-->

25 Contoh Sosialisasi di Masyarakat dalam Kehidupan Sehari Hari

Apa saja contoh sosialisasi dalam kehidupan sehari hari. Baik di lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, lingkungan bermain, tempat kerja.
25 Contoh Sosialisasi di Lingkungan Masyarakat, Sekolah, Keluarga, Bermain, dan Tempat Kerja

Sosiologi Info - Apa saja contoh contoh sosialisasi yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari hari. Baik di lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, lingkungan bermain, dan di tempat kerja.

Nah berikut ini contoh dan ulasannya secara singkat. Yuk  baca terus.

Memahami Pengertian Sosialisasi Secara Sederhana

Kehidupan sosial bermasyarakat tidak akan lepas dari proses adanya interaksi. Aktivitas sosial yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Itulah sudah menjadi syarat awal berlangsungnya interaksi antar individu, maupun antar kelompok masyarakat. 

Secara sederhana pengertian sosialisasi dapat kita pahami sebagai proses internalisasi adanya nilai dan norma sosial yang diserap dalam individu tersebut. 

Sosialisasi inilah yang menjadi bagian inti dari proses adanya interaksi sosial. 

Manusia sebagai makhluk sosial yang tidak akan terlepas dan akan senantiasa melakukan interaksi sesama individu, maupun antar manusia dengan manusia. 

Nah proses itulah yang dilakukan sebagai bagian dari adanya interaksi sosial, sehingga membuat terjadinya sosialisasi. 

Dengan adanya interaksi sosial yang dimulainya proses sosialisasi, dimana ini akan memberikan nilai yang nantinya menjadi bagian dari refleksi ketika individu menjadi lebih dewasa dalam berpikir.

Baca Juga : Ada 7 Contoh Sosialisasi Formal di dalam Lingkungan Sekolah

Oleh karena itu, dimana ada proses interaksi sosial, maka disanalah terjadi adanya proses sosialisasi yang dilakukan. 

Definisi Sosialisasi Menurut Para Ahli

Bagaimana pengertian atau definisi sosialisasi yang diberikan oleh para tokoh maupun ahli dalam bidang sosiologi. Nah berikut ini beberapa arti dari empat tokoh atau ahli, yaitu : 

1. Edward Shils memberikan pengertian sosialisasi adalah sebagai proses sosial sumur hidup seseorang yang dijalani sebagai anggota kelompok dan masyarakatnya, melalui pembelajaran kebudayaan. 

Baca Juga : 20 Contoh Sosialisasi di dalam Lingkungan Keluarga

2. Peter L Berger mengartikan sosialisasi adalah sebagai proses individu menjadi anggota masyarakat yang partisipatif.

3. Soerjono Soekanto mengatakan arti dari sosialisasi adalah sebagai proses sosial dimana individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai perilaku orang-orang disekitarnya. 

4. Horton dan Hunt menyampaikan bahwa sosialisasi adalah proses seseorang menghayati norma-norma kelompok dimana ia hidup sehingga timbul keperibadian yang unik.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sosialisasi adalah proses penghayatan nilai dan norma sosial ke dalam individu dalam rangka. 

Baca Juga : 8 Contoh Sosialisasi Primer dan Sekunder, Pengertian, Jenis-Jenisnya

Ia menyesuaikan diri sebagai bagian dari anggota kelompok atau menjadi bagian dari masyarakat tersebut. 

Nah disinilah, dimana proses penghayatan menunjukkan adanya internalisasi nilai dan norma, baik dari luar yang masuk ke dalam diri. 

Oleh karena itu, nilai dan norma inilah yang akan membentuk atau memberikan pengaruh kepribadian. 

Melihat Beberapa Contoh Sosialisasi yang Ada di Dalam Kehidupan Sehari Hari

Baca Juga : Contoh Sosialisasi Represif di Lingkungan Masyarakat

Setelah kita memahami sekilas pengertian dari sosialiasi, ada baiknya kita juga mesti melihat berbagai contoh contoh sosialisasi yang sering kita lakukan, apa saja ? 

Berikut kami rangkum dan kami bagi menjadi lima, yaitu :

Contoh Sosialiasi di Lingkungan Keluarga

1. Mengajak anak untuk diskusi atau bertukar pikiran tentang sesuatu hal, misalnya perihal memilih sekolah atau kuliah, dan diskusi perihal lainnya. 

2. Mengajarkan anak untuk pamit (memberi tahu) orang tua saat pergi, baik saat berangkat sekolah, pergi bermain, dan saat jalan keluar rumah.


3. Orang tua memberikan nasihat saat anaknya melakukan kesalahan maupun tindakan yang diluar nilai dan norma. Misalnya saat anak tidak sopan lewat didepan orang yang lebih tua, (tidak membungkukan badan atau meminta izin). 

Maka disini peran orang tua ikut mengingatkan dan memberikan pemahaman yang baik agar anak tersebut tidak mengulanginya lagi. 

4. Mengajarkan anak untuk taat dalam melaksanakan ibadah atau shalat bersama agar memberikan kebiasaan kepada anak untuk taat mejalankan perintah agama. 

5. Saat orang tua mengajarkan untuk tidak melawan ketika salah dalam tindakan maupun perilakunya. 

Contoh Sosialiasi di Lingkungan Masyarakat

1. Saat kita mengikuti kerja bakti bersama di lingkungan tempat tinggal. Disinilah proses sosialisasi yang dilakukan dengan mudah.

2. Menjalankan hidup rukun, damai, tentram antara sesama masyarakat, merupakan wujud dari proses melaksanakan sosialisasi dalam masyarakat. 

3. Mengikuti atau sering menghadiri acara yasinan atau doa bersama, serta ada kegiatan pos kampling sering membaur bersama warga lainnya. Itu juga bagian dari proses melaksanakan sosialisasi. 

4. Ikut dalam proses musyawarah yang sering dilakukan di lingkungan desa atau tempat kita tinggal. Misalnya dalam membuat acara 17 agustus, ataupun acara-acara lainnya di lingkungan kompleks tersebut. 

5. Berusaha untuk membantu jika ada tetangga atau warga yang membutuhkan pertolongan. Disinilah proses sosialisasi itu juga terbentuk antar sesama warga atau individu tersebut. 

Contoh Sosialiasi di Lingkungan Sekolah

1. Ikut dalam diskusi atau bertukar pendapat saat ada pembelajaran di kelas yang masih belum paham. 

2. Ikut dalam kelompok belajar yang dibuat bersama teman teman sekolah dengan tujuan agar bisa menambah wawasan, serta belajar bersama di luar kelas maupun dalam kelas.
 
3. Ikut dalam kegiatan lomba yang ada di luar aktifitas belajar di sekolah, seperti ikut lomba esai, debat, dan lainnya. 

4. Mengikuti organisasi di sekolah, seperti Paskibra, Pramuka, Ekskul Olahraga, dan kegiatan ektrakulikuler di sekolah yang kamu minati. 

5. Mendengarkan guru saat menyampaikan pembelajaran di kelas, tidak ribut dan memperhatikan seksama materi yang diterangkan. Disini juga proses sosialisasi untuk saling menghormati dan menjaga sopan santun. 

Contoh Sosialiasi di Lingkungan Teman Bermain

1. Saat seorang individu mengikuti kunjungan rekreasi dengan teman sebayanya atau teman bermain. Misalnya berkunjung ke tempat wisata, bersenang senang disana bersama teman teman. 

2. Saat seorang individu ikut bermain olahraga sepak bola, futal, badminton bersama teman-temannya, maka disana juga bisa mulainya sosialisasi antar mereka. 

3. Saat individu berinteraksi antar teman temannya, yang mana disana juga bisa mendapatkan nilai dan norma yang dilihat. 

Misalnya seseorang individu yang melihat langsung bagaimana tindakan yang dilakukan oleh lawan interaksinya saat di lapangan. 

Saat ada teman yang jatuh, ada teman yang menolong. Disitulah proses sosialisasi itu juga muncul dengan tindakan yang dilihatnya. 

4. Saat individu nongkrong di cafe bareng teman-temannya. Disinilah juga proses sosialisasi itu terjadi antar teman sebaya atau teman bermainnya. 

5. Saat individu juga gabung atau nimrung saat teman-temannya punya hobi yang sama, seperti hobi maen game, atau aktivitas lainnya. 

Maka sebagian dari kita akan mengikuti hobi tersebut, atas keinginan dan kemauan sendiri. Yang juga punya hobi yang sama.

Contoh Sosialiasi di Lingkungan Tempat Kerja

1. Saat individu saling menjalin komunikasi di tempat kerja antar karyawan yang ada disana. Inilah menjadi penting bagi setiap karyawan yang berada di satu perusahaan. Menjalin kontak dan komunikasi sosial dengan berinteraksi antar karyawan tersebut. 

2. Saat karyawan menghormati atasnya, dengan bekerja sesuai perintah atasan, serta sesuai dengan porsi kerja setiap karyawannya. 

3. Saling ramah tamah dengan teman di lingkungan kerja yang ada dalam satu perusahaan. 

4. Saat bos memotivasi karyawannya yang kurang baik dalam melaksanakan kerjaanya. 

5. Saat menjalin komunikasi dengan orang lain yang berada di perusahaan lain. Misalnya saat ada kerjasama atau MoU antar perusahaan atau mitra kerjasama. Maka disitu juga ada proses sosialisasi. 

Nah itulah sekilas beberapa contoh sosialisasi yang ada di lingkungan keluarga, tempat kerja, sekolah, teman bermain, dan lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari hari. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !