Ada 6 Jenis Metode Penelitian Kuantitatif, Apa Saja ? Berikut Penjelasannya - Referensi Artikel Sosiologi Ada 6 Jenis Metode Penelitian Kuantitatif, Apa Saja ? Berikut Penjelasannya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

Ada 6 Jenis Metode Penelitian Kuantitatif, Apa Saja ? Berikut Penjelasannya

Apa saja ya jenis-jenis metode penelitian kuantitatif ? Nah ternyata ada enam jenis lo metode yang bisa kamu coba dan sesuaikan dengan kajian kamu ya

Ada 6 Jenis Metode Penelitian Kuantitatif, Apa Saja ? Berikut Penjelasannya

Sosiologi Info - Apa saja ya jenis-jenis metode penelitian kuantitatif ? Nah ternyata ada enam jenis lo metode yang bisa kamu coba dan sesuaikan dengan kajian kamu ya guys. Selamat mencoba.

Metode Penelitian Itu Tujuan untuk Apa Sih ?

Metode penelitian merupakan cara alamiah untuk memperoleh data dengan kegunaan dan tujuan tertentu. Dengan demikian, setiap penelitian yang dilakukan itu memiliki keguanaan dan tujuan serta manfaat. 

Biasanya tujuan dari adanya penelitian yaitu ada tiga macam, pertama bersifat penemuan, pembuktian, dan pengembangan. 

Nah itulah sekilas yang bisa kita pahami mengenai metode penelitian. Metode penelitian itu ada jenis, pertama ada metode penelitian kuantitatif dan kedua ada metode penelitian kualitatif. 

Bagaimana pengertian dan penjelasan dari metode penelitian kuantitatif dan kualitatif ? Baca selengkapnya disini : Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Enam Jenis Metode Penelitian Kuantitatif yang Bisa Kamu Coba

Setelah di atas kita memahami apa itu pengertian metode penelitian, dan ada dua jenis metode penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif.

Pada metode penelitian kuantitatif kita akan menemukan 6 jenis metode penelitian yang bisa kita coba dalam melakukan penelitian.

Baik itu untuk skripsi maupun untuk penelitian-penelitian sosial lainnya. Lalu apa saja keenam jenis metode penelitian kuantitatif, berikut ini ulasan singkatnya, yaitu : 

Pertama, Jenis Metode Penelitian Kuantitatif yaitu Deskriptif

Metode deskriptif adalah suatu pencarian fakta yang menggunakan interpretasi yang tepat. Penelitian ini mempelajari mengenai masalah-masalah yang ada pada masyarakat.

Begitu juga tata cara yang digunakan dalam masyarakat serta situasi situasi yang terjadi pada masyarakat tersebut.

Termasuk mengenai hubungan kegiatan pandangan sikap dan juga proses-proses yang berpengaruh dalam suatu fenomena yang terjadi.

Biasanya penelitian penelitian dengan menggunakan metode deskriptif ini merupakan jenis metode penelitian yang menggambarkan suatu objek dan subjek yang sedang diteliti.

Penjelasannya itu dengan apa adanya tanpa melakukan adanya rekayasa gitu ya tidak adanya rekayasa data yang dilakukan oleh seorang peneliti.

Tujuannya agar penelitian yang dilakukan dengan metode deskriptif ini lebih akurat dan lebih relevan. Dengan demikian, nantinya untuk seorang peneliti bisa memberikan solusi-solusi yang bisa untuk memperbaiki situasi ataupun masalah sosial yang sedang dikaji.

Kedua Jenis Metode Penelitian Kuantitatif yaitu Komparatif

Jenis metode penelitian komparatif ini sering digunakan dalam melakukan penelitian yang mengarah untuk diketahui. 

Apakah dua variabel terdapat perbedaan di dalam suatu aspek yang sedang diteliti oleh seorang peneliti.

Ditegaskan kembali bahwasanya di dalam melakukan penelitian seorang peneliti tidak diperkenankan atau tidak terjadi manipulasi data, sehingga data yang kita dapatkan itu memang betul-betul akurat dan kredibel.

Diharapkan penelitian dilakukan dengan sebaik mungkin dan dan real nyata adanya apa yang seperti apa yang dilihat dialami.

Temuan-temuan data di lapangan ini dilakukan dengan pengumpulan data yang sudah sesuai dengan pedoman-pedoman yang telah dilakukan.

Setelah itu hasilnya dapat dianalisis secara statistik sehingga nantinya kita dapat untuk mencari suatu perbedaan dari variabel-variabel yang sedang diteliti tadi.

Ketiga Jenis Metode Penelitian Kuantitatif yaitu Korelasi

Jenis metode penelitian ini merupakan metode penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti. Dengan tujuan untuk menggambarkan dua atau lebih sejumlah fakta-fakta dan juga sifat-sifat objek yang sedang diteliti oleh seorang peneliti.

Nah di mana penelitian yang dilakukan ini adalah untuk membandingkan antara persamaan dengan perbedaan dua atau lebih fakta berdasarkan kerangka pemikiran yang sudah ada sehingga hasilnya nanti dapat terlihat dengan jelas.

Keempat, Jenis Metode Penelitian Kuantitatif yaitu Survei

Menurut Zikmund, metode penelitian survei merupakan metode didalam suatu bentuk dari suatu teknik penelitian yang mana informasinya ini dikumpulkan dari beberapa sampel berupa orang.

Mengumpulkannya dengan memberi pertanyaan-pertanyaan yang dijawab langsung oleh orang tersebut.

Nah dengan demikian ketika seorang peneliti melakukan penelitian kuantitatif dengan metode survei maka ia sudah mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang sudah ada pedomannya.

Kalau teman-teman saya juga menggunakan metode survei ini biasanya dia di print berapa lembar gitu ya Sesuai dengan kajian yang dilakukan.

Nanti dikasih ke narasumber atau ke orang yang dipilih sesuai dengan metodenya untuk mengisi survei yang akan dilakukan.

Biasanya ada juga sih metode survei yang kita memberikan pertanyaan-pertanyaan itu yang sudah diprint tadi itu. 

Dimana kita kasih ke orang yang bersangkutan kemudian besok atau dikasih rentang waktu nanti kita ambil lagi kemarin juga ada teman saya beberapa melakukan hal yang seperti itu dengan metode survei.

Sebenarnya tergantung lagi bagaimana kita memilih metode yang ingin kita lakukan dalam melakukan penelitian kuantitatif.

Ini ada juga teman-teman saya yang nyaman dengan metode survei gitu ya karena lebih simpel aja itu kan lebih fleksibel dan Lebih mudah sih katanya kata kebanyakan orang yang menggunakan metode survei.

Kelima Jenis Metode Penelitian Kuantitatif yaitu Ex Post Facto

Jenis metode penelitian ini merupakan metode yang sering digunakan untuk penelitian yang sedang memiliki hubungan antar sebab dan akibat.

Dimana datanya tidak dapat dimanipulasi oleh peneliti adanya hubungan diantara sebab dan akibat ini berdasarkan atas kajian teoritis. Jika suatu variabel tertentu dapat mengakibatkan variabel tertentu yang lain.

Keenam Jenis Metode Penelitian Kuantitatif yaitu True Experiment

Jenis metode penelitian ini yang sebenar-benarnya karena di dalam rancangan penelitian ini kita bisa mengontrol semua variabel luar yang ada ada yang dapat mempengaruhi jalannya suatu eksperimen.

Dengan hal ini validitas internal atau kualitas pelaksanaan suatu rancangan penelitian bisa menjadi tinggi tingkat suatu keberhasilannya.

Nah itulah sekilas memahami enam jenis-jenis metode penelitian kuantiatif yang bisa teman-teman pilih. 

Sumber Referensi :

Buku Metode Penelitian Populer & Praktis oleh Dr Widodo, Penerbit : PT RajaGrafindo Persada, 2017 Jakarta

Buku Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Mixed oleh John W Creswell, Penerbit : Pustaka Pelajar 2017 Yogyakarta

Penerbitdeepublish.com

Repo.iain-tulungagung.ac.id

Repository.unpas.ac.id

COMMENTS

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Ada 6 Jenis Metode Penelitian Kuantitatif, Apa Saja ? Berikut Penjelasannya
Ada 6 Jenis Metode Penelitian Kuantitatif, Apa Saja ? Berikut Penjelasannya
Apa saja ya jenis-jenis metode penelitian kuantitatif ? Nah ternyata ada enam jenis lo metode yang bisa kamu coba dan sesuaikan dengan kajian kamu ya
https://1.bp.blogspot.com/-9vZdNjvR8tQ/YPb_Ei2F8eI/AAAAAAAAFOo/jYBM2Epbf702t3SQSWDFrwRI0u1-Usd4wCLcBGAsYHQ/s16000/Ada%2B6%2BJenis%2BMetode%2BPenelitian%2BKuantitatif%2BApa%2BSaja%2BBerikut%2BPenjelasannya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9vZdNjvR8tQ/YPb_Ei2F8eI/AAAAAAAAFOo/jYBM2Epbf702t3SQSWDFrwRI0u1-Usd4wCLcBGAsYHQ/s72-c/Ada%2B6%2BJenis%2BMetode%2BPenelitian%2BKuantitatif%2BApa%2BSaja%2BBerikut%2BPenjelasannya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/07/ada-enam-jenis-metode-penelitian-kuantitatif-berikut-penjelasannya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/07/ada-enam-jenis-metode-penelitian-kuantitatif-berikut-penjelasannya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy