-->

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 55 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 55 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 55 Kurikulum Merdeka

Sosiologi Info - Berikut pembahasan tentang Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 55 Kurikulum Merdeka. 

Adapun soal pertanyaan dalam siswa aktif dalam mata pelajaran PKN untuk kelas 8 SMP/MTs sederajat yaitu mengenai perbedaan sistem presidensil yang ada di Indonesia dan Amerika Serikat.

Kemudian apakah sistem tersebut bisa diterapkan pada sistem pemerintahan di Indonesia ? Melansir dari buku pdf online mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Atau disingkat PPKN maupun disingkat PKN untuk siswa SMP Kelas VIII, ditulis oleh Muhammad Sapei, Trezadigjaya, dan Prayoga. 

Dengan penerbit oleh Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, cetakan pertama tahun 2021. 

Adik adik pelajar, dalam materi pembelajaran yang akan dibahas dalam pelajaran PPKN ini terbagi menjadi enam bab. 

Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas soal soal pertanyaan yang ada pada bagian BAB III Tata Negara dan Pemerintahan. 

Adapun materi yang akan dipelajari dalam sub bab ini meliputi bagian A. Lembaga dan Penyelenggara Negara, bagian B. Sistem Pemerintahan.

Bagian C. Pemerintahan Daerah Provinsi,Kabupaten, dan Kota, dan bagian D. Pemerintahan Daerah Istimewa.

Selanjutnya, ada pembahasan untuk ringkasan materi, refleksi, tautan pengayaan dan uji kompetensi. Tujuan pembelajaran dalam BAB I ini meliputi : 

1. Peserta didik mampu menjelaskan serta memahami Lembaga penyelenggaraan negara yaitu legislatif, eksekutif dan juga yudikatif serta peran yang mereka lakukan dalam sistem pemerintahan

2. Peserta didik mampu mengetahui penerapan sistem presidensil konstitusional oleh Indonesia

3. Peserta didik mampu mengetahui segala bentuk tata negara serta pemerintahan termasuk mengenai urusan seperti urusan Pemerintahan Umum,Konkuren, dan Absolut

4. Peserta didik mampu membaca sejarah mengenai daerah istimewa yang masih eksis yang dinobatkan pada penjajahan Hindia Belanda

Nah itulah beberapa penjelasan penting tentang materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang ada pada bagian BAB III Tata Negara dan Pemerintahan. 

Selanjutnya mari kita simak soal pertanyaan yang ada di bagian BAB III dibawah berikut ini. Baca dengan saksama ya adik adik. 

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 55 Kurikulum Merdeka 

Berikut soal dan jawabannya, yaitu : 

Siswa Aktif

Bersama kelompokmu lakukanlah kajian pustaka dan telusur informasi. 

Buatlah perbandingan antara sistem presidensil yang diterapkan di Indonesia dengan sistem presidensil yang diterapkan di Amerika Serikat. 

Kemudian, tuliskan pendapat kalian apakah sistem presidensil yang diterapkan di Indonesia sudah sesuai dan tepat ? 

Buatlah dalam bentuk video sederhana dan unggah di media sosial. Bila tidak memungkinkan, buatlah dalam bentuk tulisan opini. Kemudian, tempelkan pada mading sekolah.

Jawabannya :

Sebelum kita membahas mengenai perbedaan sistem presidensil Indonesia dengan Amerika Serikat kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana sistem presidensil jika dilaksanakan dalam suatu tata pemerintahan. 

Sistem ini menjadikan presiden sebagai kepala negara sekaligus juga sebagai kepala pemerintahan yang dimana dibantu oleh sejumlah menteri yang diangkat oleh presiden.

Serta memiliki tanggung jawab kepada presiden tetapi kedudukan presiden tidak bertanggung jawab kepada parlemen.

Presiden disini tidak dapat membubarkan parlemen ataupun sebaliknya parlemen tidak dapat menurunkan presiden. 

Hal ini tertuang pada pasal 4 ayat 1 pada Undang-Undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebelum amandemen dilakukan.

Bahkan Presiden Republik Indonesia memegang penuh kekuasaan pemerintahan. 

Pada kondisi sekarang Indonesia sendiri tidak sepenuhnya menerapkan sistem presidensil sebagaimana yang dianut oleh Amerika Serikat. 

Terdapat beberapa penyesuaian yang dilakukan seperti adaptasi dari sisi parlementer. Pada sistem presidensil pula diadaptasi beberapa yang disesuaikan berdasarkan kepada Undang-Undang yang ada.

Penerapan ini dikatakan sangat murni oleh Jimly Asshiddiqie dengan mengkategorikan sistem presidensil yang diterapkan oleh Indonesia. 

Berikut perbedaan sistem pelaksanaan presidensil Indonesia dan Amerika Serikat :

1. Negara Indonesia dan Amerika Serikat pada saat ini menerapkan sistem pemerintahan presidensil yang dapat diartikan bahwa presiden disini menjadi kepala pemerintahan dan negara. 

Sebelum dilakukannya amandemen Undang-Undang sistem presidensil Indonesia dan Amerika Serikat hampir sama. 

Terdapat perbedaan mengenai dalam pembagian wewenang untuk lembaga legislatif, jika di Indonesia memiliki dua kamar legislatif.

Yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang nantinya akan tergabung dalam Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Sedangkan Amerika juga sama memiliki dua kamar yaitu  House of Representative and Senate. House if Representative hampir sama dengan DPR Indonesia dan Senate memiliki fungsi yang sama dengan DPD. 

Akan tetapi Senate di Amerika memiliki hak memveto keputusan dari House of Representative yang tidak dimiliki oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di di Indonesia. 

2. DPR di Indonesia dan House of Representative Amerika memiliki wewenang yang sama dalam pembuatan Undang-Undang.

Namun yang menjadi perbedaan yaitu DPR Indonesia mempunyai wewenang sekaligus untuk mengundangkan.

Dan memutuskan rancangan peraturan perundang-undangan yang dibuat sedangkan House of Representative tidak memiliki wewenang untuk bisa mengundangkan

3. Untuk fungsi legislatif sendiri antara kedua negara ini memiliki perbedaan yang soignifikan, yakni terletak pada kekuatannya. 

Legislatif di Indonesia mengenal sistem dua kamar akan tetapi kondisinya tidak sekuat Amerika Serikat (strong bicameral) sedangkan Indonesia fungsi legislatif bersifat tidak mutlak atau lemah (soft bicameral). 

DPD memiliki posisi yang paling lemah karena hanya bisa sebatas mengajukan,melakukan pembahasan dan memberikan pertimbangan RUU kepada DPR.

Dan tidak ikut serta dalam pengambilan keputusan yang dilakukan hanya oleh DPR dan Presiden. 

Hal ini yang menjadi pembeda mengenai sistem pelaksanaan pemerintahan presidensil kedua negara tersebut.

4. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Indonesia masih mengadopsi sistem parlementer sedangkan Amerika menjadi panutan.

Dalam sistem presidensil yang memiliki fungsi legislatif dalam sistem kenegaraan yang memisahkan dengan tegas antara kekuasaan eksekutif dan legislatif. 

5. Perbedaan pada sistem pemberhentian presiden

6. Perbedaan dalam pemilihan umum yang dimana di Indonesia dijalankan lebih lengkap dan rinci dibandingkan dengan Amerika dan masih banyak lagi perbedaan lainnya.

Nah itulah jawaban dari soal pertanyaan di atas materi belajar pada bab 3 Tata Negara dan Pemerintahan mengenai Sistem Pemerintahan Parlementer di Indonesia.

Demikianlah ulasan untuk Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 55 Kurikulum Merdeka. Semoga dapat membantu ya adik adik. 

Melansir dari buku pelajaran online Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk kelas 8 SMP/MTs. Dengan penulis naskah oleh Muhammad Sapei, Trezadigjaya, dan Prayogo. 

Diterbitkan oleh penerbit Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, cetakan pertama 2021.

#Disclaimer untuk jawaban di atas

1. Kunci jawaban dari soal pertanyaan yang disajikan di atas tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

2. Kunci jawaban alternatif diatas hanyalah sebagai bahan bacaan dan referensi untuk adik adik gunakan dalam proses belajar.

3. Silahkan adik adik menambah rujukan jawaban dari soal pertanyaan tersebut, serta untuk orang tua dapat mendampingi anaknya jika mengerjakan soal tersebut di rumah.

4. Tim redaksi tidak bertanggung jawab jika ada kesalahan dalam jawaban yang disuguhkan di atas, silahkan adik adik gunakan sebagai bahan bacaan saja ya.  

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !