-->

20+ Contoh Dampak Gejala Sosial Masyarakat di Kehidupan Sehari Hari

Gejala sosial masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, punya dampak yang positif dan negatif. Berikut contoh dan penjelasannya.
20+ Contoh Dampak Gejala Sosial Masyarakat di Kehidupan Sehari Hari

Sosiologi Info - Adanya gejala sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, telah membuat munculnya dampak. Baik dampak yang positif maupun negatif. 

Lalu apa saja contoh contoh dampak dari gejala sosial yang ada di lingkungan masyarakat ? Yuk simak ulasannya. 

Gejala Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari Masyarakat

Kehidupan sosial masyarakat tidak akan terlepas dari gejala sosial. Apalagi dengan di Indonesia yang begitu banyaknya kemajemukan, mulai dari etnis, suku, budaya, adat istiadat, kelompok organisasi, serta perbedaan lainnya.

Tidak hanya karena adanya kemajemukan terjadinya gejala sosial, bisa juga melalui perkembangan teknologi, perubahan dan dinamika sosial juga  bisa memunculkan gejala sosial.

Oleh karena itu, penting untuk kita juga harus memahami gejala sosial, mulai dari pengertian/definisi, faktor penyebab, ciri-ciri, dan contoh fenomena sosialnya. 

Gejala Sosial adalah sebuah peristiwa yang terjadi diantara dan dilakukan oleh manusia, baik secara individu dan kelompok sosial. 

Adanya peristiwa dan proses gejala sosial terjadi karena perilaku yang dilakukan individu. Dimana ia terlibat didalamnya untuk saling keterkaitan. Gejala sosial juga yang muncul di masyarakat itu bisa diartikan sebagai adanya fenomena sosial. 

Selanjutnya, kita melihat adanya gejala sosial merupakan suatu fenomena yang ditandai dengan timbulnya permasalahan sosial yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu di dalam lingkungan kehidupannya. 

Gejala sosial atau social symptom dan masalah sosial merupakan dua hal yang sangat berkaitan. Ketika gejala sosial terjadi secara terus menerus maka akan berpotensi menimbulkan masalah sosial yang ada di masyarakat. 

Dengan demikian, fenomena sosial ini dapat terjadi ketika ada perubahan sosial di dalam masyarakat. Nah gejala sosial yang ada di masyarakat itulah fenomena sosialnya.

Kemudian, adanya fenomena sosial karena di dalam masyarakat itu terjadi perubahan sosial yang dialami dalam kehidupan sehari hari. 

Baca selengkapnya klik disini : Pengertian (Definisi) Gejala Sosial : Faktor Penyebab, Macam dan Contohnya

Dampak Gejala Sosial yang Ada di Masyarakat

Adanya fenomena sosial yang terjadi di masyarakat tidak terlepas dari adanya perubahan sosial yang sedang terjadi di kehidupan sehari-hari. 

Ketika fenomena sosial muncul karena adanya perubahan sosial maka gejala sosial memicu adanya dampak baik positif maupun negatif. 

Dengan demikian, gejala sosial yang muncul memberikan pengaruh terhadap aktivitas dalam kehidupan sosial warga, kelompok, maupun masyarakat tersebut.

Misalnya saja saat dimasa Pandemi Virus Covid-19 yang menjangkit seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berbagai dampak gejala sosial bermunculan.

Kita bisa melihatnya dari dua sisi baik yang positif maupun negatif. Apa saja contoh contoh gejala sosial masyarakat dalam kehidupan sehari harinya, berikut penjelasannya. 

Contoh Dampak Gejala Sosial yang Positif

1. Kesadaran masyarakat terhadap menjaga protokol kesehatan semakin baik, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan lainnya. 

2. Munculnya kesadaran masyarakat untuk selalu hemat dalam kondisi ekonomi yang bisa saja terjadi penurunan dan peningkatan. 

Serta semakin rajin dalam melakukan investasi yang perlu dan penting baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 

3. Dunia pendidikan dengan cepat beradaptasi, belajar yang dulu dilakukan secara tatap muka, semenjak adanya pandemi Covid-19. 

Belajar dilakukan secara daring atau online, dengan bantuan jaringan internet dan peralatan hp maupun laptop. 

4. Tidak hanya di dunia pendidikan, dalam lingkungan tempat kerja atau perusahaan juga beradaptasi dengan cara bekerja dari rumah. 

Semua transaksi dan interaksi dilakukan secara online, baik itu di perbankan, industri lainnya, semuanya menyesuaikan secara online. 

5. Dunia usaha juga berubah secara cepat, penyesuaian pasar yang harus dilakukan secara online. Jual beli produk atau barang secara online menjadi cara terbaik dilakukan disaat pandemi Covid-19. 

6. Jam buka tempat usaha juga diatur, sesuai dengan waktu buka agar menghindari penularan virus yang banyak lagi, memapar masyarakat, saat sering berkumpul-kumpul dengan jumlah ramai. 

7. Penyesuaian disemua tempat untuk melakukan penerapan protokol kesehatan Covid-19, seperti di tempat umum, cafe/tempat nongkrong, dan tempat lainnya. 

Dimana masyarakat yang berkunjung harus ingat dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 tersebut.

8. Masyarakat akan mulai menemukan cara, nilai dan norma baru dalam pelaksanakan kehidupan sehari-harinya. 

Misalnya, salaman tangan yang menjadi penting dulu sebelum ada pandemi, sekarang salam cukup di dada dengan mencakupkan tangan atau hanya tos biasa saja. 

Atau dulu kita kalau mengadakan acara seminar, diskusi harus melakukan secara tatap muka langsung, tapi semenjak adanya pandemi Covid-19. 

Masyarakat sudah terbiasa untuk melakukan aktivitas kegiatan tersebut secara online atau daring. 

9. Pembayaran digital juga semakin menjadi pilihan bagi masyarakat terkhususnya generasi milenial. Karena dilakukan secara cepat dan lebih flexsibel. 

10. Munculnya berbagai gerakan sosial masyarakat yang membuat tingkat solidaritas semakin tinggi guna membantu warga yang sedang mengalami kesusahan di masa Pandemi Covid-19. 

Misalnya saling tolong menolong memberikan bantuan sembako, masker, dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat terdampak pandemi Covid-19

11. Memang dimasa pandemi Covid-19 kita semakin sadar pentingnya untuk mempunyai dan menguasai skil dalam dunia digital saat ini. 

Misalnya saat kita membutuhkan aplikasi pembelajaran online yang anti lemot dan dengan jaringan yang tidak kuat bisa juga terhubung. Maka kita juga melakukan inovasi-inovasi agar dapat akses internet tersebut. 

Contoh Dampak Gejala Sosial yang Negatif

1. Banyak pedagang yang tutup karena adanya pandemi Covid-19, pendapat mereka menurun serta pembeli yang juga sepi. 

2. Dalam dunia pendidikan, banyak anak yang belajar di rumah justru yang mengerjakan tugas sekolahnya itu adalah orang tua, kakak. 

3. Pengurangan tenaga kerja atau PHK diberbagai perusahaan karena sudah tidak bisa lagi menampung atau membayar karyawannya. 

4. Terjadinya konflil atau gesekan antara pemerintah dan masyarakat saat pemberlakukan PPKM maupun pembatasan lainnya, karena dianggap merugikan masyarakat. 

5. Semakin terlihatnya kesenjangan sosial antara masyarakat atau antar kelas sosial yang ada di elemen masyarakat tersebut. 

6. Semakin maraknya kriminalitas yang dilakukan kepada masyarakat oleh oknum. 

7. Terjadinya ketidakteraturan di masyarakat, misalnya pada saat dilakukannya penyekatan jalan dalam mengurangi mobilitas masyarakat di saat pandemi Covid-19. 

8. Jumlah warga miskin di Indonesia meningkat lebih dari 2,7 juta jiwa akibat pandemi Covid-19, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS).

9. Ada sebagian pelajar yang tidak bisa mengikuti pembelajaran online karena keterbatasan jaringan dan peralatan pendukung, seperti hp atau laptop. 

10. Adanya culture shock yang dialami oleh semua elemen masyarakat disaat awal mula munculnya pandemi Covid-19, bahkan membuat masyarakat panik. 

Nah itulah beberapa contoh dampak gejala sosial masyarakat di kehidupan sehari-hari yang ada dalam lingkungan sekitar kita. 

Nah teman-teman silahkan untuk melakukan penelusuran ulang apa saja dampak positif dan negatif adanya pandemi Covid-19. Maupun contoh pada fenomena sosial lainnya. 

Sumber Referensi :
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992498

Sumber Foto : 
https://radarpekalongan.co.id/

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !