Contoh Tindakan Sosial dan Lima Ciri Pokok Penelitian Sosiologi Menurut Weber
Sosiologi Info  - Max Weber menjadi tokoh penting dalam meletakan dasar paradigma definisi sosial, yaitu tentang tindakan sosial antar hubungan sosial masyarakat. 

Nah, berikut ini sekilas ulasan tentang contoh tindakan sosial dan lima ciri pokok sasaran penelitian sosiologi menurut Max Weber. Yuk baca !

Baca Juga : Pengertian dan Enam Teori dalam Paradigma Definisi Sosial

Sosiologi menurut Weber. Max Weber menjadi tokoh penting dalam peletak dasar paradigma definisi sosial yang mana mengartikan sosiologi sebagai studi tentang tindakan sosial antar hubungan sosial.

Tindakan sosial itu adalah tindakan individu sepanjang tindakannya itu mempunyai makna atau arti subyektif bagi dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain. 

Perlu kita ingat, bahwa tindakan individu yang diarahkan kepada benda mati atau objek fisik semata tanpa dihubungkannya dengan tindakan orang lain bukan merupakan tindakan sosial.

Contoh sederhananya, pernahkah kamu iseng menganggu teman saat mancing di sungai ? Nah, kalau kita melemparkan batu ke arah pancingnya, pasti dia akan bereaksi, karena kita menggangu aktivitas mancing. 

Itulah yang kita sebut sebagai tindakan sosial yang mempunyai makna dan diarahkan kepada tindakan atau reaksi orang lain.

Tapi, kalau kita melempar batu ke sungai tanpa ada makna atau reaksi yang kita tunjukan itu bukan bagian dari tindakan sosial, karena tidak adanya tindakan sosial mempunyai makna.

Menurut Weber, merumuskan sosiologi sebagai ilmu yang berusaha untuk menafsirkan dan memahami (interpretative understanding) tindakan sosial, serta antar hubungan sosial untuk sampai kepada penjelasan kausal.

Pada definisi ini terkandung dua konsep dasarnya, yaitu pertama konsep tindakan sosial, dan kedua konsep tentang penafsiran dan pemahaman. Konsep terakhir tentang metode.

Sekilas kita sudah memahami konsep dasar tindakan sosial dan bagaimana antar hubungan sosial. Menurut Weber menyebutkan ada lima ciri pokok yang menjadi sasaran dalam penelitian sosiologi, yaitu sebagai berikut :

1. Tindakan Manusia, yang menurut si aktor mengandung makna yang subjektif, misalnya berbagai tindakan nyata.

2. Tindakan nyata dan bersifat membatin serta bersifat subjektif.

3. Tindakan yang meliputi  pengaruh positif dari suatu situasi, tindakan yang sengaja diulang serta tindakan yang dalam bentuk persetujuan secara diam-diam.

4. Tindakan itu yang diarahkan kepada seseorang atau kepada beberapa individu.

5. Tindakan itu yang memperhatikan tindakan orang lain dan terarah kepada orang lain.

Tindakan sosial juga mempunyai ciri lain yaitu dari sudut waktu, seperti ada tindakan yang diarahkan pada waktu sekarang, waktu lalu atau waktu yang akan datang. 

Contoh tindakan sosial masyarakat. Tindakan sosial dan antara adanya hubungan sosial, yaitu sebuah reaksi dari aktivitas yang dilakukan dengan mempunyai makna. 

Tindakan sosial nyata yang diarahkan kepada objek mati tidak termasuk dalam tindakan sosial, seperti tabrakan atau kecelakaan dua pengendara sepeda motor, itu tidak termasuk dalam tindakan sosial.

Contoh lainnya yang tindakan nyata tapi tidak termasuk dalam tindakan sosial, yaitu ketika hujan kita sama-sama membuka payung, nah itu tindakan diarahkan kepada hujan, jadi bukan termasuk tindakan sosial yang mempunyai hubungan sosial.

Tindakan sosial nyata yang dilakukan seseorang serta dapat memberikan hubungan sosial antar masyarakat, seperti tindakan sosial untuk beradaptasi dengan lingkungan baru di masyarakat. 

Apa yang harus dilakukan seseorang itu ? Ya seperti datang ketika ada gotong royong, membantu saat ada rewang, maupun tindakan yang mempunyai makna, dan adanya reaksi dari orang lain.

Beberapa contoh tindakan sosial masyarakat yang mempunyai makna dan hubungan sosial antar masyarakat, yaitu :

-Pelaksanaan ibadah atau sembahyang yang ada pada setiap umat pemeluk agama

-Pelaksanaan ngaben pada masyarakat Hindu 

-Pelaksanaan pembacaan yasin oleh umat Islam 

-Pelaksanaan protokol kesehatan disaat pandemi Covid-19 untuk dapat memutus penularan virus

-Membantu atau menolong orang saat dijalan sedang habis minyak atau bocor ban

-Melakukan ronda malam dilingungan perumahan sebagai antisipasi adanya maling

-dan contoh lainnya.

Baca Juga : Contoh Tindakan Sosial Rasionalitas Max Weber

Nah, itulah beberapa contoh tindakan sosial yang mempunyai hubungan sosial antar orang lain yang dapat menimbulkan reaksi atau adanya makna setiap tindakan tersebut. Kamu bisa kembangkan secara mandiri contoh-contoh tindakan sosial terbaru ya !

Sumber referensi bacaan : 

1. Buku Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda oleh George Ritzer

Sumber foto :

1. https://seeklogo.com/vector-logo/337315/mancing