Transisi Menuju Sistem Post-Fordisme - YUK BACA Transisi Menuju Sistem Post-Fordisme | YUK BACA

$hide=home

$type=sticky$count=4$show=home$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

Transisi Menuju Sistem Post-Fordisme

Sistem Gojeknifikasi terdapat tiga (3) unsur utama yang bermain didalam pola atau mekanisme ini yaitu meliputi aspek Fleksibilitas, Onlinesitas dan Prediksibilitas.


Lanjutan dari artikel sebelumnya dengan judul : EraKonsumsi Massal, Hasrat Manusia yang Rakus ?

dari Mcdonaldisasi ke Gojeknifikasi : Transisi Menuju Sistem Post-Fordisme

Sosiologi Info - Sistem Gojeknifikasi terdapat tiga (3) unsur utama yang bermain didalam pola atau mekanisme ini yaitu meliputi aspek Fleksibilitas, Onlinesitas dan Prediksibilitas.

Mungkin sebelumnya kita sudah pernah mendengar istilah yang satu ini ! Fordisme sebagaimana sistematika produksi mobil oleh Ford yang hampir mirip dengan jalannya Sistem di Rumah makan cepat saji. Sistem Fordisme yang ditandai dengan penempatan pekerja secara tepat dan tertata dan mengandalkan sebagian besar kerjanya pada mesin juga hampir sama dengan pola dari McDonaldisasi yang mengontrol karyawan dan pelanggannya dengan mesin-mesin tertentu.

Pola yang hampir sama antara McDonaldisasi dan Fordisme yang lebih mengutamakan pada keseragaman (Homogenitas) dapat kiranya di kategorikan sebagai bagian dari budaya Modernitas. Sebagaimana modernitas itu sendiri lahir dari upaya manusia untuk mendaya gunakan potensi Akal (Logika Antroposentris) dalam mengelola alam eksternal yang pada awalnya dianggap liar, tidak teratur dan berantakan.

 Modernitas hadir ibarat sang pencerah yang akan mengarahkan dunia pada keadaan yang teratur menurut logika berpikirnya sendiri. Dunia yang dianggap teratur yakni dunia yang hadir semata untuk memenuhi nafsu libido manusia, dunia yang dapat di kontrol lewat pemolaan sedemikian rupa dan yang pastinya tunduk pada Rasionalitas semata. Akibatnya suatu unsur yang dianggap "Lain" (konsep Liyan) dari logika Modernitas akan dibantai ibarat rumput liar yang mengotori indahnya pemandangan taman.

Namun dalam perkembangan mutakhir sebagaimana yang telah dikemukakan diawal tadi, dunia seakan memasuki suatu epos baru entah itu dianggap lanjutan ataupun keterputusan dari era sebelumnya. Epos yang satu ini sering dinamakan sebagai PostModernitas dimana dunia sedang mengalami keadaan yang berbeda dengan era sebelumnya. Postmoderen suatu istilah yang begitu terkenal ketika istilah Francis Lyotard mengumandangkan kematian narasi-narasi besar dan menjadi term populer dalam rana Humaniora dan Ilmu sosial serta Filsafat.

PostModernitas sebagai suatu epos atau era tentu memiliki perbedaan dengan era modernitas, dimana era postmodernitas lebih fleksibel, kesempatan terbuka untuk memperoleh jenis keanggotaan, Heterogenitas, selera yang lebih bebas, dan lain sebagainya.

Dengan itu pola dalam logika Rasionalitas dan Ekonominya juga tentu mengalami perubahan dari Sistem Mcdonaldisasi yang begitu kaku dan Homogen ke suatu Sistem baru yang mengandalkan tenaga digital sebagai proses mekanismenya yakni Gojeknifikasi.

Goneknifikasi ialah suatu sistem yang lebih Fleksibel dan Heterogen, yang berkembang pada masyarakat Pasca Modernitas yang mebgandalkan pola dari Post-Fordisme.

Sebagaimana telah kita ketahui yakni kebutuhan akan Transportasi yang praktis yang berbasiskan digital telah menggeser paradigma yang sebelumnya berorientasi pada Restoran cepat saji (Fasfood-Sentris) ke Transportasi Online (Online-sitas).

Dunia yang telah dilanda oleh demam dan candu pada teknologi digital juga turut menjadikan segala bentuk aktifitas anggota masyarakatnya yang serba online. Budaya Onlinesitas sebagai buah Rasionalitas juga telah berdampak pada tingginya permintaan akan aplikasi Online, demikian halnya dalam Transportasi juga telah dimasuki oleh logika Onlinesitas.

Akhirnya telah bermunculan berbagai aplikasi Ojek Online seperti Gojek, Grab dan lain-lain yang mengandalkan dunia digital sebagai medianya. Gojeknifikasi diartikan lebih tepatnya sebagai suatu pola khas di era pasca modernitas yang bersifat Post-Fordis yakni suatu sistem yang lebih fleksibel dan Heterogen.

Bisa kita lihat bagaimana perusahaan Gojek telah menawarkan berbagai inovasi baru selain transportasi sehingga dikenal sistem Go-Food, Go-Car, Go-Mart, dan lain-lain. Berbagai layanan yang sifatnya lebih fleksibel tersebut merupakan buah dari pemanfaatan digitalisasi dalam proses pelayanan yang diterapkan oleh perushaan ini dan keterbukaannya untuk melayani pelanggan dengan tawaran yang lebih dari sekedar transportasi.

Tentu ini berbeda dengan pola McDonaldisasi yang menekankan ketundukan pelanggan pada aspek kerja dari pola ryang makan, dimana dengan logika Efesiensi kita dituntun untuk melaksanakan suatu tugas dari satu tempat ke tempat yang lainnya dalam Restoran Cepat saji, sedang Logika Gojeknifikasi yang menekankan kemudahan akses makanan dan Fleksibelitas dalam pemesanan.

Jika di generalkan dalam sistem Gojeknifikasi terdapat tiga (3) unsur utama yang bermain didalam pola atau mekanisme ini yaitu meliputi aspek Fleksibilitas, Onlinesitas dan Prediksibilitas. Trinitas dari kata akhir "Itas" tersebut merupakan ciri utama dari sistem Gojekifikasi dimana olehnya dunia semakin diarahkan pada heterogenitas yang menggeserkan secara perlahan homogenitas dari McDonaldisasi.

Benarkah Sudah Tidak Ada Lagi Obesitas dalam Gojeknifikasi ?

Namun yang menjadi problem kita saat ini benarkah obesitas juga mengalami kematian dalam mekanisme Gojeknifiksi ? Tentu ini menjadi suatu pertanyaan penting mengingat Obesitas cenderung dekat dengan Logika McDonaldisasi yang lebih menekankan aspek "Food" sebagai Cirinya dan berafiliasi denagn Era Modernitas.

Namun penulis disini tidak berhenti begitu saja dengan memfinalkan bahwa dalam Gojeknifiksai sudah tak ada lagi Obesitas. Justru penulis hendak memberi suatu penjelasan yang berkaitan dengan kelanjutan obesitas di era pasca modernitas yang dapat dikaitkan dengan sistem Gojeknifikasi.

Jika kita kembali menegok ke Tiga logika dasar (Trinitas Logic) dalam sistem Gojeknifikasi yakni Fleksibilitas, Onlinesitas dan Prediksibilitas, malah kita dapat melihat bahwa Goheknifikasi menjadi sarana bagi Produksi dan Reproduksi Obesitas ditengah masyarakat.

Ditengah inovasi perusahaan Gojek dan sejenisnya guna dapat menggaet hati para pelanggan, yang kini telah memunculkan berbagai inovasi baru entah itu upaya sintesis Transportasi online dengan Pesan antar Makanan, Jasa Pijat, Jasa jual beli, Jasa Pengiriman Box dan sebagainya.

Begitu berkembangnya perusahan Gojek dan Sejenisnya sehingga telah memungkinkan Fleksibilitas dan Aksebilitas pada pelanggan. Seorang pelanggan yang sedang kelaparan misalnya dan juga memiliki dompet yang tebal tentu memiliki kesempatan untuk mencicipi menu yang tertera di layanan Go-Food.

Dengan keanekaragaman khazanah dari makanan yang tertera di menu tersebut apakah bukan menjadi pemicu obesitas di tengah masyarakat ?
Tentu hal ini dapat sekaligus menjadi pemicu obesitas yang diwarnai dengan ligika prediksibilitas yang akurat dimana daya Onlinesitas dalam aplikasi gojek telah memberi pemahaman pada para pelanggan untuk duduk manis, menunggu pesanan sebab kiriman/paket makanan akan segera tiba.

Dengan demikian jika disimpulkan dalam rana Gojeknifiksai juga tidak menutup kemungkinan terjadinya Obesitas pada pelanggan, sebab dalam mekanismenya juga makin mempermudah pelanggan dalam mengakses berbagai makanan yang di inginkan. Bukankan ini juga termasuk Orgasme mata pada daftar menu digital ?

Kita telah menyaksikan bagaimana suatu perubahan tren sedang berlangsung, dari tren berkunjung ke Rumah makan cepat saji (McDonald) ke tren Pesan Makanan lewat Ojek Online (Gojek), bukankah ini menandakan akhir dari era Imperium FastFood atau McDobaldisasi menuju suatu era Kekaisaran Transportasi online atau Gojeknifikasi.

Bahkan kemungkinan besar McDonaldisasi juga akan mengalami proses Gojeknifikasi dimana dibukan lagi sekedar menyediakan pelayanan hanya sebatas jasa Makanan dan minuman, namun juga perusahaan rumah makan cepat saji yang menerapkan logika McDonaldisasi juga akan menirup pola inovasi dari Perusahaan Gojek, sehingga tidak menutup kemungkinan kedepannya kita akan melihat  KFC-Box, MCD-Pijat ataupun Pizza Hutt-Mart ini semua tak lain sebagai bentuk upaya persaingan di pasaran yang kini sedang dilandah demam Gojeknifiksasi.

Dengan ini semua tak dipungkiri Obesitas tetap berlangsung sampai sekarang dan terlembagakan dalam model baru yang lebih populer yakni Gojeknifiksasi. 

Kontributor/Penulis : 

Nama               : Dinasty Dinra Pratama
Jurusan            : Sosiologi
Mhs/Kampus   : Universitas Negeri Makassar

Media sosial
IG                    : @celoteh_Dinasty

COMMENTS

https://www.sosiologi.info/2020/07/jasa-content-placement-dan-sponsored.html

Name

Event Figur jasa Kampus NarasiTalks Politik Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Vlog
false
ltr
item
YUK BACA: Transisi Menuju Sistem Post-Fordisme
Transisi Menuju Sistem Post-Fordisme
Sistem Gojeknifikasi terdapat tiga (3) unsur utama yang bermain didalam pola atau mekanisme ini yaitu meliputi aspek Fleksibilitas, Onlinesitas dan Prediksibilitas.
https://1.bp.blogspot.com/-r4SsYLpnhvk/W_e3eGcfMqI/AAAAAAAAA28/S8ibeOFeyNMzKsfHyHmRQAV_nOvl5nuWwCLcBGAs/s1600/Transisi%2BMenuju%2BSistem%2BPost-Fordisme.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-r4SsYLpnhvk/W_e3eGcfMqI/AAAAAAAAA28/S8ibeOFeyNMzKsfHyHmRQAV_nOvl5nuWwCLcBGAs/s72-c/Transisi%2BMenuju%2BSistem%2BPost-Fordisme.jpg
YUK BACA
https://www.sosiologi.info/2018/11/transisi-menuju-sistem-post-fordisme.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2018/11/transisi-menuju-sistem-post-fordisme.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy