-->

Jelaskan Tentang Konsep Trilogi Pembangunan dan Makna yang Terkandung di Dalamnya

Jelaskan Tentang Konsep Trilogi Pembangunan dan Makna yang Terkandung di Dalamnya ! Ini Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 12 Halaman 142.
Jelaskan Tentang Konsep Trilogi Pembangunan dan Makna yang Terkandung di Dalamnya !

Berikut ini jawaban soal Jelaskan Tentang Konsep Trilogi Pembangunan dan Makna yang Terkandung di Dalamnya ! Kunci jawaban Sejarah Indonesia Kelas 12 halaman 142. 

Sosiologi.info - Melansir dari buku pelajaran Sejarah Indonesia edisi revisi 2018 untuk kelas 12 SMA, MA, SMK, MAK cetakan ke dua. 

Buku ini ditulis oleh Abdurakhman, Arif Pradono, Linda Sunarti, dan Susanto Zuhdi. Kemudian untuk penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Adapun untuk materi pembelajaran yang dibahas yaitu pada bagian BAB 4 Sistem dan Struktur Politik Ekonomi Indonesia Masa Orde Baru (1966 - 1998).

Adik-adik akan diajak untuk memahami berbagai materi belajar yang ada di bagian BAB IV dengan mengerjakan beberapa soal-soal dan tugas. 

Tujuan Pembelajaran

Perlu juga adik-adik ketahui tujuan dari pembelajaran dalam bab 4 ini, setelah mempelajari uraian materinya, maka diharapkan adik-adik dapat : 

1. Menjelaskan proses transisi yang terjadi antara masa demokrasi terpimpin dengan masa orde baru

2. Menganalisis beberapa perubahan yang dilakukan pemerintahan orde baru di bidang politik, ekonomi, pertahanan-keamanan, dan sosial budaya, setelah masa demokrasi terpimpin berakhir

3. Mengambil hikmah dari berbagai peristiwa yang terjadi selama masa pemerintahan orde baru 

Nah itulah beberapa tujuan pembelajaran yang ada di materi belajar dalam bab ini yang perlu adik adik pahami. 

Selanjutnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta pemahaman yang lebih komprehensif.

Maka adik-adik perlu mengerjakan soal maupun tugas yang ada di BAB 4 berikut di bawah ini, kunci jawaban Sejarah Indonesia kelas 12 halaman 142 latih uji kompetensi. 

Jelaskan Tentang Konsep Trilogi Pembangunan dan Makna yang Terkandung di Dalamnya !

Berikut jawabannya, yaitu : 

Trilogi Pembangunan adalah suatu upaya dan rencana bangsa Indonesia dalam mewujudkan tujuan negara yang sebagaimana di amanatkan pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. 

Negara yang ingin diwujudkan yaitu suatu pemerintahan yang dapat melindungi segenap bangsa, mampu memajukan kesejahteraan umum.

Kemudian, mencerdaskan kehidupan bangsa dan mampu turut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Dengan demikian tujuan negara harus dicapai berdasarkan Pancasila. Kemudian untuk Trilogi Pembangunan meliputi yaitu :

1. Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis

2. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi

3. Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju kepada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat

Nah itulah jawaban alternatif yang dapat memberikan pemahaman kepada adik-adik pelajar dimanapun berada.

Demikianlah pembahasan soal pertanyaan tentang Jelaskan Tentang Konsep Trilogi Pembangunan dan Makna yang Terkandung di Dalamnya !

Soal itu bagian dari Kunci jawaban alternatif mata pelajaran Sejarah Indonesia untuk kelas 12 halaman 142 latih uji kompetensi.

Namun, perlu adik-adik ketahui bahwa alternatif jawaban di atas tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen.

Oleh karena itu, adik-adik dapat menambah referensi lain untuk memberikan pemahaman yang komprehensif lainnya. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !