Pojokan – Hai guys ! Pernah mendengar menu kuliner dari Ikan Lomek, atau olahan dari Ikan Lomek itu sendiri ? Nah berikut ini salah satu olahan dari ikan lomek yang bisa dimanfaatkan menjadi makanan kekinian. Apa itu, simak ulasan berikut ini.

Ikan lomek merupakan jenis ikan air payau. Ikan lomek biasa hidup diperairan dangkal di muara, batas antara sungai dengan laut, dan atau hingga di laut lepas. Memang, kebanyakan dari kita tidak mengetahui manfaat bagi tubuh jika mengonsumsi ikan tersebut.

Tahukah anda, bahwa ikan lomek ini ternyata cukup enak dan lezat. Biasanya masyarakat menghidangkannya dalam bentuk makanan seperti sop, gulai, ataupun digoreng.

Gizi yang ada pada ikan lomek ini, yaitu mengandung omega tiga, dan mengandung protein yang baik untuk tubuh jika kita mengonsumsi ikan tersebut. Teksturnya yang lembut baik untuk proses pencernaan dalam tubuh kita.

Nah, sudah tahu kan sekarang bagaimana manfaat ikan lomek ? Terus dimana ya kita bisa mendapatkan jenis ikan lomek tersebut. Salah satu tempat yang bisa kita tuju untuk mendapatkan ikan lomek yaitu di Pulau Bengkalis, tepatnya Kabupaten Bengkalis.
Melalui kerjasama dan sosialisasi pembuatan nugget dari bahan ikan lomek yang dilakukan antara masyarakat Desa Tameran dengan Mahasiswa Kukerta Universitas Riau tahun 2019, yaitu mempunyai ide dan inovasi baru bernilai jual tinggi dari olahan ikan lomek tersebut.

Pemanfaat ikan lomek selain untuk sop, gulai, atau hanya sekadar di goreng, ternyata ada nilai tambah yang bisa dibuat dari ikan lomek, yaitu Nugget Ikan Lomek.

Nilai jual dari hasil olahan ikan lomek menjadi nugget juga akan bertambah, dengan cara itulah masyarakat dapat meningkatkan ekonomi atau pendapatan mereka.

Hasil kerjasama yang dilakukan pada tanggal 8 Agustus 2019, dapat memberikan inovasi baru bagi industri kreatif rumah tangga di desa tersebut, dan terkhususnya bagi masyarakat Bengkalis. Bahwa ikan lomek yang ada di daerah Bengkalis dapat dimanfaatkan menjadi industri kreatif yaitu nugget ikan lomek. 

Hasil olahan tersebut semoga dapat dipasarkan dalam jumlah yang besar, dan dengan cara itulah masyarakat lain juga dapat mengonsumsi ikan lomek hasil olahan warga Bengkalis.
Warga Desa Tameran yang hadir pada saat sosialisasi pembuatan nugget ikan mengapresiasai dan antusias dalam mengikuti rangkaian acara sosialisasi yang dipraktekan oleh Mahasiswa Kukerta Universitas Riau pada saat sosialisasi dilaksanakan.

Nah guys, sudah tahu kan ikan lomek itu dapat memberikan manfaat bagi tubuh bila kita mengonsumsi ikan lomek tersebut.


Sumber : Rilis Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Tahun 2019 di Desa Tameran Kabupaten Bengkalis.