-->

9+ Contoh Fenomena Sosial yang Sesuai Bidang Kajian Sosiologi, Terbaru !

Apa saja contoh fenomena sosial kemasyarakatan yang sesuai dengan bidang kajian sosiologi ? Nah berikut ini contoh-contohnya, terbaru ! Yuk simak guys
9+ Contoh Fenomena Sosial yang Sesuai Bidang Kajian Sosiologi, Terbaru !

Sosiologi Info - Apa saja contoh fenomena sosial kemasyarakatan yang sesuai dengan bidang kajian sosiologi ? Nah berikut ini contoh-contohnya, terbaru ! Yuk simak guys.

Sosiologi cakupan kajian yang sangat luas. Sosiologi memiliki ruang lingkung kajian yang sangat luas. Inti dari kajian sosiologis adalah manusia sebagai mahluk hidup dan mahluk sosial yang melakukan kontak dan komunikasi sosial. 

Sosiologi sebagai disiplin ilmu sosial yang mempelajari masyarakat, mulai dari perilaku, tindakan sosialnya, serta mempelajari manusia dari berbagai hal sosialnya dalam masyarakat. 

Baik pada masyarakat desa, kota, dan kelompok masyarakat yang memang menjadi objek kajian sosiologi. Sosiologi sebagai disiplin ilmu yang mengkaji masyarakat, 

Baca selengkapnya disini : Memahami Objek Kajian dalam Sosiologi

Sosiologi sebagai ilmu murni dan terapan. Sosiologi dapat diterapkan dalam masyarakat untuk mengkaji fenomena sosial sehingga dapat memberikan solusi atas permasalahan fenomena sosial tersebut. Nah berikut ini sosiologi dapat diterapkan sebagai :

Ilmu Murni. Sosiologi sebagai ilmu murni berusaha untuk mencari bagaimana pengetahuan tentang sebuah fenomena sosial tersebut. Seperti, permasalahan konflik lahan, bentrok warga di daerah penambangan. 

Nah, disini sosiologi sebagai disiplin ilmu murni berusaha untuk mencari mengapa konflik tersebut terjadinya, dampaknya apa saja baik dampak positif dan negatif, serta bagaimana intensitas dan kuantitasnya. 

Ilmu Terapan. Sosiologi sebagai ilmu terapan dapat memberikan bantuan manusia dalam memecehkan permasalahan, seperti contoh diatas yaitu mengatasi dan memeceahkan permasalahan konflik lahan, bentrok warga di daerah penambangan. 

Disinilah sosiologi sebagai ilmu terapan mencoba untuk menghadapi dan memberika solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. 

Dengan demikian, sosiologi akan mencoba untuk menemukan ramuan serta langkah-langkah yang bisa diambil untuk melakukan pencegahan. 

Nah disinilah sosiologi disebut sebagai ilmu terapan, karena ditunjuk untuk menemukan langkah-langkah praktis yang bisa digunakan untuk menyelesaikan konflik tersebut. 

Dengan demikian, sosiologi sebagai ilmu murni dan terapan dimana keduanya memberikan dan saling mempengaruhi. Dimana suatu praktik/penerapan yang tidak bisa berjalan secara maksimal apabila tidak dibarengi serta didasari oleh pengetahuan yang memadai (ilmu murni). 

Lalu apa saja contoh-contoh fenomena sosial kemasyarakat yang bisa sesuai dengan bidang kajian sosiologis terkini. Yuk simak contoh-contoh berikut ini.

Contoh Fenomena Sosial yang Paling Sesuai dengan Bidang Kajian Sosiologi. Fenomena sosial kemasyarakatan pastinya tidak akan pernah habis selama masyarakat ada. 

Masyarakat adalah bagian terpenting dari kajian-kajian sosiologis yang semakin berkembang memberikan pengaruh begitu luas dalam semua lini kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan lainnya. 

Lalu, apa saja contoh fenemona sosial yang bisa teman-teman kaji dengan menggunakan kajian sosiologis ? Berikut ini beberapa contohnya.

- Fenomena sosial larangan mudik saat lebaran di masa pandemi virus corona
- Fenomena sosial pelaksanaan ibadah disaat pandemi virus corona
- Fenomena sosial pelaksanaan sepakbola piala menpora di masa pandami covid-19
- Fenomena sosial masyarakat melaksanakan protokol kesehatan covid-19 dalam kehidupan sehari-harinya
- Fenomena sosial pamer kemewahan oleh para artis yang bisa kamu kaji dengan pendekatan sosiologis
- Fenomena sosial belajar online di masa pandemi covid-19 untuk pelajar, mahasiswa
- Fenomena sosial ibadah puasa yang mengalami perubahan karena adanya pandemi covid-19
- Fenomena sosial kepariwisataan lokal maupun nasional yang ada di daerah kamu masing-masing.
- Fenomena sosial pelaksanaan menyantap makanan di tempat makan yang pastinya akan berbeda disituasi saat pandemi covid-19
- Fenomena sosial masyarakat yang mulai melakukan penghematan belanja yang penting-penting saja
- dan contoh fenomena sosial lainnya yang berada di lingkungan sekitar kamu, silahkan diamati pasti ada hal yang menarik dan unik yang bisa diangkat.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !