-->

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 42 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 42 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 42 Kurikulum Merdeka

Sosiologi Info – Berikut pembahasan tentang Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 42 Kurikulum Merdeka.

Adapun pertanyaanya berada di dalam kolom Refleksi dalam buku mata pelajaran PPKN untuk kelas 8 SMP/MTs sederajat.

Buku ini terbilang buku baru karena cetakan pertama dicetak pada tahun 2021 dan ditulis oleh 3 penulis yaitu Muhammad Sapei, Trezadigjaya dan Prayoga. 

Buku ini diterbitkan oleh penerbit Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Buku ini memiliki 6 bab bertemakan Pancasila dan Kewarganegaraan yang dirancang untuk memantik kemampuan berpikir kritis pada siswa selevel SMP.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Bab II yaitu mengenai Bentuk dan Kedaulatan Negara. Di Bab II terdapat empat sub bab meliputi :

> Indonesia sebagai Negara Kesatuan

> Indonesia sebagai Negara Republik

> Indonesia sebagai Negara Hukum

> Indonesia sebagai Negara Negara yang berkedaulatan Rakyat

Lalu di Bab II juga ada ringkasan materi sampai uji kompetensi bagi siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan. 

Selanjutnya mari kita simak bersama pertanyaan yang ada di bagian Bab II berikut. Baca dengan seksama ya!

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 42 Kurikulum Merdeka

Berikut pertanyaan dan jawabannya :

Uji Kompetensi

Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan . 

1. Andi melakukan bullying kepada Tibo secara verbal. Karena merasa di-bully, Tibo membalas melakukan bully secara verbal dan fisik kepada Andi. 

Merasa terdesak, Andi melibatkan dua temannya untuk membalas Tibo. Tidak tinggal diam, dua orang teman Tibo pun membantu Tibo. 

Apa yang akan kalian lakukan bila berada pada posisi salah satu pihak? Mengapa kalian memilih melakukan tindakan tersebut? Apa alasannya? 

2. Di sekolahmu akan diadakan pemilihan raya untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Terdapat tiga pasang calon yang akan memperebutkan suara dalam pemilihan raya. 

Salah seorang pasangan calon memintamu untuk menjadi tim sukses kampanye. Ia berpesan kepadamu untuk mencuri start dalam kampanye. 

Ia menjanjikan akan mengangkatmu menjadi ketua bidang I dalam OSIS jika terpilih. Bagaimana sikap kalian menanggapi situasi tersebut? Mengapa kalian memilih sikap tersebut? 

3. Sebagai Ketua OSIS, kamu mendapati salah seorang ketua bidang melakukan kelalaian dalam laporan keuangan sebuah kegiatan. 

Ia salah melakukan pembayaran sewa kendaraan kepada pihak perusahaan organda. Akibat kelalaiannya, keuangan OSIS dirugikan sebesar Rp. 200.000. 

Sebagai Ketua OSIS, apa sikap yang kamu ambil terhadap tim kamu? Mengapa mengambil sikap dan keputusan tersebut?

Jawaban

1. Tindakan bullying adalah Tindakan tercela yang siapapun tidak pantas mendapatkannya. Ketika kita merasa dibully jangan langsung gegabah untuk balas dendam. 

Kasus bullying harus diselesaikan dengan cara mediasi dan kekeluargaan, apalagi yang masih sekolah. 

Tindakan tersebut akan membantu memecahkan konflik dengan cara yang lebih konstruktif dan membuka peluang perdamaian serta menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan harmonis.

Pemilihan Tindakan itu untuk mencegah kembali terjadinya kekerasan dan konflik yang merugikan. 

Selanjutnya, para orang tua juga harus mengajarkan anak mengenai caranya bersikap kepada teman, menghargai teman dan toleransi kepada teman. 

Semua lapisan turut serta membantu agar bullying tidak terjadi. Kalua berada di pihak Tibo, mau tidak mau harus melaporkan kepada guru.

Supaya mediasi dapat dilakukan dengan baik dan berjalan lancar, dan bukan ikut-ikutan membully Andi meskipun si Andi yang memulai terlebih dahulu.

2. Ketika ada salah satu calon meminta menjadi tim sukses dan mencuri start dalam kampanye, sebaiknya sikap yang diambil adalah menolak tawaran tersebut. 

Karena hal tersebut tidak mencerminkan sikap jujur dan adil dan bertolak belakang dengan nilai-nilai Pancasila. Sikap yang kita ambil itu sudah benar. 

Ketika ingin memilih pemimpin, kita harus melihat visi, misi dan program kerja yang ditawarkan, apakah sesuai dengan apa yang sekolah butuhkan. 

Lalu dalam memilih pemimpin, sifatnya harus benar-benar diperhatikan, karena bagaimanapun pemimpin adalah teladan bagi semua pengikutnya.

3. Pertama, sebagai ketua OSIS dalam situasi tersebut sikap awal yang diambil adalah melakukan tindakan yang transparan. 

Ketua OSIS akan mengusut dan menyelidiki masalah tersebut dari awal hingga akhir mengapa masalah tersebut bisa terjadi. 

Setelah itu ketua OSIS berbicara langsung dengan ketua bidang untuk menjelaskan masalah yang terjadi. 

Mau tidak mau sebagai bentuk tanggung jawab ketua bidang harus menyelesaikan masalah tersebut, namun bukan berarti hanya tugas ia seorang untuk menyelesaikan masalah, anggota OSIS lainnya juga harus ikut membantu. 

Jika itu kelalaian dari ketua bidang sendiri maka ia harus membayar kerugian yang ia sebabkan sebanyak Rp. 200.000 dan harus meminta maaf atas kelalain yang ia perbuat.

Sikap itu diambil untuk menunjukkan tanggung jawab dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin. Nah jadi itu sedikit jawaban yang bisa kami sampaikan, semoga dapat dimengerti dan dipahami.

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 42 Kurikulum Merdeka mengenai peristiwa-peristiwa di kehidupan dalam kolom Uji Kompetensi.

Semoga jawaban di atas dapat membantu pengetahuan kalian ya.

#Disclaimer Untuk Jawaban di Atas

1. Kunci jawaban dari soal pertanyaan yang disajikan di atas tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

2. Kunci jawaban alternatif diatas hanyalah sebagai bahan bacaan dan referensi untuk adik adik gunakan dalam proses belajar.

3. Silahkan adik adik menambah rujukan jawaban dari soal pertanyaan tersebut, serta untuk orang tua dapat mendampingi anaknya jika mengerjakan soal tersebut di rumah.

4. Tim redaksi tidak bertanggungjawab jika ada kesalahan dalam jawaban yang disuguhkan di atas, silahkan adik adik gunakan sebagai bahan bacaan saja ya.  

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !