-->

Terbaru, Ini Perpustakaan Online untuk Mahasiswa, Cek Disini Aja

Mahasiswa saat ini belajar tidak hanya terpaku pada referensi buku saja. Ada banyak alternatif untuk menambah referensi perpustakaan online.
Terbaru, Ini Perpustakaan Online untuk Mahasiswa, Belajar Jadi Lebih Mudah, Cek Disini Aja

Sosiologi Info - Mahasiswa saat ini belajar tidak hanya terpaku pada referensi buku saja. Ada banyak alternatif untuk menambah referensi perpustakaan online yang ada di era kemajuan teknologi digital saat sekarang. 

Lalu, apa saja perpustakaan online yang bisa kita jadikan rujukan atau tambahan referensi untuk membuat tugas, makalah, maupun referensi tambahan ?

Nah berikut ini daftar perpustakaan online yang bisa rekan-rekan mahasiswa akses secara gratis, yuk simak dibawah ini !

Perpustakaan Online Buat Mahasiswa Belajar Jadi Lebih Mudah. Kemajuan teknologi dan digitalisasi saat ini membuat kemudahan dalam mengakses, membaca informasi yang ada. Bahkan membaca buku pun sekarang bisa lebih muda yaitu hanya dengan mengakses perpustakaan online.

Lalu bagaimana mengakses perpustakaan online dan apa saja jenis-jenis perpustakaan online yang bisa di baca oleh mahasiswa, berikut informasinya. 

Ini Perpustakaan Online yang Lengkap dan Rekomended Buat Mahasiswa. Menurut saya ada beberapa perpustakaan online yang bisa kamu jadikan untuk mencari tambahan referensi buku bacaan untuk tugas kuliah maupun skripsi. 

Berikut dibawah ini ada beberapa perpustakaan online yaitu : 

Terbaru, Ini Perpustakaan Online untuk Mahasiswa, Belajar Jadi Lebih Mudah, Cek Disini Aja

1. Perpustakaan Online Raksasa Dunia Milik Google | https://scholar.google.co.id

Perpustakaan online yang bisa rekan-rekan mahasiswa akses secara gratis yaitu Google Cendekia atau dalam Bahasa Inggrisnya Google Scholar. Apa sih Google Cendekia ?

Nah ini adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. 

Google Cendekia ini diluncurkan pada tahun 2004, dimana indeks Google Cendekia mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah. 

Dulu waktu masih kuliah paling sering berselancar menggunakan Google Cendekia ini sebagai tambahan referensi untuk di tugas kuliah, maupun referensi untuk buat skripsi. 

Lebih mudah dan hemat saja, karena cukup dengan berselancar menggunakan smartphone, kita sudah bisa mendapatkan bacaan buku online yang cepat dan fleksibel di era kemajuan teknologi digital saat ini. 

Adapun fitur-fitur yang ada pada Google Cendekia yaitu 

- Cari ada berbagai sumber yang dari satu tempat praktis

- Temukan ada makalah, abstrak, dan kutipan

- Telusuri mahalah lengkap melalui perpustakaan dan web

- Pelajari makalah yang penting dalam bidang penelitian apapun

Terbaru, Ini Perpustakaan Online untuk Mahasiswa, Belajar Jadi Lebih Mudah, Cek Disini Aja

2. Perpustakaan Online yang Ada di Masing-Masing Universitas

Perguruan tinggi negeri maupun swasta juga mempunyai perpustakaan online atau digital yang bisa kamu manfaatkan sebagai tambahan referensi untuk mencari bacaan informasi. 

Misalnya dibawah ini, ada perpustakaan online di kampus yang bisa kamu manfaatkan, yaitu :

-Perpustakaan Online Universitas Indonesia : http://repository.ui.ac.id

-Perpustakaan Online Universitas Pendidikan Indonesia : http://repository.upi.edu

Terbaru, Ini Perpustakaan Online untuk Mahasiswa, Belajar Jadi Lebih Mudah, Cek Disini Aja

Nah, untuk lebih lengkap mengakses perpustakaan online, kamu bisa mengakses langsung ke halaman website masing-masing universitas atau perguruan tinggi yang ada. 

3. Perpustakaan Online Garba Rujukan Digital (Garuda) | https://garuda.ristekbrin.go.id

Garuda sampai saat ini seperti dikutip pada, Rabu, 07 April 2021, sudah menyediakan artikel sebanyak 1.324.574 artikel, jumlah publishers mencapai 2.188, ada jurnal sebanyak 11.829, ada juga 160 materi conferences, dan ada 40 subjek pembahasan yang bisa kamu telusuri. 

Terbaru, Ini Perpustakaan Online untuk Mahasiswa, Belajar Jadi Lebih Mudah, Cek Disini Aja

Nah, kamu dimanjakan dengan mengakses berbagai informasi secara gratis di perpustakaan online yang diberikan oleh Garuda. 

4. Perpustakaan Online Nasional Republik Indonesia | https://e-resources.perpusnas.go.id

Enak banget, perpustakaan online nasional punya Indonesia ini, mahasiswa dapat dengan mudah mengunduh materi yang ada, tanpa harus membayar. Namun, sebelum itu harus mendaftar secara online dulu yah rekan-rekan mahasiswa. 

Nah, ini bisa menjadi rujukan perpustakaan online untuk menambah referensi bacaan. Selamat mencoba guys !

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !