Terbaru, Daftar Akreditasi Institusi 5+ Universitas Negeri Terbaik di Pulau Bali dan Nusa Tenggara
Sosiologi Info - Mau kuliah di Bali atau di Nusa Tenggara ?  Ada baiknya cek dulu ya akreditasi institusi atau universitasnya. 

Lalu siapa sih yang mengeluarkan akreditasi tersebut, nah ada namanya Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi biasa disingkat BAN PT. 

Terus, di Bali dan Nusa Tenggara ada berapa universitas negeri ya ? Setidaknya ada enam yang bisa menjadi rekomendasi pilihan untuk kamu kuliah. Berikut ulasannya !

Mau daftar kuliah dimana guys ? Hai pelajar yang ada di Bali dan Nusa  Tenggara, kamu pasti lagi cari referensi buat menentukan pilihan mau kuliah dimana, ya kan. 

Nah kalau gitu khusus buat pelajar SMA yang baru saja tamat sekolah, kamu bisa coba daftar di kampus dengan memiliki akreditasi universitas dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT). 

Eits...sebelumnya, sudah pada tahu gak, apa saja kampus atau universitas negeri yang ada di Bali dan Nusa Tenggara ? 

Setidaknya ada enam perguruan tinggi negeri (PTN) yang bisa kamu coba daftar, baik melalui pendaftaran jalur SNMPTN maupun SBMPTN, serta jalur resmi lainnya dari masing-masing universitas.

Mulai dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar (Bali), Universitas Pendidikan Ganesha (Bali), Universitas Udayana (Bali), Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), Universitas Nusa Cendana Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Universitas Timor (NTT).

Lalu, bagaimana akreditasi universitasnya dari keenam perguruan tinggi negeri (PTN) diatas ? Mau tahu, yuk baca terus ya guys.

Ini rekomendasi perguruan tinggi negeri (PTN) dengan akreditasi institusi universitas terbaru di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, kamu pilih kuliah dimana ?

Kenapa akreditas institusi atau universitas perlu kamu ketahui, ya sebagian perusahaan maupun tempat kerja, atau untuk test biasanya syarat administrasinya melampirkan akreditasi universitas.

Nah, oleh karena itu, penting untuk kita ketahui bagaimana akreditasu universitas yang akan kita pilih, apakah sudah mendapat predikat A, B, C atau akreditasi terbaru ada unggul, baik, baik sekali.

Akreditasi universitas ini biasanya dikeluarkan langsung oleh BAN PT yang resmi. Badan inilah yang melakukan dan memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk memberikan akreditasi. 

Tujuannya yaitu sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta memberikan dan menyebarluaskan paradigma baru dalam pengelolaan pendidikan tinggi. 

Meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi yang ada di setiap daerah di Indonesia, seperi di daerau Bali dan Nusa Tenggara. 

Setidaknya ada enam PTN atau universitas negeri yang bisa menjadi pilihan tujuan kuliah kamu bagi pelajar yang telah tamat SMA. Apa saja pilihan kampus terbaik yang ada di daerah kalian. Berikut ini daftarnya :

1. Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar (Bali)

Akreditasi A | No SK : 3/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2018 | Berlaku sampai 03 Januari 2023

2. Universitas Pendidikan Ganesha (Bali)

Akreditasi A | No SK : 26/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2019 | Berlaku sampai 20 Februari 2024

3. Universitas Udayana (Bali)

Akreditasi A | No SK : 2999/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 | Berlaku sampai 20 Desember 2021

4. Universitas Mataram (NTB)

 Akreditasi B | No SK : 299/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2018 | Berlaku sampai 22 November 2023

5. Universitas Nusa Cendana (NTT)

Akreditasi B | No SK : 38/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2018 | Berlaku sampai 13 Maret 2023

6. Universitas Timor (NTT)

Akreditasi Baik | No SK : 1057/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2020| Berlaku sampai 08 Desember 2025

Nah itulah daftar universitas negeri rekomendasi buat kamu yang sedang mencari akreditasi institusinya ya guys. Keenam universitas diatas bisa menjadi kampus terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat !

Sumber referensi :

www.banpt.or.id

Sumber foto :

www.isi-dps.ac.id