendatang.

Hal sederhana yang bisa di ambil yaitu terkait edukasi paling dasar melalui sekolah-sekolah yang merupakan sarana penunjang kesadaran.

Untuk bisa memberikan edukasi lanjutan akan lingkungan serta pembangunan berkelanjutan bagi generasi sekarang maupun mendatang.

Penjagaan lingkungan seperti reboisasi, pemilihan kebutuhan hidup sesuai yang di perlukan, pemanfaatan energi dengan sebaik mungkin merupakan tindakan generasi sekarang untuk bisa membaginya dengan generasi selanjutnya.

Hal tersebut menjadi penting agar terciptanya habit yang bagus bagi generasi-generasi berikutnya dengan melakukannya pada setiap kegiatan keseharian.

Ciptakan kesadaran publik akan pentingnya membangun, menjaga, memulihkan kembali lingkungan yang perlahan menjadi rusak.

c. Lindungi hutan sebagai potensi negara

Jawabannya : Upaya dalam melindungi hutan dari banyaknya gangguan yang ada serta mengembalikan karakteristik serta fungsi hutan.

Seperti semula atau mencegah ancaman antroposentris dan juga gangguan hama serta penyakit lainnya seperti bencana alam sangat penting karena hutan sebagai potensi negara atau bahkan poros dunia.

Jika hutan tak dapat lagi di selamatkan bisa saja sebagian kehidupan menjadi keos terutama dari segi udara, penyediaan bahan pangan dan lain sebagainya.

Hutan menjadi bahan baku dasar dalam kehidupan masyarakat mulai dari kayunya yang bisa di manfaatkan menjadi bangunan.

Kemudian, pengeluaran oksigen dan karbondioksida nya yang mampu menciptakan udara yang bagus dan penyelamat akan terjadinya bahaya-bahaya bencana alam seperti longsor,banjir, dan lain sebagainya.

Tujuan melindungi hutan di sini yaitu untuk mencegah serta menanggulangi kerusakan hutan dan hasil hutan yang di sebabkan oleh perbuatan manusia dan ternak, kebakaran atau hama dan penyakit.

Kemudian mempertahankan serta dapat melindungi hak-hak negara atas hutan dan hasil hutan, serta dengan itu agar hutan dapat memenuhi fungsinya dengan baik.

Hal yang bisa di lakukan dalam pelestarian hutan yaitu :

1. Pengamanan hutan

Hal ini perlu di lakukan terhadap pencurian kayu serta perambahan kawasan atau penyerobotan kawasan secara liar yang di karenakan dari waktu ke waktu tak dapat di pungkiri bertambahnya jumlah penduduk sekitar hutan yang memerlukan lahan untuk bertani maupun berkebun untuk dapat memenuhi kehidupan mereka sehari-hari.

2. Mencegah Kebakaran Hutan

Perlindungan terhadap bahaya kebakaran baik sengaja maupun tidak sengaja. Hal ini perlu di waspadai karena merupakan kerugian terbesar karena banyak menghilangkan potensi hutan yang sangat luas.

3. Penanggulangan Peladang Berpindah

Penanggulangan peladang yang berpindah ini juga sangat perlu di perhatikan karena dapat menyebabkan produktivitas yang menurun.

Serta kawasan hutan yang rawan akan bencana seperti banjir, kebakaran, erosi dan lain sebagainya.

4. Mencegah Eksploitasi Hutan

Kemudian yang tak kalah penting perlindungan terhadap eksploitasi hutan yang berlebihan.

  1. Tuliskan pokok pikiran dan ide yang di tulis dalam laporan tersebut!
  2. Laporan yang di buat merupakan hasil tulisan sendiri dan tidak meniru tulisan orang lain.
  3. Laporan boleh di tulis tangan atau di ketik pada kertas ukuran folio.
  4. Kumpulkan tugas kepada gurumu.

Nah itulah pembahasan dari materi pembelajaran di tema 2 untuk mata pelajaran IPS kelas 8 SMP tersebut.

Demikian pembahasan untuk Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 80 Lembar Aktivitas 6 Kurikulum Merdeka. Semoga dapat bermanfaat ya adik adik.

Melansir dari buku mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk siswa/siswi SMP Kelas VIII. Buku ini di tulis oleh Supardi, Mohammad Risky Satria, Sari Oktafiana, M. Nursa’ban.

Dengan penyelia penerbit oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, cetakan pertama 2021. Perlu di ingat ya adik adik.

Selanjutnya, bahwa jawaban alternatif di atas tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. Silahkan adik adik menambah rujukan yang relevan lainnya.

Penulis Kontributor Magang : Nabila

#Disclaimer untuk jawaban di atas   

  1. Kunci jawaban dari soal pertanyaan yang di sajikan di atas tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.
  2. Kunci jawaban alternatif di atas hanyalah sebagai bahan bacaan dan referensi untuk adik adik gunakan dalam proses belajar.
  3. Silahkan adik adik menambah rujukan jawaban dari soal pertanyaan tersebut, serta untuk orang tua dapat mendampingi anaknya jika mengerjakan soal tersebut di rumah.
  4. Tim redaksi tidak bertanggung jawab jika ada kesalahan dalam jawaban yang di suguhkan di atas, silahkan adik adik gunakan sebagai bahan bacaan saja ya.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !