-->

8 Tips Belajar Online yang Menyenangkan Versi Mahasiswa UIN Jakarta, Coba Yuk

Nah coba ini ada 8 tips belajar online yang menyenangkan versi Mahasiswa UIN Jakarta. Simak yuk.
8 Tips Belajar Online yang Menyenangkan Versi Mahasiswa UIN Jakarta, Coba Yuk

Sosiologi Info - Belajar online atau daring menjadi pilihan sebagian pelajar/mahasiswa saat ini di masa pandemi virus Covid-19. 

Lalu bagaimana cara agar belajar atau kuliah onlinenya menyenangkan ? Nah coba ini ada 8 tips belajar online yang menyenangkan versi Mahasiswa UIN Jakarta. Simak yuk.

Tips Belajar Online yang Menyenangkan, Harus Kah ?

Masa pandemi Covid-19 membuat kita mesti mulai beradaptasi dengan baik, salah satunya dengan belajar online atau kuliah online yang jarang kita lakukan. 

Hampir satu tahun belajar daring menjadi pilihan di dunia pendidikan di Indonesia dan dunia pada masa pandemi Covid-19. 

Belajar online yang menyenangkan pun harus kamu lakukan agar dapat bisa konsentrasi dan fokus mendengarkan materi yang disampaikan.

Lalu bagaimana caranya agar belajar online menjadi menyenangkan untuk dilakukan, ada 8 tips yang bisa kamu lakukan. Silahkan dicoba jika cocok, lest check it out !

Berikut ini delapan tips belajar online atau daring yang menyenangkan versi mahasiswa UIN Jakarta, apa saja ? Yuk simak guys. 

Pertama, Jangan Lupa Mandi Dulu Sebelum Belajar Online/Kelas Online

Pelajar atau mahasiswa yang sering belajar online di jam-jam atau kelas pagi pastinya malas banget untuk mandi.

Biasanya mahasiswa/mahasiswi atau pelajar yang ada kelas pagi sukar dan enggan untuk melakukan ritual pagi tersebut. 

Hal ini juga dialami langsung oleh penulis. Jika mepet sekali maka ritual/mandi tersebut tidak dilakukan. 

Akan tetapi, sebenarnya mandi pagi itu, membuat diri kita segar, entah fisik atau jiwa, jadi lebih bersemangat dalam belajar online atau kuliah online.

Dengan mandi pagi kamu bisa membuat belajar online yang menyenangkan dilakukan saat di masa pandemi ini. 

Kedua, Cari Tempat dan Suasana yang Nyaman untuk Belajar Online

Belajar online yang menyenangkan adalah kamu bisa mulai dengan tempat dengan suasana yang nyaman. 

Dengan adanyanya tempat dan ruangan belajar atau kuliah online akan membuat kenyamanan serta membuat kita lebih konsentrasi dan fokus untuk belajar daring. 

Misalnya di kamar, atau ruang belajar khusus yang kamu sulap sendiri di rumah, atau tempat-tempat disekitar rumah yang bisa kamu jadikan tempat untuk belajar online. 

Ketiga, Jauhkan dari Benda yang Tidak Membuat Fokus

Kamu harus sadar bahwa ada hindari untuk menempatkan benda-benda yang dapat membuat kamu tidak nyaman saat belajar online atau kuliah online. 

Misalnya hp atau smartphone yang sering kamu pakai. Menurut penulis, ponsel sangat mengganggu sekali dalam proses belajar-mengajar.

Akan tetapi jika kita jauh dari ponsel takut ketinggalan informasi-informasi yang ada atau bahkan malah scroll wa, tiktok, dan instagram, yang membuat titik fokus hilang. 

Jujur, penulis pun masih belum bisa menerapkan ini, terkadang ingin sekali menjauhkan ponsel tersebut, tapi belum bisa.

Keempat, Pastikan Jaringan Internet Bagus

Saat belajar online kamu mesti mempersiapkan paket internet, wifi di rumah maupun jaringan agar aktivitas belajar tidak terganggu. 

Kelima, Siapkan Cemilan Ringan dan Minuman Favorit Kamu

Tips belajar online yang menyenangkan dengan kamu mempersiapkan cemilan ringan dan minuman favorit. 

Dengan adanya cemilan dan minuman kamu bisa lebih mood dalam belajar online atau kuliah online, sambil nyemil kan asyik juga ya. Silahkan dicoba guys. 

Keenam, Pastikan Cahaya Ruangan Bagus

Sudah hampir satu tahun lebih kita belajar secara online. Sudah pastinya kamu memperhatikan bagaimana pentingnya pencahaya saat belajar daring. 

Pengaturan cahaya saat diruangan tempat kamu belajar pun harus diperhatikan dengan seksama. Atur dengan bagus kondisi cahaya agar kamu terlihat cantik, ganteng dan fresh saat belajar daring berlangsung. 

Ketujuh, Sediakan Perlangkapan yang Dibutuhkan

Belajar online juga kamu mesti memperhatikan bagaimana perlengkapan yang mendukung saat kamu mendengarkan materi atau untuk mencatat hal-hal penting. 

Perlengkapnya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan ya. Misalnya kertas kosong untuk mencatat, dan perlengkap yang penting lainnya.

Kedelapan, Usahakan Kamu Berkunjung ke Perpustakaan Online

Tidak hanya ketujuh tips diatas yang bisa kamu lakukan. Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan mengunjungi perpustakaan online yang ada. 

Maupun kunjungan langsung ke perpustakaan yang ada disekitar kamu. Kalau saya sih bisa sesekali berkunjunglah ke Perpustakaan Indonesia.

Agar mendapatkan referensi suasana, karena yang orang-orang yang berkunjung kesana pun, ingin mendapatkan healing dirinya sendiri.

Maka dianjurkan sekali unutk kesana, selain untuk mencari referensi bacaan, tapi referensi suasanan pun, dibutuhkan.

Nah itulah delapan tips belajar online yang menyenangkan versi mahasiswa UIN Jakarta yang bisa kamu coba ya guys. Jika ada tambahan silahkan komentar dibawah. 

Penulis : Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta| Sosiologi | Cut Aliffia Febriza

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !