Contoh Kasus Teori Konflik Ralf Dahrendorf, Ini Penjelasannya

Sosiologi Info - Apa saja contoh contoh kasus yang bisa kita lihat dalam memahami teori konflik perspektif Ralf Dahrendorf di kehidupan masyarakat sehari-hari.

Berikut ini ulasan dan penjelasan singkat mengenai pemikiran dan contohnya, yuk baca !

Penjelasan Sekilas Mengenai Teori Konflik Ralf Dahrendorf

Menurut Dahrendorf adanya perubahan dan adanya masyarakat kelas baru yang muncul pada industri modern.

Disinilah ia melihat konsep Marx tentang masyarakat tanpa kelas tidak akan pernah terjadi. Apalagi Marx pada masa itu hanya fokus pada kaum borjuis dan proletar. 

Marx, tidak menyadari adanya perubahan dalam struktur tersebut pada masyarakat industri. Tidak hanya konsep pemilik modal dan pekerja atau buruh.

Ada yang lebih besar dari itu, yaitu adanya perubahan struktur dan memunculkan masyarakat baru. Dimana perubahan itu disebut dengan masyarakat industri modern atau pos kapitalis.

Kata Dahrendorf, juga pada kepemilikan alat alat produksi yang tidak sesuai dengan kondisi realitas masyarakat saat ini. 

Adanya diferensiasi dalam dunia produksi, dimana yang mengakibatkan mereka yang memiliki tidak secara otomatis menguasi perusahaan tersebut. 

Misalnya dalam dunia di pasar modal atau saham, kepemilihan saham di suatu emiten / perusahaan tidak serta merta membuat, menjadi penguasa disana. 

Karena adanya dan dipisahkan dari fungsionaris produksi disana, yang memiliki kewenangan sesuai dengan strukturnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan perubahan struktur sosial ini mendorong adanya masyarakat pasca kapitalis, yaitu dimulai dengan :

Pertama, Terjadinya Dekomposisi Modal

Kedua, Terjadinya Dekomposisi Tenaga Kerja

Ketiga, Perkembangan Kelas Menengah Baru

Keempat, Pertumbuhan Mobilitas Sosial Juga Terjadi

Kelima, Pertumbuhan Kesetaraan Yang Dilakukan

Selengkapnya kamu bisa membaca disini ya : Teori Konflik dalam Perspektif Ralf Dahrendorf, Ada 3 Tipe Kelompok

Contoh Kasus dalam Pemahaman Teori Konflik Ralf Dahrendorf

Ada beberapa contoh yang bisa kita lihat dalam memahami Teori Konflik Ralf Dahrendorf di sekitar kehidupan sosial bermasyarakat, yaitu : 

Pertama, contoh kasus bisa kita lihat. Adanya pembagian atau struktur dalam setiap perusahaan yang membuat seseorang bekerja sesuai dengan job desk/sesuai dengan pekerjaannya

Kedua, dalam pasar modal/saham sebagai contoh kasus memahami teori perspektif konflik Ralf Dahrendorf.

Dimana orang yang punya saham tidak terlibat langsung dalam produksi di suatu perusahaan atau emiten tersebut. 

Ketiga, adanya perusahaan yang dijalankan oleh seorang di direksi/direktur, manager, dan beberapa struktur yang mana pemilik modal tidak terlibat dan tidak punya kewenangan dalam struktur tersebut.

Keempat, coba deh temen-temen, perusahaan yang dimiliki oleh keluarga orang orang kaya di Indonesia. 

Pasti anak, atau keluarganya akan menjadi pimpinan di perusahaan tersebut. Disinilah terjadinya pertumbuhan mobilitas sosial yang dilakukan.  

Nah itulah beberapa contoh yang bisa kamu lihat dalam memahami teori konflik Ralf Dahrendorf. Silahkan teman-teman berimajinasi sosial untuk melihat contoh yang ada di masyarakat.