Terbaru Lagi Hits, Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan Lokasinya ! - Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru Terbaru Lagi Hits, Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan Lokasinya ! | Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru

$hide=home

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

Terbaru Lagi Hits, Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan Lokasinya !

Daftar tempat atau objek wisata alam yang bakalan populer, hits, rekomended, bagus, dan terbaru di Sumatera Barat, beserta penjelasan dan lokasinya !

Sosiologi Info -  Wisata Alam yang Indah Ada di Sumatera Barat, Indonesia. Hai para traveller,

Sosiologi Info - Hai para traveller nusantara, sudah tahu belum tempat atau objek wisata alam yang bakalan populer, hits, rekomended, bagus, dan terbaru di Indonesia ? 

Nah tempat atau objek wisata alam  ini bisa menjadi alternatif liburan untuk mahasiswa, pelajar, anak-anak, dan liburan bersama keluarga, sahabat, pacar.  

Nah berikut ini empat tempat wisata alam di Nagari Kamang Mudiak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Yuk Simak guys penjelasan dan lokasinya !

Wisata Alam yang Indah Ada di Sumatera Barat, Indonesia. Hai para traveller Indonesia, mau cari tempat atau objek wisata yang bernuansa alam.

Nih kami berikan yang bakalan jadi tempat wisata populer, hits, pokoknya rekomended, bagus untuk foto-foto, serta menjadi tujuan wisata alam terbaru.

Teruntuk para traveller yang sedang berada di Sumatera Barat, ada baiknya untuk mencoba wisata alam terbaru ini. Jangan takut, karena kami sudah berikan penjelasan dan lokasinya. Yuk cek berikut ini daftar tempat wisata alam !

Ini Daftar Tempat Objek Wisata Bernuansa Alam. Baiklah, mari kita ulas objek wisata yang ada di Kenagarian Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam Provinsi Sumatra Barat, yaitu sebagai berikut : 

Nah, kira-kira seperti gambar di atas ya pemandangan Danau Tarusan jika airnya mulai surut. Hamparan padang rumput yang kelihatan tersebut dijadikan sebagai tempat menggembalakan ternak. Danau Tarusan ini terbilang unik karena suatu waktu danau ini dapat dipenuhi air dan di lain waktu dapat surut dan dijadikan oleh masyarakat sekitar untuk menggembalakan ternak jika berubah menjadi hamparan padang rumput.  Dari beberapa pendapat peneliti dan warga sekitar Danau Tarusan ini terjadi karena adanya beberapa gejala alam seperti adanya sungai bawah tanah yang menyebabkan air dapat datang dan seketika menghilang.  Terkadang pada saat musim kemarau danau ini akan dipenuhi air dan saat musim hujan terkadang air danau tersebut surut.  Sebenarnya pesona Tarusan ini terbilang aneh juga untuk sebuah danau, tetapi karena sudah banyak dikenal orang dengan sebutan Danau Tarusan hingga penyembutan tersebut sudah terkenal khusunya para pelancong dari luar daerah.  Nah bagaimana dengan pesona Danau Tarusan tadi ? Bagus kan. Eits, tunggu dulu kita beralih kepada objek wisata yang ke dua yakni  Ngalau Tarang (oa terang).

Pertama, Tempat Objek Wisata Alam Pesona Danau Tarusan. Danau Tarusan merupakan salah satu wisata yang unik yang terdapat di Kenagarian Kamang Mudiak. 

Lokasinya berada di antara Jorong Babukik dan Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. 

Untuk akses menuju tempat ini juga tidaklah sulit. Daerah ini berjarak sekitar 15 km dari Kota Bukittinggi. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pesona persawahan sehingga tidak akan membuat bosan selama perjalanan menuju tempat ini. 

Sosiologi Info -  Wisata Alam yang Indah Ada di Sumatera Barat, Indonesia. Hai para traveller,

Untuk biaya masuk juga cukup murah karena uang masuknya hanya memberikan seikhlasnya pada kotak yang disediakan pada saat masuk daerah tersebut. 

Selain itu, fasilitas yang terdapat di Danau Tarusan seperti rakit yang dijadikan untuk sarana penyebrangan untuk melihat keindahan dari Danau Tarusan tersebut. 

Jangan khawatir, di sini sudah ada pedagang kecil-kecilan yang berjualan di dekat Danau Tarusan sehingga kita tidak perlu membawa makanan dari luar untuk dinikmati saat berkelana di Danau Tarusan. 

Pesona Danau Tarusan akan lebih indah untuk di pandang  jika sebelum matahari tenggelam karena siluet yang tampak akan terlihat indah, atau kalau anak zaman sekarang menyebutnya terlihat aesthetic.

Terbaru Lagi Hits, Ini Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan dan Lokasinya !

Nah, kira-kira seperti gambar di atas ya pemandangan Danau Tarusan jika airnya mulai surut. Hamparan padang rumput yang kelihatan tersebut dijadikan sebagai tempat menggembalakan ternak.

Danau Tarusan ini terbilang unik karena suatu waktu danau ini dapat dipenuhi air dan di lain waktu dapat surut dan dijadikan oleh masyarakat sekitar untuk menggembalakan ternak jika berubah menjadi hamparan padang rumput. 

Dari beberapa pendapat peneliti dan warga sekitar Danau Tarusan ini terjadi karena adanya beberapa gejala alam seperti adanya sungai bawah tanah yang menyebabkan air dapat datang dan seketika menghilang. 

Terkadang pada saat musim kemarau danau ini akan dipenuhi air dan saat musim hujan terkadang air danau tersebut surut. 

Sebenarnya pesona Tarusan ini terbilang aneh juga untuk sebuah danau, tetapi karena sudah banyak dikenal orang dengan sebutan Danau Tarusan hingga penyembutan tersebut sudah terkenal khusunya para pelancong dari luar daerah. 

Nah bagaimana dengan pesona Danau Tarusan tadi ? Bagus kan. Eits, tunggu dulu kita beralih kepada objek wisata yang ke dua yakni  Ngalau Tarang (oa terang). 

Terbaru Lagi Hits, Ini Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan dan Lokasinya !

Kedua, Tempat Objek Wisata Alam Ngalau Tarang (Goa Terang). Ngalau Tarang merupakan salah satu objek wisata yang berlokasi di  Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. 

Oh ya, lokasi ini juga tidak jauh dari Danau Tarusan tadi dan sebelum ke Danau Tarusan sebaiknya mampir dulu deh ke Ngalau Tarang. 

Untuk mengakses ke lokasi wisata ini yang paling bagus menggunakan kendaraan roda dua. Sebab untuk mencapai ke sana akan melewati persawahan dan tidak cukup untuk menggunakan kendaraan roda empat. 

Terbaru Lagi Hits, Ini Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan dan Lokasinya !

Tetapi jangan khawatir, pengguna kendaraan roda empat bisa berjalan kaki dari tempat pemberhentian karena jaraknya kurang lebih 100 meter dan selama perjalanan ke sana kita disuguhkan dengan hamparan sawah. 

Sebaiknya sih jalan kaki saja karena dengan berjalan kaki kita bisa merasakan keindahan tempatnya. Untuk biaya masuk juga tidak dipungut biaya. 

Sekadar informasi nih kalau di sana tidak ada yang berjualan jadi sebaiknya membawa makanan dari luar deh biar nanti kalau kelaparan di tengah perjalanan tidak bolak-balik keluar dari tempat tersebut. 

Terbaru Lagi Hits, Ini Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan dan Lokasinya !

Nah ini adalah sungai kecil yang kita jumpai pada saat memasuki goa. Sungai aliran kecil ini  dapat dijadikan spot berfoto juga loh !

Saat memasuki goa tersebut kita akan disuguhkan dengan keindahan stalaktit dan stlakmit yang terbentuk dari rembesan air yang ada di dinding goa. 

Tempat ini sangat asri karena berada di lingkungan persawahan. Saat berada di dalam goa tersebut kita akan merasakan hawa dingin dan tidak terlalu gelap jika mencapai ke dalam goanya. Jadi tunggu apalagi, gaskeunnn ke Ngalau Tarang.

Terbaru Lagi Hits, Ini Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan dan Lokasinya !

Ketiga, Tempat Objek Wisata Alam Ngalau Kalam. Yaps, ini adalah objek wisata ke tiga yakni Ngalau Kalam, seperti namanya Ngalau Kalam karena goa tersebut sangat gelap dan dibutuhkan penerangan untuk memasuki ke dalam. 

Ngalau Kalam (goa gelap) adalah salah satu objek wisata yang sangat potensial di Kenagarian Kamang Mudiak. Ngalau Kalam berlokasi di Jorong Durian, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. 

Untuk mencapai lokasi ini dari pusat Kota Bukittinggi sekitar kurang lebih 15 KM dengan menggunakan kendaran roda dua atau empat. 

Untuk biaya masuk juga tidak dipungut biaya loh. Nah, sesuai dengan namanya Ngalau Kalam ( goa gelap ) ini di dalamnya sangat dingin dan tentunya gelap. 

Untuk memasuki ke dalam goa kita sebaiknya membekali perjalanan dengan menggunakan lampu atau penerangan lainnya. Dan yang tidak kalah penting lebih baik masuk dengan bantuan warga sekitar untuk menjadi guide  saat menjelajahi Ngalau Kalam tersebut. 

Oh ya, di sana juga tidak ada yang berjualan. Coba dipikir aja deh, masuk goa gelap membawa makanan kan juga tidak lucu ya, tapi membawa minuman diutamakan sih karena di dalam agak jauh dan dingin.

Pemandangan yang disuguhkan ketika kita masuk adalah stalaktit dan stalakmit yang masih asri. Nah, di dalamnya kita harus hati-hati karena rembesan air yang jatuh membuat tanah menjadi licin. 

Terbaru Lagi Hits, Ini Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan dan Lokasinya !

Di dalam goa ini juga terdapat patung-patung dari para pahlawan seperti Tuanku Imam Bonjol, Tuanku Nan Renceh, dan para pahlawan lainnya. 

Saat kami mahasiswa KKN berkunjung kemarin kami di bantu oleh warga sekitar untuk memasuki goa tersebut. 

Bagi penulis sendiri selama 20 tahun menjadi masyarakat Kamang Mudiak baru kali ini menginjakkan kaki di Ngalau Kalam tersebut. Rasa penasaran selama ini terbayar tuntas dengan pesona keindahan dari goa tersebut.

Terbaru Lagi Hits, Ini Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan dan Lokasinya !

Keempat, Tempat Objek Wisata Alam Panorama Lengkok. Nah bagaimana ? Apakah tertarik untuk mengunjungi Ngalau Kalam? Let’s go..

Tunggu dulu, masih ada satu objek wisata lagi yang harus dikunjungi yakni Panorama Lengkok.

Panorama Lengkok merupakan destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Panorama lengkok merupakan hamparan sawah yang terletak di Kapecong, Nagari Kamang Mudiak, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. 

Jarak lokasi ini dari pusat Kota Bukittinggi yakni kurang lebih 15 KM. Oh ya objek wisata yang penulis jabarkan sedari awal tadi letaknya berdekatan loh, dan tidak terlalu jauh ya. 

Jadi, kita bisa langsung sekali jalan untuk mengunjungi tempat tersebut. Mengenai Panorama Lengkok merupakan hal yang sangat menyenangkan. 

Hamparan sawah yang sangat menakjubkan membuat kita nyaman untuk memandang area tersebut. Tidak ada yang mengganggu, semuanya sangat alami. 

Titik ternyaman kita untuk memandang adalah di tikungan pinggir jalan yang sedikit lebih tinggi, karena dari tikungan tersebut kita bisa memandang persawahan tanpa ada halangan sedikitpun. 

Terbaru Lagi Hits, Ini Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan dan Lokasinya !

Baru-baru ini di atas bukit kecil yang terdapat tikungan tersebut ada tempat untuk kita duduk dan menikmati minuman. Sehingga, saat memandang hamparan panorama lengkok kita akan merasakan sensasinya. 

Panorama Lengkok ini akan lebih indah jika persawahan masih hijau dan dua gunung yakni Marapi dan Singgalang dalam posisi yang tidak terhalangi oleh awan. Sehingga membuat foto kita menjadi lebih bagus jika di potret dalam keadaan seperti itu.

Nah, itulah objek wisata potensial di Kenagarian Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam Provinsi Sumatra Barat. 

Tidak etis rasanya kalau berkunjung ke Kota Bukittinggi tidak mampir ke Nagari Kamang Mudiak. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi wisata yang ada di Nagari Kamang Mudiak. 

Nah, itulah guys daftar tempat objek wisata alam yang ada di Sumatera Barat, Indonesia, yang bakalan menjadi tempat yang populer, bakal hits, jadi tempat rekomended, dan terbaru.

Penulis Artikel : 

Mahasiswa Sosiologi, Suci Kurnia Putri

Gadis kelahiran Bukittinggi 07 November 1999. Menempuh perjalanan sebagai Mahasiswi S1 Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Padang. 

Mempunyai hobi membaca dan menulis. Buku pertamanya adalah Terlintas, Terasa, dan Tertulis (2020) yang berisi tentang kepribadian.

Follow Instagram @sucikurniaputrii_ dan @ciman07

Sumber-Sumber Foto : Suci Kurnia Putri

COMMENTS

 

Name

Event Figur jasa Kampus Loker NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru: Terbaru Lagi Hits, Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan Lokasinya !
Terbaru Lagi Hits, Daftar Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat, Berikut Penjelasan Lokasinya !
Daftar tempat atau objek wisata alam yang bakalan populer, hits, rekomended, bagus, dan terbaru di Sumatera Barat, beserta penjelasan dan lokasinya !
https://1.bp.blogspot.com/-tBHu8AXdaQs/YDm2p6gLT2I/AAAAAAAAElw/qcv7ZFO443U64Vxzy8mjaZW9-Rznbw_YgCLcBGAsYHQ/s16000/Terbaru%2BLagi%2BHits%2BIni%2BDaftar%2BTempat%2BWisata%2BAlam%2Bdi%2BSumatera%2BBarat%2BBerikut%2BPenjelasan%2Bdan%2BLokasinya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tBHu8AXdaQs/YDm2p6gLT2I/AAAAAAAAElw/qcv7ZFO443U64Vxzy8mjaZW9-Rznbw_YgCLcBGAsYHQ/s72-c/Terbaru%2BLagi%2BHits%2BIni%2BDaftar%2BTempat%2BWisata%2BAlam%2Bdi%2BSumatera%2BBarat%2BBerikut%2BPenjelasan%2Bdan%2BLokasinya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru
https://www.sosiologi.info/2021/02/daftar-tempat-wisata-alam-sumatera-barat-terbaru-lagi-hits-penjelasan-lokasinya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/02/daftar-tempat-wisata-alam-sumatera-barat-terbaru-lagi-hits-penjelasan-lokasinya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy