-->

3 Macam Masalah Sosial dan Contohnya di Kehidupan Masyarakat

3 Macam Masalah Sosial dan Contohnya di Kehidupan Masyarakat.
3 Macam Masalah Sosial dan Contohnya di Kehidupan Masyarakat

Sosiologi Info - Apa saja macam-macam masalah sosial yang sering dijumpai dalam kehidupan masyarakat sehari-hari ? 

Simak berikut ulasan dan penjelasan, beserta contohnya di masyarakat. 

Sekilas Mengenal Masalah Sosial

Masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaiannya antara unsur unsur kebudayaan masyarakat, dimana dapat membahayakan kehidupa sosial kelompok masyarakat tersebut.

Misalnya ketika terjadi bentrokan antara berbagai unsur yang dapat menyebabkan dan menimbulkan gangguan hubungan sosial. 

Seperti retak, goyahnya jalinan komunikasi/hubungan antara individu atau kelompok sosial akibat adanya masalah sosial tersebut.

Nah, masalah sosial ini timbul karena adanya ketidaksamaan, perbedaan yang mencolok antara nilai yang ada di masyarakat, dengan realita yang ada di kehidupan sosial.

Kehadiran masalah sosial menyangkut dengan nilai nilai sosial dan moral yang tidak lagi sesuai dengan konsensus atau kesepakatan terhadap norma yang berlaku. 

Adanya ketidaksepakatan untuk menjalankan nilai dan norma itulah sebagai awalan munculnya masalah sosial yang melanggar hukum, serta tindakan perilaku individu/kelompok yang menyimpang.

Dengan demikian, masalah sosial adalah kejadian yang ada di masyarakat yang melanggar nilai dan norma, serta keberadaan masalah sosial ini tidak diinginkan oleh masyarakat. 

Masyarakat tidak ingin adanya masalah sosial karena akan mengakibatkan kegoyahan nilai dan norma yang sudah menjadi kebiasaan untuk dilakukan.

Haru tercoreng dengan adanya ulah segelintir individu maupun kelompok masyarakat yang tidak lagi sesuai dan tidak lagi menjalankan sesuai dengan kesepakatan bersama. 

Berdasarkan Rung Lingkupnya Masalah Sosial Ada Tiga

Masalah sosial berdasarkan golongannya, sesuai dengan ruang lingkup kehidupannya, meliputi masalah sosial dalam ruang lingkup individu, keluarga, dan masyarakat. 

1. Masalah Sosial dalam Lingkup Individu

Pada masalah sosial ini dimana masalah masalah sosial yang timbul dalam kehidupan masyarakat.

Meliputi contohnya seperti pengangguran, kriminalitas, kemiskinan, perbedaan ekonomi dan sosial yang terlihat di masyarakat. 

Karena ia lebih kepada objeknya sendiri (individu), dimana masalah sosial individu bersumber sendiri dari masalah pribadinya tersebut. 

2. Masalah Sosial dalam Lingkup Keluarga

Keluarga tidak akan bisa dipisahkan dari masalah sosial yang terjadi dikehidupan bermasyarakat. 

Masalah sosial ini disebabkan karena adanya unsur atau aturan tertentu yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga menimbulkan kekecewaan dan penyesalan.

Ada tiga klarifikasi masalah sosial dalam keluarga yaitu :

a. Faktor Ekonomi

Misalnya contohnya tingkat kemiskinan yang masih terjadi di dalam beberapa keluarga. 

b. Faktor Biologis

Misalnya contohnya saat orang tua bercerai akan memberikan dampak kepada anak yang ditinggalklan. 

c. Faktor Psikologi

Misalnya contohnya sifat-sifat pengengkangan atau otoriternya orang tua, dan contoh lainnya.

3. Masalah Sosial dalam Lingkup Masyarakat

Dimana masalah sosial dalam lingkup masyarakat bisa terjadi dimana saja, baik di desa dan di masyarakat perkotaan. 

Kita bisa melihat masalah sosial yang terjadi seperti contohnya ada pengangguran, kemiskinan, pertikaian, bentrok, serta berbagai masalah sosial yang timbul di kota maupun di masyarakat desa itu sendiri. 

Nah itulah sekilas mengenal penjelasan macam macam masalah sosial beserta contoh-contohnya yang ada di kehidupan bermasyarakat sehari-harinya. 

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi Kelas 10 SMA/MA | Penulis Dwi Mulyono

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !