-->

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 8 Tugas Kelompok 1.1

 

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 8 Tugas Kelompok 1.1

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Halaman 8 Tugas Kelompok 1.1 pada artikel kali ini merupakan materi pembelajaran di BAB 1.

Teman-teman yang sedang mencari bahan bacaan tambahan dalam proses belajar mengenai jawaban alternatif soal tersebut.

Selanjutnya dapat membaca ulasan dan penjelasan jawaban dari soal pada tugas kelompok di bawah ini.

Sosiologi Info – Kunci Jawaban halaman 8 Tugas Kelompok 1.1 Tentang contoh Peristiwa Penyimpangan Terhadap Nilai Pancasila.

Artikel ini merujuk pada buku tematik kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PPKN Kelas IX bagi jenjang SMP sederajat, khususnya Bab 1.

Di mana buku tersebut merupakan cetakan kedua tahun 2018 (edisi revisi) karya tulisan Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra.

Di samping itu buku ini juga di terbitkan oleh Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud. Lantas materi apa saja yang terdapat pada pembelajaran di Bab 1 ini?

Materi Pembelajaran

Adapun Materi pelajaran pada Bab 1 di buku ini, terdapat pembagian menjadi tiga sub-bab yaitu:

Pertama pada sub-bab (A) tentang Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa, kemudian  sub-bab (B) mengenai Dinamika Nilai-Nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan Zaman, dan  sub-bab (C) tentang Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan.

serta terdapat juga Refleksi, Rangkuman materi, Penilaian Sikap, Proyek Kewarganegaraan, dan Uji Kompetensi pada Bab ini.

Sementara itu, pada artikel ini sobat hanya akan mendapatkan penjelasan soal pada sub-bab (A) halaman 8 tugas kelompok 1.1 tentang contoh peristiwa penyimpangan terhadap nilai Pancasila.

Meskipun begitu, sebelum membaca jawaban alternatif berikut, perlu sobat ingat kembali bahwa alangkah baiknya terlebih dahulu menjawab pertanyaan tersebut dengan kemampuan sobat sendiri.

Barulah kemudian dapat menyandingkan jawaban sobat dan jawaban di bawah ini sebagai pembanding.

Oke sobat, langsung saja simak alternatif jawaban untuk soal PPKN kelas 9 SMP halaman 8 Tugas Kelompok 1.1, yang sudah kami sediakan berikut ini sebagai referensi. Yuk, lihat dan baca dengan seksama ya!

Kunci Jawaban PPKN kelas 9 SMP halaman 8 Tugas Kelompok 1.1

Berikut soal dan jawabannya di bawah ini, yakni :

1. Pilihlah salah satu contoh peristiwa penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara sejak awal kemerdekaan sampai akhir Orde Lama.

Jawaban:

Pemberontakan Darul Islam / Tentara Islam Indonesia yang di pandu oleh Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo merupakan salah satu contoh penyimpangan dari Pancasila sebagai dasar negara yang terjadi antara awal kemerdekaan dan berakhirnya orde lama.

Pemberontakan yang berusaha menggantikan Pancasila sebagai dasar negara dengan syari’at Islam ini memuncak dengan berdirinya Negara Islam Indonesia (NII) pada 7 Agustus 1949.

2. Susun pertanyaan yang ingin kamu ketahui sesuai topik yang di pilih

Jawaban:

Pertama, Mengapa DI / TII ingin mengganti pancasila dengan syariat islam sebagai dasar negara?

Kedua, Kapan dan di mana saja pemberontakan DI / TII terjadi ?

Ketiga, Siapa saja tokoh-tokoh yang ada dalam DI / TII beserta daerah pimpinannya?

Keempat, Kapan penumpasan DI / TII terjadi?

3. Carilah informasi tentang peristiwa tersebut dari berbagai sumber belajar

Jawaban:

Sebagai referensi tentang Pemberontakan DI / TII, kami cantumkan beberapa atikel yang dapat sobat baca kembali yaitu:

  • Artikel berjudul Pemberontakan DI TII di Beberapa Wilayah di Indonesia karya tulisan – (2020) dengan penerbit situs online Kumparan
  • Selanjutnya, atikel berjudul Sejarah Pemberontakan DI / TII, serta Latar Belakang karya Mesakh Ananta Dachi (2022) dengan penerbit situs online Media Indonesia

4. Diskusikan dengan kelompokmu, hubungkan berbagai informasi yang kamu peroleh dan buatlah kesimpulan tentang peristiwa tersebut

Jawaban:

Pertama, alasan DI / TII berupaya mengganti Pancasila dengan syariat Islam sebagai dasar negara karena meyakini Pancasila tidak sesuai ajaran Islam.

Kemudian sekaligus untuk mengatasi penguasaan tatanan politik sosialisme dan ideologi komunisme yang mulai aktif di pemerintahan Soekarno.

Kedua, pemberontakan ini terjadi di banyak provinsi di Indonesia, termasuk Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Aceh, selama kurun waktu 1949 sampai 1963.

Pemberontakan itu di pimpin oleh beberapa tokoh, antara lain:

Pertama ada tokoh bernama SM Kartosuwiryo membawahi DI / TII Jawa Barat mulai dari tahun 1948 – 1962. Selanjutnya tokoh bernama Daud Beureueh memerintah DI / TII Aceh yang mulai  dari tahun 1953 sampai 1962.

Kemudian berlanjut ada tokoh bernama Amir Fatah yang menjabat sebagai pimpinan DI / TII Jawa Tengah mulai dari tahun 1949 sampai 1950.

Selanjutnya, Ibnu Hadjar yang mengomandokan DI / TII Kalimantan Selatan yang mulai dari tahun 1950 sampai 1965, dan Kahar Muzakar memimpin DI / TII Sulawesi Selatan mulai 1950 sampai 1965.

Ketiga, untuk menghentikan pemberontakan DI / TII, pemerintah mengeluarkan Peraturan No. 59 Tahun 1958, yang berisi perintah penumpasan DI / TII.

Kemudian, pemerintah mengirimkan pasukan dari Kodam Siliwangi dengan taktik Pagar Betis dan Operasi Brata Yudha.

Selajutnya, mereka yang di kirim itu berhasil menangkap Kartosuwiryo dan pengikutnya pada tanggal 4 Juni 1962, serta menandai awal berakhirnya pemberontakan DI / TII.

5. Susun laporan hasil telah kelompokmu secara tertulis, dan sajikan di depan kelas.

Jawaban :

Silahkan sobat menyusun hasil jawaban nomor 4 dan sajikan di depan kelas.

Demikianlah sobat Kunci Jawaban PPKN kelas 9 SMP halaman 8 Tugas Kelompok 1.1 Kurikulum 2013 untuk jenjang SMP sederajat. Semoga bisa bermanfaat dan membantu ya sobat.

Artikel ini merujuk pada buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk murid jenjang SMP sederajat Kelas IX.

Di mana Buku tersebut merupakan karya tulisan Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra serta di terbitkan oleh Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud, cetakan kedua tahun 2018 (Edisi Revisi).

Lebih lanjut, Perlu sobat ingat lagi, bahwasanya jawaban alternatif di atas bukanlah kunci untuk jawaban pertanyaan yang sempurna dan benar secara 100%.

Jadi, kami harapkan untuk sobat menambahkan kembali referensi lain yang relevan juga ya!.

Penulis Kontributor Magang : Wila

#Disclaimer atas kunci jawaban alternatif di atas:

  1. Kunci jawaban alternatif untuk pertanyaan yang penulis tawarkan di atas tidak terdapat jaminan benar mutlak secara 100%.
  2. Penulis tidak bertanggung jawab atas kesalahan apa pun dalam jawaban yang di berikan di atas.
  3. Oleh karenanya silahkan kawan teman-teman gunakan hanya sebagai bahan bacaan dan referensi selama proses pembelajaran.
  4. Mohon tambahkan referensi jawaban lain dari soal-soal tersebut dan mintalah orang tua sobat untuk ikut mendampingi saat mengerjakannya di rumah.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !