-->

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 85 Lembar Aktivitas 8

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 85 Lembar Aktivitas 8
Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 85 Lembar Aktivitas 8

Inilah Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 85 Lembar Aktivitas 8 Kurikulum Merdeka untuk peserta didik terbaru.

Sebelum membaca jawaban alternatif yang ada di bawah ini, adik adik silahkan pahami dulu tentang materi ajar berikut ini.

Sosiologi Info – Selanjutnya untuk pembahasan soal pertanyaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 8 halaman 85.

Melansir dari buku mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk siswa / siswi SMP Kelas VIII. Buku ini di tulis oleh Supardi, Mohammad Risky Satria, Sari Oktafiana, M. Nursa’ban.

Dengan penyelia penerbit oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, cetakan pertama 2021. Dalam materi pembelajaran di buku IPS ini terbagi menjadi empat tema.

Untuk tema 01 kondisi geografis dan pelestarian sumber daya alam, tema 02 kemajemukan masyarakat Indonesia. Selanjutnya , tema 03 nasionalisme dan jati diri bangsa, dan tema 04 pembangunan perekonomian Indonesia.

Namun pada kesempatan pembahasan soal pertanyaan kali ini kita hanya akan membahas tema 02 kemajemukan masyarakat Indonesia saja.

Kemudian dalam pembagian sub materi di tema 2 ini meliputi, bagian A. keragaman aktivitas ekonomi masyarakat, bagian B. mobilitas sosial, dan bagian C. interaksi budaya pada masa kerajaan Islam.

Lebih lanjutnya pada kesempatan kali ini adik adik akan di ajak untuk membahas materi pembelajaran dan soal pertanyaan yang ada pada tema 2.

Sekilas Tema 02 Kemajemukan Masyarakat Indonesia

Pembahasan untuk materi ajar yang ada dalam buku IPS ini akan di awali dengan pembahasan iklim dan cuaca.

Selain itu pada tema ini akan membahas mengenai pengaruh proses geografis dalam perut bumi yang akan berpengaruh terhadap bentuk relief permukaan  bumi.

Kemudian, menganalisis aktivitas ekonomi masyarakat yang di mana dipengaruhi dari keragaman bentuk muka bumi, kemudian berlanjut kepada bentuk keberagaman budaya.

Kemudian berlanjut dalam pembahasan mobilitas sosial, dinamika penduduk, dan menganalisis berbagai bentuk interaksi budaya termasuk juga ke dalam perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.

Tahukah Adik-adik bagaimana perdagangan antar daerah dapat terjadi ?

Sektor perdagangan ini merupakan salah satu bagian dari suatu sistem mata rantai perekonomian suatu wilayah. Kemudian yang nantinya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan wilayah tersebut.

Selain itu banyak Tujuan yang dicapai serta manfaat yang didapatkan akibat terjadinya proses perdagangan antar pulau.

Selanjutnya, pada tema 2  inilah adik adik akan mempelajari mengenai berbagai keberagaman dalam masyarakat Indonesia.

Tujuan Indikator Capaian Pembelajaran

Kemudian untuk bagian tema 2 adapun tujuan dan indikator capaian pembelajaran. Di mana adik adik di harapkan mampu :

  1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi terhadap keragaman aktivitas ekonomi masyarakat.
  2. Mendeskripsikan keragaman dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia.
  3. Menganalisis proses interaksi masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia.
  4. Merencanakan ide pengembangan sebuah usaha perdagangan dalam mendukung perdagangan antarpulau.

Nah itulah sekilas tentang materi apa saja yang akan dipelajari di dalam tema 2 untuk mata pelajaran IPS kelas 8 SMP tersebut.

Baiklah kini kita akan membahas mengenai pertanyaan seputar materi dari tema 2. Namun perlu di ingat ya adik adik.

Bahwa sebelum membaca jawaban alternatif di bawah ini. Adik adik di sarankan untuk menjawab terlebih dahulu soal pertanyaan tersebut.

Setelah adik adik menjawab dengan kemampuan sendiri, barulah adik adik menyandingkan jawaban tersebut dengan jawaban di bawah ini sebagai perbandingan.

Mari langsung saja kita lihat soal pertanyaan di bawah ini beserta dengan jawaban alternatif yang bisa di jadikan referensi ya. Yuk cek !

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 85 Lembar Aktivitas 8 Kurikulum Merdeka

Lebih lanjut berikut soal dan jawabannya di bawah ini, yaitu :

Lembar Aktivitas 8 Aktivitas Kelompok

  1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang!
  2. Lengkapilah tabel di bawah ini berkaitan dengan potensi sumber daya alam yang dapat mendorong perdagangan antar pulau di wilayah Indonesia!
  3. Boleh mencari informasi dari internet atau literatur lain yang berkaitan dengan tema tersebut

Jawabannya :

1. Pulau Sumatera

Potensi Sumber Daya Alam

Potensi sumber daya alam hayati pada daerah sumatra yaitu meliputi kelapa sawit yang ada di Riau, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

Selanjutnya ada karet di Sumatera Utara, Riau dan Aceh. Cengkeh di Jambi. Kina di Sumatra Barat. Ikan di Riau dan Kepulauan Seribu. Dan Kakao di Lampung. Kayu manis dan Tembakau di Sumatera Utara.

2. Pulau Jawa

Potensi Sumber Daya Alam

Jawa merupakan pulau yang memanjang dan sangat luas. Jadi banyak sumber daya alam yang di miliki nya seperti padi, kacang, kedelai, kopi, teh, kina, karet, tembakau, ikan, rumput laut, udang, kakao, dan tebu. Ada juga minyak bumi, emas, marmer, belerang dan lain sebagainya.

3. Pulau Kalimantan

Potensi Sumber Daya Alam

Kalimantan memiliki banyak sumber daya alam yang langka dan mahal seperti minyak, gas bumi, batubara, emas,kelapa sawit, ada pula berbagai rempah seperti cengkeh, kayu manis, wijen, kumis kucing dan lain sebagainya

4. Pulau Sulawesi

Potensi Sumber Daya Alam

Pulau Sulawesi juga seperti itu banyak sumber daya alam yang dapat di manfaatkan dan bernilai jual tinggi seperti tambang, emas, mangan.

Kemudian ada uranium, pala, vanili, kakao, lada, kopi, kelapa sawit, nikel, batubara, biji besi, rumput laut dan lain sebagainya.

5. Pulau Papua

Potensi Sumber Daya Alam

Papua merupakan pulau yang kaya akan bahan tambang bahkan perusahaan terbesar PT Freeport Indonesia ada disana.

Kemudian untuk sumber daya alamnya seperti emas, baru bara, besi, batu kapur, pasir kaolin, minyak bumi, gas alam, hutan, mineral, tembaga, perak dan lain sebagainya.

Setiap daerah ini memiliki komoditas unggulan mereka masing-masing. Walaupun di setiap daerah terkadang memiliki komoditas yang sama bisa saja dari segi kualitas dan kuantitas juga menjadi pertimbangan para konsumen.

Itu salah satu faktor pendorong perdagangan antar wilayah terjadi.  Nah itulah pembahasan dari materi pembelajaran di tema 2 untuk mata pelajaran IPS kelas 8 SMP tersebut.

Demikian pembahasan untuk Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 85 Lembar Aktivitas 8 Kurikulum Merdeka. Semoga dapat bermanfaat ya adik adik.

Melansir dari buku mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk siswa/siswi SMP Kelas VIII. Buku ini di tulis oleh Supardi, Mohammad Risky Satria, Sari Oktafiana, M. Nursa’ban.

Dengan penyelia penerbit oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Serta, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, cetakan pertama 2021. Perlu di ingatkan ya adik adik.

Bahwa jawaban alternatif di atas tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. Silahkan adik adik menambah rujukan yang relevan lainnya.

Penulis Kontributor Magang : Nabila

#Disclaimer untuk jawaban di atas          

  1. Kunci jawaban dari soal pertanyaan yang di sajikan di atas tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.
  2. Kunci jawaban alternatif di atas hanyalah sebagai bahan bacaan dan referensi untuk adik adik gunakan dalam proses belajar.
  3. Silahkan adik adik menambah rujukan jawaban dari soal pertanyaan tersebut, serta untuk orang tua dapat mendampingi anaknya jika mengerjakan soal tersebut di rumah.
  4. Tim redaksi tidak bertanggung jawab jika ada kesalahan dalam jawaban yang di suguhkan di atas, silahkan adik adik gunakan sebagai bahan bacaan saja ya.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !