Wajib Coba ! Enam Tips Memulai Bersosialisasi dan Berinteraksi dengan Lingkungan Baru - Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru Wajib Coba ! Enam Tips Memulai Bersosialisasi dan Berinteraksi dengan Lingkungan Baru | Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru

$hide=home

[Artikel Sosiologi]_$type=grid$m=0$rdm=0$show=home$cat=hide$d=hide$count=5$t=hide$s=0

Wajib Coba ! Enam Tips Memulai Bersosialisasi dan Berinteraksi dengan Lingkungan Baru

Berikut ini tips yang bisa membuat sosialisasi dan interaksi kamu berjalan dengan baik di lingkungan baru.


Wajib Coba ! Enam Tips Memulai Bersosialiasasi dan Berinteraksi dengan Lingkungan Baru
Pojokan – Ada beberapa orang yang mengalamai kendala ketika berinteraksi dengan orang yang baru dia kenal. Berikut ini tips yang bisa membuat sosialisasi dan interaksi kamu berjalan dengan baik di lingkungan baru.

Sosialisasi dan Interaksi Sosial. Manusia dimanapun mereka berada tidak akan lepas dari proses sosialisasi dengan manusia, atau dengan lingkungan baru mereka. Menurut Gillin, ada dua syarat agar interaksi sosial itu terjalin, yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi sosial. (Lebih lengkapnya kamu bisa membaca di YukBaca

Pertama, perkenalankan diri anda dengan ciri khas yang berbeda. Misalnya anda menyampaikannya dengan ungkapan yang lucu, tapi tetap berwibawa. Hal ini agar perkenalan anda lakukan tidak garing dan tidak menoton.

Usahakan suara anda juga jelas dan lantang terdengar oleh audiens anda, jangan sampai suara anda kecil yang dapat mengganggu anda. Dan membuat anda jadinya minder mau ngomong.

Kedua, perhatikan sekeliling anda. Dengan memperhatikan lingkungan atau sekeliling anda, dimana ada anda dapat menilai cara komunikasi seperti apa yang diinginkan orang yang ada didekat anda pada saat itu.

Misalnya, saya sering ketika berada di depan umum, saat memulai presentasi atau perkenalan, selalu memperhatikan situasi, pada saat semua orang sibuk dengan aktivitas mereka, dan cenderung meribut sendiri, saya selalu menyempatkan untuk diam sejenak.

Saya tidak akan memulai percakapan jika semua orang yang ada di hadapan saya masih ribut, maka cara saya adalah diam agar semuanya juga akan merasa malu. Dan belajar untuk menghormati orang yang sedang berbicara didepan kita.

Ketiga, penampilan anda juga akan mempengaruhi. Penampilan yang anda kenakan akan mempengaruhi percaya dirinya anda memperkenalkan diri, misalnya saat anda dilingkungan yang formal tentunya penampilan anda juga akan mengikuti bagaimana standar penampilan dalam acara-acara formal.

Dan juga ketika anda berada pada lingkungan yang tidak formal, misalnya saat anda berada di lingkungan masyarakat pendesaaan, tentunya penampilan anda juga akan menyesuaikan, agar orang yang anda ajak untuk berkomunikasi tidak merasa janggung dengan penampilan anda.

Usahakan selalu menyesuaikan diri anda, dengan penampilan yang dimana lokasi anda berada pada saat itu.

Keempat, mulailah untuk mencari topik pembahasan. Biasanya yang sering saya lakukan adalah menawarkan bahasan topik baru yang sejalan dengan orang yang kita ajak berbicara. Misalnya kita ngebahas tentang smartphone terbaru, membahas isu-isu politik, atau membahas hal lainnya.

Usahakan kita tidak diam pada saat memulai sosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain, kalau kamu diam ya sudah pasti orang gak akan tertarik dengan anda. Jadi, usahakanlah untuk mencari topik yang pas untuk dibahas.

Atau kamu juga bisa memancing lawan bicara untuk memulai membahas topik yang dia ingin bahas sama kita, saya kira itu cara yang baik juga untuk memulai langkah komunikasi dengan lawan bicara kita.

Kelima, tunjukan bahwa kamu tertarik saat memulai komunikasi dengan orang lain. Pada saat kita hendak memulai membahas topik pembahasan, usahakanlah kamu untuk selalu tertarik dengan apa yang ingin disampaikan orang lain kepada anda.

Ataupun pada saat anda menyampaikan topik pembahasan untuk memulai berkomunikasi, usahakan anda juga menyampaikannya dengan nada dan gerak tubuh yang menunjukkan ketertarikan anda terhadap topik tersebut.

Misalnya, dari mimik kita bicara, dari pandangan mata kita, dan bahasa gerak tangan kita yang menunjukkan ketertarikan kita pada topik tersebut.

Keenam, seringlah untuk bergaul dan melibatkan diri anda pada kegiatan yang ada dilingkungan anda berada. Kebiasaan anda pada lingkungan baru anda kenal akan menentukan anda pada saat itu juga lho.

Percaya gak percaya, bahwa dimanapun kita berada, berusahalah untuk selalu aktif dan ikut dalam kegiatan sosial dalam lingkungan baru anda.

Misalnya ketika anda baru saja pindah ke rumah baru, tentunya akan ada kegiatan baru juga yang akan anda dapatkan, nah peluangkan lah waktu untuk menghadirinya. Atau pada saat anda sedang dinas atau sedang berada dilingkungan masyarakat desa, anda baru pertama kali datang kesana.

Cara yang anda bisa terapkan adalah dengan hadir dan mengikuti acara-acara yang ada pada desa tersebut, seperti pada saat ada acara doa bersama, pawai atau lomba dalam memperingati hari-hari penting yang ada.

Nah guys, itulah ada enam yang mungkin bisa kamu terapkan untuk memulai berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan baru anda. Semoga berhasil !

Sumber foto : Klik 

COMMENTS

Update Artikel Terbaru | Yuk Berlangganan !

Name

Event Figur jasa Kampus NarasiTalks Politik Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Vlog
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru: Wajib Coba ! Enam Tips Memulai Bersosialisasi dan Berinteraksi dengan Lingkungan Baru
Wajib Coba ! Enam Tips Memulai Bersosialisasi dan Berinteraksi dengan Lingkungan Baru
Berikut ini tips yang bisa membuat sosialisasi dan interaksi kamu berjalan dengan baik di lingkungan baru.
https://1.bp.blogspot.com/-FMa_swyAaqs/XhgvnBlQM9I/AAAAAAAADa0/qttaornNjCQf6f_PvR3bbqOOrlzKcFsNwCLcBGAsYHQ/s1600/Wajib%2BCoba%2BEnam%2BTips%2BMemulai%2BBersosialiasasi%2Bdan%2BBerinteraksi%2Bdengan%2BLingkungan%2BBaru.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-FMa_swyAaqs/XhgvnBlQM9I/AAAAAAAADa0/qttaornNjCQf6f_PvR3bbqOOrlzKcFsNwCLcBGAsYHQ/s72-c/Wajib%2BCoba%2BEnam%2BTips%2BMemulai%2BBersosialiasasi%2Bdan%2BBerinteraksi%2Bdengan%2BLingkungan%2BBaru.jpg
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru
https://www.sosiologi.info/2020/01/wajib-coba-enam-tips-memulai-bersosialisasi-dan-berinteraksi.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2020/01/wajib-coba-enam-tips-memulai-bersosialisasi-dan-berinteraksi.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy