-->

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 29, 30 Uji Kompetensi

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 29, 30 Uji Kompetensi
Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 29, 30 Uji Kompetensi

Inilah Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 29, 30 Uji Kompetensi BAB 1 tentang Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.

Apalagi cocok untuk adik adik yang sedang mencari bahan bacaan tambahan dalam proses belajar mengenai jawaban alternatif soal tersebut.

Sebelum membaca jawaban alternatif di bawah ini, sebaiknya menyimak dulu apa saja materi pembelajaran di buku PPKN kelas 9 ini.

Sosiologi Info – Adapun artikel kali ini memuat materi pembelajaran di bagian BAB 1 buku pelajaran PPKN kelas 9 Kurikulum 2013.

Lebih lanjut Artikel ini merujuk pada buku PPKN kurikulum 2013 bagi Kelas IX jenjang SMP sederajat, cetakan kedua edisi revisi 2018.

Kemudian buku tersebut merupakan karya tulisan Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra yang di terbitkan oleh Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud.

Sedangkan untuk mudah memahami soal pada Uji Kompetensi Bab 1, sebaiknya kalian pahami dahulu muatan materi dan tujuan capaian pembelajaran di Bab 1 berikut ini.

Materi Pembelajaran Bab 1

Adapun materi pembelajaran Bab 1 memuat tiga sub-bab yaitu: Pertama, sub-bab (A) membahas Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa.

Selanjutnya sub-bab (B) mengenai Dinamika Nilai-Nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan Zaman, dan sub-bab (C) Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.

Serta terdapat juga Refleksi, Rangkuman materi, Penilaian Sikap, Proyek Kewarganegaraan, dan Uji Kompetensi pada Bab ini.

Sedangkan pada artikel ini hanya akan membahas soal Uji Kompetensi BAB 1 pada Halaman 29, 30 tentang Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.

Tujuan Capaian Pembelajaran Bab 1

Adapun harapan setelah mempelajari bab 1 ini, adik adik dapat mencapai tujuan pembelajaran pada Bab 1 yaitu:

Seperti Mengidentifikasi perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai tahapan kehidupan dan memahami dinamika nilai-nilai pancasila yang sesuai dengan perkembangan waktu/zaman.

Serta menjelaskan perkembangan pengamalan pancasila baik sebagai pandangan hidup bangsa maupun dasar negara

Selanjutnya memiliki keyakinan yang kuat terhadap keberadaan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa maupun dasar negara Indonesia.

Nah adik adik itulah tadi sedikit muatan materi dan tujuan pembelajaran dari bab 1.

Namun sebelum membaca alternatif jawaban berikut, ingat bahwa sebaiknya adik adik terlebih dahulu menjawab pertanyaan tersebut dengan kemampuan sendiri.

Kemudian barulah adik adik dapat menyandingkan jawaban adik adik dan jawaban di bawah ini sebagai pembanding.

Oke adik adik langsung saja simak alternatif jawaban untuk soal PPKN Kelas 9 Halaman 29, 30 Uji Kompetensi BAB 1

Sebagaimana yang sudah kami sediakan berikut ini sebagai referensi. Yuk, lihat dan baca dengan seksama ya!

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 29, 30 Uji Kompetensi BAB 1

Selanjutnya inilah soal dan jawabannya di bawah ini, yaitu :

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Bagaimana penerapan Pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan?

Jawaban:

Adapun penerapan Pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan menghadapi berbagai masalah yaitu adanya upaya-upaya untuk mengganti Pancasila dengan dasar negara lain.

Dan penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila. Upaya-upaya tersebut, di antaranya sebagai berikut: Pemberontαkan Pαrtai Komυnis Indonesia (PK|), Pemberontαkan Republik Maluku Selatan (RMS),

Kemudian Pemberontαkan Darul Islαm / Tentαra Islαm Indonesia, perlαwanan Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) atau Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta),

Adanya APRA (Angkatan Perang Rαtu Adil), dan Perubahan bentuk negara dari Republik Indonesia Serikat menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Jelaskan latar belakang Pemberontakαn DI / TII dan RMS di Indonesia!

Jawaban:

Adapun latar belakang Pemberontαkan Darul Islαm / Tentara Islαm Indonesia (DI / TII) di Indonesia ialah karena adanya keinginan untuk mengganti Pancasila dengan Syariαt Islαm sebagai dasar negara dan kekecewaan Kartosuwiryo atas hasil perjanjian Renville.

Sedangkan latar belakang Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) adalah karena keinginan beberapa tokoh untuk mendirikan negara sendiri

Dan kekecewaan para bekas prajurit angkatan perang kolonial belanda (KNIL) terhadap kebijakan pemerintah.

3. Bagaimana penerapan Pancasila pada masa Orde Baru?

Jawaban:

Adapun penerapan Pancasila pada masa Orde Baru mengalami pasang surut. Pada masa ini Presiden Soeharto sebagai tokoh utama Orde Baru mampu

Membubarkan PK| dan menstabilkan kembali keamanan negara dalam waktu yang relatif singkat pasca pemberontakan tersebut

Serta pembangunan nasional yang tumbuh dengan pesat di segala bidang kehidupan. Namun, pada masa ini juga terjadi pembatasan kebebαsan pers,

Kemudian pembatasan kebebαsan berpendapat dan kebebαsan berpolitik oleh pemerintah hingga Munculnya beberapa peristiwa pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

4. Jelaskan tantangan bangsa Indonesia dalam menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa Reformasi!

Jawaban:

Adapun tantangan bangsa Indonesia dalam menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa Reformasi adalah kondisi kehidupan masyarakat yang serba bebαs.

Seperti kebebasan berbicara, berorganisasi, berekspresi, dan sebagainya yang bisa mendatangkan dαmpak negαtif yang merugikan bangsa Indonesia sendiri.

Lebih lanjut di tandai dengan munculnya pergαulαn bebαs, peredαran nαrk0bα dan minumαn kerαs, k0nflik di beberαpa daerah, tawurαn antarpelajar dan sebagainya.

Selain itu persaingan antar kekuatan besar dunia, dan perebutan pengaruh melalui penyusupan ideologi, baik secara langsung maupun melalui globalisasi

Justru membawa tantangan tersendiri dalam mempertahankan pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa pada masa Reformasi.

5. Jelaskan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara?

Jawaban:

Mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara merupakan hal yang penting karena nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila sudah terbukti dapat menjaga keutuhan NKRI.

Selain itu juga pancasila juga sudah sesuai dengan kondisi rakyat Indonesia yang penuh dengan keberagaman.

Apabila Pancasila tergantikan dengan dasar negara lain maka akan berpotensi memecah belah keutuhan dan kerukunan rakyat Indonesia.

6. Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka!

Jawaban:

Adapun Pancasila sebagai ideologi terbuka bemakna bahwa pancasila senantiasa mampu menyesuaikan perkembangan zaman,

Serta ilmu pengetahuan, teknologi, aspirasi, dan tantangan masyarakat dari masa ke masa tanpa merubah Nilai-nilai yang ada di dalamnya.

7. Berikan masing-masing 1 (satu) contoh perilaku dalam mewujudkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:

Contoh perwujudan nilai ketuhanan adalah percaya adanya Tuhan dan mensukuri nikmatNya, selanjutnya nilai kemanusiaan dapat di wujudkan dengan membantu sesama.

Kemudian contoh perwujudan nilai persatuan adalah mengikuti kerja bakti, kemudian nilai kerakyatan dapat di wujudkan dengan mengikuti musyawarah desa.

Serta perwujudan nilai keadilan adalah berteman dengan siapapun tanpa memandang status.

8. Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah!

Jawaban:

Adapun contoh perwujudan dari nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah adalah menggunakan hak suara dalam pemilihan perangkat OSIS,

Kemudian mengikuti musyawarah dalam menentukan tata tertib kelas, serta bergabung dalam organisasi sekolah seperti pramuka, paskibra, rohis, dan sebagainya.

9. Bagaimana perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang pertahanan keamanan di lingkungan masyarakat?

Jawaban:

Adapun nilai-nilai Pancasila dalam bidang pertahanan keamanan di lingkungan masyarakat dapat di wujudkan dengan aktif ikut melaksanakan kegiatan ronda malam.

10. Keteladanan apa saja yang patut dicontoh dari tokoh nasional dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara? Jelaskan!

Jawaban:

Adapun Keteladanan dari tokoh nasional dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara yang patut kita contoh adalah semangat patriotisme,

Kemudian, sikap rela berkorban dan mendahulukan kepentingan umum di atas kepentinngan pribadi, Memperjuangkan Hak Asasi Manusia, serta takwa terhadap Tuhan.

Jadi itulah adik adik Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 29, 30 Uji Kompetensi BAB 1  Kurikulum 2013. Semoga bisa membantu ya.

Lebih lanjut artikel ini merujuk pada buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk murid jenjang SMP sederajat Kelas IX.

Serta merupakan buku cetakan kedua 2018 (Edisi Revisi) karya Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra yang di terbitkan Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud.

Namun perlu adik adik ingat lagi, bahwasanya jawaban alternatif di atas bukanlah kunci jawaban pertanyaan yang benar sempurna 100%.

Jadi kami harapkan untuk adik adik menambahkan kembali referensi lain yang relevan juga ya!.

Penulis Kontributor Magang : Wila

#Disclaimer atas kunci jawaban alternatif di atas:

  1. Kunci jawaban alternatif untuk pertanyaan yang penulis tawarkan di atas tidak terdapat jaminan benar mutlak secara 100%.
  2. Selanjutnya, Penulis tidak bertanggung jawab atas kesalahan apa pun dalam jawaban yang diberikan di atas.
  3. Maka dari itu, silahkan adik adik gunakan hanya sebagai bahan bacaan dan referensi selama proses pembelajaran.
  4. Terakhir, tambahkan referensi jawaban lain dari soal soal tersebut dan mintalah orang tua adik adik untuk ikut mendampingi saat mengerjakannya.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !