-->

Kunci Jawaban PKN Kelas 7 Halaman 49 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban PKN Kelas 7 Halaman 49 Kurikulum Merdeka

Kunci jawaban PKN kelas 7 halaman 49 kurikulum merdeka ini akan menyajikan pembahasan komprehensif untuk adik adik pelajar pada tingkat sekolah menengah pertama atau SMP.

Mari simak ulasan dan penjelasan jawaban alternatif yang dapat adik adik jadikan sebagai rujukan pembelajaran yang terbaru.

Sosiologi Info – Pembahasan artikel kali ini mengulas soal pertanyaan yang ada pada buku pelajaran PKN kelas 7 SMP/MTs sederajat untuk Kurikulum Merdeka.

Melansir dari buku pembelajaran dalam bentuk pdf berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP Kelas VII.

Adapun penulis buku ini yaitu Zaim Uchrowi, dan Ruslinawati. Dengan penerbit oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, cetakan pertama, 2021.

Adik adik materi pembelajaran yang ada dalam buku ini terbagi menjadi enam bab. Apa saja kira kira ke enam bab itu ?

Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas materi pembelajaran pada bagian BAB III Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah.

Dengan sub bagian pembahasan bagian A. Wilayah negara Indonesia, bagian B. Indonesia sebagai negara kesatuan, bagian C. Persatuan dan kesatuan Indonesia.

Kemudian, bagian D. Karakteristik daerah dalam NKRI, dan bagian E. Mempertahankan persatuan dan kesatuan. Selanjutnya bagian ringkasan materi, refleksi, tujuan pengayaan dan uji kompetensi.

Pada materi pembelajaran BAB III Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah ini mempunyai tujuan pembelajaran, yaitu meliputi :

  1. Peserta didik mampu memahami dan menghargai wilayah negara Republik Indonesia dan karakteristik daerahnya.
  2. Peserta didik mampu menjelaskan pembentukan Indonesia sebagai negara kesatuan.
  3. Peserta didik berkontribusi menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa sesuai tingkatnya.

Adapun soal pertanyaan dalam siswa aktif pada mata pelajaran PPKN untuk kelas 7 SMP/MTs sederajat simak di bawah ini ya adik adik.

Kunci Jawaban PKN Kelas 7 Halaman 49 Kurikulum Merdeka

Siswa Aktif

Bentuklah kelompok masing-masing lima siswa. Gambarlah peta Indonesia pada kertas. Semakin besar kertas semakin baik.

Selanjutnya carilah informasi tentang pulau-pulau terluar di wilayah Indonesia, yang dekat dengan wilayah negara lain. Beri tanda lingkaran di lokasinya masing-masing pada peta.

Selanjutnya bergiliranlah setiap kelompok untuk menceritakan pulau-pulau terluar tersebut di depan kelas menurut informasi yang kalian dapatkan masing-masing.

Jawaban alternatifnya, yaitu :

Pulau Rote

Pertama ada Pulau Rote yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan negara Timor Leste di sebelah timur. Pulau ini memiliki pesona alam yang menarik, pantai yang indah, dan budaya yang kaya.

Masyarakat setempat menggantungkan diri pada kegiatan pertanian, perikanan, dan pariwisata sebagai mata pencaharian utama mereka.

Memang untuk Pulau Rote ini juga dikenal sebagai salah satu tempat yang ideal untuk berselancar.

Pulau Miangas

Kedua, untuk Pulau Miangas yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Pulau ini berbatasan dengan negara Filipina di sebelah utara, serta Pumau Miangas ini menjadi titik paling utara di Indonesia.

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa Pulau Miangas memiliki keindahan alam yang menakjubkan, dengan pantai-pantai pasir putih, terumbu karang yang indah, dan kehidupan bawah laut yang kaya.

Masyarakat setempat terutama menggantungkan diri pada sektor perikanan dan pariwisata.

Pulau Marore

Ketiga, ada Pulau Marore terletak di Provinsi Maluku Utara dan berbatasan dengan negara Filipina di sebelah utara.

Kemudian pada pulau ini memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk hutan tropis yang indah, air terjun yang menakjubkan, dan keanekaragaman hayati yang kaya.

Selanjutnya, tidak kalah pentingnya bahwa Pulau Marore juga memiliki kegiatan perikanan yang penting bagi mata pencaharian penduduk setempat.

Pulau Sebati

Keempat, untuk Pulau Sebatik terletak di Provinsi Kalimantan Utara dan terbagi antara Indonesia dan Malaysia. Bagian timur pulau ini menjadi wilayah Indonesia, sementara bagian baratnya adalah wilayah Malaysia.

Selanjutnya, Pulau Sebatik dikenal dengan keindahan alamnya, termasuk hutan hujan tropis yang luas dan kehidupan satwa yang beragam.

Kemudian untuk pulau ini juga memiliki potensi sumber daya alam, seperti pertambangan dan kegiatan perikanan.

Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan

Kelima ada pulau yang bernama Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan terletak di perairan Sabah, Malaysia. Namun, ada sengketa kedaulatan antara Indonesia dan Malaysia terkait kedua pulau ini.

Selanjutnya, untuk Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa, dengan terumbu karang yang indah dan kehidupan laut yang melimpah

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai informasi tentang pulau-pulau terluar di wilayah Indonesia, yang dekat dengan wilayah negara lain.

Selanjutnya untuk gambar peta silahkan adik adik menyesuaikan ya. Demikian pembahasan mengenai Kunci Jawaban mata pelajaran PKN untuk Kelas 7 Halaman 49 Kurikulum Merdeka.

Penulis Kontributor Magang

Homaidi 

Disclaimer on :

  1. Jawaban alternaitf yang telah di sajikan oleh tim redaksi tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.
  2. Adik adik dapat mengeksplorasi jawaban yang relevan lainnya, baik melalui referensi di internet maupun dengan buku bacaan lainnya.
  3. Disarankan agar adik adik menjawab terlebih dahulu soal pertanyaan tersebut, setelah itu barulah adik adik menyandingkan jawaban tersebut dengan jawaban alternatif di atas tersebut.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !