-->

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 13 Tugas Mandiri 1.2

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 13 Tugas Mandiri 1.2 Tentang Merajut Keberagaman Di Kampung Pancasila

Inilah Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 13 Tugas Mandiri 1.2 pada artikel ini merupakan materi pembelajaran di BAB 1.

Cocok untuk sobat yang sedang mencari bahan bacaan tambahan dalam proses belajar mengenai jawaban alternatif soal tersebut.

Lebih baiknya adik adik langsung saja membaca ulasan dan penjelasan jawaban dari soal pada tugas kelompok di bawah ini.

Sosiologi Info – Kunci Jawaban PKN Halaman 13 Tugas Mandiri 1.2 tentang Merajut Keberagaman di Kampung Pancasila

Artikel ini merujuk pada buku tematik PPKN kurikulum 2013 bagi Kelas IX jenjang SMP sederajat, khususnya pada Bab 1.

Di mana buku tersebut merupakan cetakan kedua tahun 2018 (edisi revisi) karya tulisan Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra.

Selain itu, buku ini juga di terbitkan oleh Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud. Lantas materi pembelajaran pada Bab 1 ini apa saja?

Materi Pembelajaran Bab 1

Adapun Materi pembelajaran Bab 1 memuat tiga sub-bab yaitu: Pertama, sub-bab (A) membahas Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa,

Selanjutnya, sub-bab (B) mengenai Dinamika Nilai-Nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan Zaman, dan sub-bab (C) Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.

Serta, terdapat juga Refleksi, Rangkuman materi, Penilaian Sikap, Proyek Kewarganegaraan, dan Uji Kompetensi pada Bab ini.

sementara, pada artikel ini hanya akan membahas soal pada sub-bab (A) Halaman 13 Tugas Mandiri 1.2  tentang Merajut Keberagaman di Kampung Pancasila.

Akan tetapi, sebelum membaca alternatif jawaban berikut, ingat bahwa sebaiknya sobat terlebih dahulu menjawab pertanyaan tersebut dengan kemampuan sobat sendiri.

Barulah kemudian, sobat dapat menyandingkan jawaban sobat dan jawaban di bawah ini sebagai pembanding.

Oke sobat, langsung saja simak alternatif jawaban untuk soal PPKN Kelas 9 Halaman 13 Tugas Mandiri 1.2

Sebagaimana yang sudah kami sediakan berikut ini sebagai referensi. Yuk, lihat dan baca dengan seksama ya!

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 13 Tugas Mandiri 1.2 Tentang Merajut Keberagaman di Kampung Pancasila

Lebih lanjut berikut soal dan jawabannya di bawah ini, yakni :

Setelah membaca berita (Merajut Keberagaman di Kampung Pancasila) pada halaman 12, silahkan sobat menjawab pertanyaan di bawah ini.

1. Apa yang melatarbelakangi terbentuknya kampung Pancasila?

Jawaban:

Latar belakang terbentuknya kampung Pancasila adalah untuk melaksanakan program pemerintah yakni P4 Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila.

Nah, program tersebut terlaksana di Desa Balun pada 1990-an dan menjadi contoh implementasi program tersebut, sehingga di kenal sebagai Kampung Pancasila.

Di samping itu, kerukunan antarumat beragama di Desa ini memang sudah terbentuk sejak lama dan terus terpelihara hingga saat ini.

2. Apa tujuan di bentuknya kampung Pancasila?

Jawaban:

Pembentukan Kampung Pancasila bertujuan untuk pertama, melaksanakan program pemerintah yang bertajuk P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila).

Kedua, Mengimplementasikan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dan pancasila dalam kehidupan sehari hari di desa tersebut.

Ketiga, menjadi teladan bagi wilayah lain di Indonesia untuk hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku, dan ras dalam komunitasnya.

Dan terakhir, menghargai dan menghormati setinggi-tingginya para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

3. Siapa yang terlibat dalam pembentukan kampung Pancasila?

Jawaban:

Saat pembentukan kampung Pancasila desa Balun melibatkan beberapa pihak mulai dari kepala desa, seluruh elemen masyarakat desa tersebut hingga pemerintah.

4. Bagaimana upaya-upaya yang di lakukan warga kampung Pancasila agar tercipta harmoni dalam keberagaman kampung Pancasila?

Jawaban:

Pertama, melibatkan seluruh anggota masyarakat tanpa membedakan aliran kepercayaan dalam kegiatan bersama, seperti kerja bakti dan peringatan hari besar nasional.

Kedua, gotong royong menjaga ketertiban dan ketenangan saat ada aktivitas atau perayaan masing – masing agama.

Ketiga, membangun dan menjaga tempat ibadah yang berdekatan satu sama lain serta membantu mendeklarasikan pembentukan kampung Pancasila.

Dan, memberi kesempatan untuk orang lain menyampaikan gagasannya, mentoleransi hak hak umat beragama lain dan tidak memaksakan kehendak pribadinya.

5. Bagaimana upaya yang dapat kalian lakukan untuk mencontoh pembentukan kampung Pancasila?

Jawaban:

Pertama, memupuk dan menerapkan prinsip kesetaraan, keadilan, toleransi dan menghindari diskriminasi terhadap agama lain.

Kedua, meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, termasuk nilai-nilai keberagaman dan kerukunan antar umat beragama.

Ketiga, berpartisipasi aktif dalam melindungi umat agama lain ketika sedang merayakan hari besar keagamaan dan peribadatan.

Keempat, melaksanakan kegiatan musyawarah dan saling tolong menolong serta menciptakan kehidupan bermasyarakat yang rukun, santun, dan berbudaya.

Selanjutnya, aktif membangun kegaiatan dan dialog yang baik pada lintas agama dan budaya untuk mempererat hubungan maupun memahami perbedan antarwarga.

Itulah sobat Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 13 Tugas Mandiri 1.2  Kurikulum 2013. Semoga bisa membantu ya.

Lebih lanjut, Artikel ini merujuk pada buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk murid jenjang SMP sederajat Kelas IX.

Kemudian, buku tersebut adalah cetakan kedua 2018 (Edisi Revisi) karya Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra yang di terbitkan Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud.

Namun, Perlu sobat ingat lagi, bahwasanya jawaban alternatif di atas bukanlah kunci jawaban pertanyaan yang sempurna dan benar secara 100%.

Jadi, kami harapkan untuk sobat menambahkan kembali referensi lain yang relevan juga ya!.

Penulis Kontributor Magang : Wila

#Disclaimer atas kunci jawaban alternatif di atas :

1. Kunci jawaban alternatif untuk pertanyaan yang penulis tawarkan di atas tidak terdapat jaminan benar mutlak secara 100%.

2. Selanjutnya, Penulis tidak bertanggung jawab atas kesalahan apa pun dalam jawaban yang di berikan di atas.

3. Oleh karena itu, silahkan sobat gunakan hanya sebagai bahan bacaan dan referensi selama proses pembelajaran.

4. Terakhir, tambahkan referensi jawaban lain dari soal soal tersebut dan mintalah orang tua sobat untuk ikut mendampingi saat mengerjakannya.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !