-->

Tiga Prinsip Dasar dalam Organisasi di Kampus, No 1 Wajib !

Ada tiga prinsip dasar yang bisa kita berikan untuk organisasi di kampus.
Pojokan – Organisasi adalah wadah bagi seluruh Mahasiswa untuk dapat berkreatifitas dan menambah pengalam baru. Sudahkah kamu bergabung dalam organisasi yang ada di kampus ?

Perlu. Kita sadar, bahwa organisasi bukanlah tempat untuk kita menghabiskan waktu yang tak menghasilkan. Kita berada disana (organisasi) untuk dapat menghasilkan karya, kreatifitas, dan pengabdian.

Apalagi, di kampus akan ada banyak organisasi kampus yang bisa kita ikuti, sebut saja Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) serta lembaga kemahasiswaan lain yang ada di lingkungan kampus.

Apa yang akan bisa kita berikan kepada organisasi yang kita ikuti ? Dari hasil pengalaman yang saya rangkum dalam beberapa tahun belakangan, ternyata ada tiga prinsip atau tiga hal yang bisa kita berikan kepada organisasi yang kita ikuti. Apa saja ? Berikut saya rangkum dengan singkat.
Prinsip pertama, Ide. Apa yang bisa kita berikan, dengan Ide, kita menyumbangkan sebuah gagasan dan pemikiran yang dapat meningkatkan kreatifitas kita dalam berproses di organisasi tersebut. 

Oleh karena itu, jangan kita sungkan dalam menyampaikan ide atau gagasan kita. Ingat ya guys, jangan dipendam. Itu akan sakit.! Cukup perasaaan saja yang kita pendam.

Sayang, jika kita ada ide tapi tidak berani menyampaikannya. Kan mubazir. Cukup perasaan ini saja yang mubazir. Ide jangan ! Okeyy… guys ! IDE.

Prinsip kedua, Tenaga. Saya buntu, kalau ngomongin ide. Ya, gpp, karena buntu itu biasa, kadang dompet juga buntu. Ehh…

Serius nih, kita akan membicarakan hal yang serius, tak hanya kamu aja yang menjadi keseriusan kuh.
Prinsip kedua ini, membutuhkan keringat. Pasalnya kita harus memberikan tenaga kita untuk organisasi yang kita ikuti. Tenaga yang kita sumbangsihkan bisa pada saat keterlibatan kita dalam membantu menyukseskan program kerja atau agenda organisasi tersebut.

Kamu harus ingat, mikir Ide itu gak mudah. Cukup aku saja yang mikiran kamu.
Prinsip ketiga, Dana. Ide dan tenaga, kamu gak punya ? Ya, cukup kita memberikan dana, Bisa saja iuran, yang diberlakukan di organisasi kita lunasi ya guys ! jangan telat bayar, nanti doza!

Jangan pelitz sama dana ya. Sudah ide gak punya, tenaga gak mau ngasih, apalah maunya kamu ?


Kesimpulan, kita bisa berikan ketiga prinsip diatas dalam organisasi yang kita ikuti, Ide, Tenaga dan Dana, ketiganya itu bisa memberikan efek yang baik untuk diri kita dan organisasi yang kita perjuangkan. Dan juga bisa kita pilih salah satu dari ketiga prinsip dasar diatas, bisa saja memberikan ide dan tenaga, atau dana dan tenaga, dan seterusnya. 

Tetaplah berkreatifitas dan berinovasi dalam karya. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !