-->

Jelaskan 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat

Jelaskan 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat
Jelaskan 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat

Tentunya dalam kehidupan masyarakat, adanya norma atau aturan yang berlaku. Lalu bagaimana jika aturan itu dilanggar ?

Berikut ini pembahasan tentang jelaskan 3 akibat pelanggaran terhadap norma bagi masyarakat. Selanjutnya anda dapat menyimak ulasannya di bawah ini.

Sosiologi.info – Pelanggaran terhadap norma-norma dalam masyarakat dapat memiliki berbagai akibat, baik pada tingkat individu maupun pada tingkat masyarakat secara keseluruhan.

Jelaskan 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat !

Berikut adalah tiga akibat pelanggaran terhadap norma bagi masyarakat, yaitu :

1. Perasaan Ketidakamanan dan Tidak Nyaman

Pelanggaran norma dapat menciptakan perasaan ketidakamanan dan tidak nyaman dalam masyarakat.

Ketika norma-norma sosial tidak dihormati, orang mungkin merasa tidak aman dan cemas karena tidak tahu apa yang diharapkan dari interaksi sosial.

Misalnya, perilaku kasar atau kekerasan dapat menciptakan perasaan takut di antara warga masyarakat. Hal ini bisa mengganggu kualitas hidup dan hubungan sosial yang sehat.

2. Kehilangan Kepercayaan dan Solidaritas Sosial

Pelanggaran terhadap norma dapat mengikis kepercayaan dan solidaritas sosial. Norma-norma adalah dasar bagi kerjasama dan interaksi yang harmonis dalam masyarakat.

Jika norma-norma ini sering dilanggar, maka masyarakat dapat kehilangan kepercayaan satu sama lain.

Kehilangan kepercayaan ini dapat mengarah pada perpecahan sosial dan konflik antarindividu atau kelompok, yang pada gilirannya dapat mengganggu stabilitas sosial.

3. Hukuman Sosial dan Penyimpangan

Masyarakat sering memiliki cara untuk menanggapi pelanggaran terhadap norma. Ini dapat mencakup hukuman sosial seperti isolasi sosial, pengucilan, atau penolakan.

Pelanggar norma juga bisa di anggap sebagai penyimpangan, yang dapat merusak reputasi dan status sosial individu yang melanggar norma tersebut.

Akibatnya, individu yang sering melanggar norma mungkin menghadapi tekanan sosial untuk berubah atau memperbaiki perilaku mereka agar di terima kembali oleh masyarakat.

Dalam rangka mempertahankan harmoni dan stabilitas sosial, masyarakat memiliki norma-norma yang perlu di hormati dan di ikuti oleh individu.

Pelanggaran terhadap norma-norma ini dapat berdampak negatif pada iklim sosial dan hubungan antarindividu dalam masyarakat.

Sehingga penting untuk memahami dan menghormati norma-norma sosial demi kebaikan bersama. Akhirnya  demikianlah pembahasan Jelaskan 3 Akibat Pelanggaran Terhadap Norma Bagi Masyarakat !

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !