7 Teori Tujuan Negara Menurut Ahli : Ada Herbert Spencer Hingga Karl Marx - Referensi Artikel Sosiologi 7 Teori Tujuan Negara Menurut Ahli : Ada Herbert Spencer Hingga Karl Marx | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

7 Teori Tujuan Negara Menurut Ahli : Ada Herbert Spencer Hingga Karl Marx

7 Teori Tujuan Negara Menurut Ahli : Ada Herbert Spencer Hingga Karl Marx.

7 Teori Tujuan Negara Menurut Ahli : Ada Herbert Spencer Hingga Karl Marx

Sosiologi Info -  Apa saja teori tujuan negara menurut ahli, mulai dari Herbert Spencer hingga Shang Yang ? Yuk simak dulu penjelasan pengertian negara, fungsi dan unsurnya. 

Sekilas Pengertian Negara

Memahami keberadaan negara menjadi penting untuk diketahui. Hingga saat ini setidaknya jumlah negara di dunia sekarang ada sekitar 195 negara. 

Negara yang ada juga harus memenuhi berbagai unsur, mempunya fungsi, serta bentuk pemerintahan, dan berbagai syarat lainnya untuk terbentuknya negara. 

Lalu apa sih ya pengertian negara. Nah dikutip dari KBBI, dimana kata negara dapat diartikan menjadi dua hal, yaitu pertama negara adalah sebuah organisasi.

Yang berada pada suatu wilayah dan memiliki kekuasaan tertinggi secara sah, serta ditaati oleh warga/masyarakatnya.

Kedua, sebuah negara dapat disimpulkan sebagai kelompok sosial yang mendiami/menempati sebuah wilayah, maupun daerah tertentu yang berada di bawah lembaga politik.

Maupun pemerintah yang efektif, memiliki kesatuan politik, berdaulat yang mana mempunyai tujuan nasional yang ingin dicapai oleh suatu wilayah tersebut.

Kemudian, pengertian negara menurut ahli, Prof Miriam Budihardjo seperti dikutip dari laman www.gramedia.com, mengatakan negara merupakan organisasi yang ada di dalam suatu wilayah yang dapat memaksakan kekuasaannya yang sah.

Terhadap semua golongan kekuasaan yang berada di dalamnya dan dapat juga menetapkan berbagai tujuan dari kehidupan tersebut.

Selanjutnya, pengertian negara menurut ahli Harold J Laski menyebut negara merupakan sebuah masyarakat yang diintegrasikan karena memiliki wewenang yang sifatnya memaksa. 

Menurut Prof Farid mengatakan bahwa negara merupakan sebuah wilayah merdeka yang sudah mendapatkan pengakuan dari negara lain, serta memiliki sebuah kedaulatan.

Fungsi Negara

Ada beberapa fungsi negara yang mesti kita ketahui bersama yaitu : 

Pertama, melaksanakan penertiban

Kedua, mengusahakan kesejahteraan maupun kemakmuran masyarakatnya

Ketiga, adanya pertahanan untuk mencegah gangguan dari negara lain

Keempat, untuk menegakkan keadilan

Unsur Unsur Negara

Ada tiga unsur yang membuat negara itu ada yaitu :

1. Adanya rakyat/masyarakat atau jumlah penduduknya

2. Adanya wilayah yang ditempati

3. Adanya pemerintahan

Pengertian Negara dari 4 Sudut Pandang

Ada empat sudut pandang untuk melihat pengertian negara yang bisa kamu pelajari. Mulai dari pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan.

Selanjutnya, negara sebagai organisasi politik, negara sebagai organisasi kesusilaan, dan negara sebagai integrasi antara pemerintah serta rakyatnya.

Memahami Teori Tujuan Negara

Apa sih tujuan negara yang kamu bayangkan ? Nah tujuan negara adalah hal yang menjadi sangat penting bagi suatu negara. 

Dimana tujuan negara merupakan pedoman atau sesuatu yang harus dicapai, bagaimana negara dapat tersusun, dapat diatur dengan baik. 

Tujuan dan fungsi negara saling berkesinambungan atau juga saling keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Karena itu fungsi negara dibentuk untuk merealisasikan tujuan-tujuan dari suatu negara.

Apa saja ke tujuh teori yang ada untuk memahami tujuan negara, berikut ini daftar lengkapnya, yaitu :

Pertama, Tujuan Negara Menurut Paham Kapitalis

Pandangan dalam teori ini menerangkan bahwa tujuan negara adalah mewujudkan kesejahteraan atau kebahagiaan semua orang, dengan cara setiap orang diberikan kebebasan untuk berkompetisi. 

Dalam usaha untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiannya secara perseorangan. Dengan demikian cara itulah membuat kesejahteraan atau kebahagian akan terwujud dengan kemerdekaan dan kebebasan individu. 

Dimana untuk penganut teori ini yaitu mulai dari Tokoh Adam Smith, Jeremy Bentham dan Herbert Spencer. 

Kedua, Teori Facisme

Penjelasan teori ini, dimana tujuan negara adalah imperium dunia yaitu mempersatukan semua bangsa di dunia dan menjadi satu tenaga atau kekuatan bersama antar berbagai negara yang bersangkutan.

Ketiga, Teori Welfare State/Negara Kesejahteraan

Tujuan negara menurut paham ini yaitu bukan hanya sekadar memelihara ketertiban hukum saja. Tetapi, juga secara aktif mengupayakan kesejahteraan warga negaranya. Teori ini dikemukan oleh ahli Kranenburg dan Utrecht.

Keempat, Teori Perdamaian Dunia

Menurut Dante Alleghiere, ia mengatakan tujuan negara adalah menciptakan perdamaian dunia dengan jalan menciptakan :

a. Undang undang yang seragam untuk/bagi seluruh masyarakat/manusia yang ada di dunia

b. Imperium dunia, semua negara harus melebur menjadi satu negara. Dibawah kekuasaan seorang raja/monarch. Sebab selama di dunia masih ada berbagai negara merdeka, maka perdamaian dan ketentraman tidak akan terwujud.

Kelima, Teori Jaminan Atas Hak dan Kebebasan

Ada dua tokoh penting yaitu :

a. Immanuel Kant

Dalam teori negara hukum yang diajarkan, dimana Kant mengatakan tujuan negara menjamin dan melindungi hak, kebebasan warga negaranya.

Dengan jalan memelihara ketertiban hukum dan diadakan pemisahan kekuasaan yang meliputi kekuasaan pembuat, pelaksana, dan pengawas hukum (potestas legislatora, rectoria et judicaria).

b. Hugo Krabbe

Ia menyebut bahwa tujuan negara adalah menyelenggarakan ketertiban hukum berdasar dan berpedoman pada hukum agar hak rakyat dapat dijamin sepenuhnya.

Keenam, Teori Kekuasaan Negara

Ada dua tokoh yang bisa kita lihat dalam memberikan pandangannya, yaitu :

a. Shang Yang

Ia menjelaskan tujuan negara adalah menciptakan kekuasaan yang sebesar besarnya bagi negara, dan tujuanya itu dapat dicapai dengan cara menyiapkan militer yang kuat, berdisiplin dan siap sedia menghadapi segala kemungkinan.

b. Niccolo Machiavelli

Ia mengungkapkan bahwa negara adalah organisasi kekuasaan saja dan pemerintah sebagai teknik memupuk, dan menggunakan kekuasaan. 

Dimana tujuan negara adalah menciptakan kekuasaan belaka, dan kekuasaan itu hanyalah alat belaka untuk mencapai kebesaran, kehormatan bangsa yang merupakan tujuan negara yang sebenarnya.

Ketujuh, Tujuan Negara Menurut Paham Sosialis

Teori atau perspektif ini memberikan kebahagiaan yang sebesar besarnya, merata bagi setiap orang atau masyarakat. 

Dimana kebahagiaan itu akan terwujud jika setiap manusia mempunyai pekerjaan dan penghasilan yang layak untuk kehidupannya. 

Begitu juga dijaminnya hak hak masyarakat yang semuanya harus diatur dalam undang undang. Keadilan sosial akan dapat tercapai dengan jalan.

Mengembangkan perekonomian kekeluargaan dibawah pimpinan negara yang bersangkutan. Dimana tokoh pada penganut teori ini yaitu ada Louis Blanc, Karl Marx.

Nah itulah sekilas memahami penjelasan pengertian negara menurut ahli, fungsi, dan teori tujuan negara dalam berbagai perspektif. 

Sumber Referensi : 1 | 2

COMMENTS

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 7 Teori Tujuan Negara Menurut Ahli : Ada Herbert Spencer Hingga Karl Marx
7 Teori Tujuan Negara Menurut Ahli : Ada Herbert Spencer Hingga Karl Marx
7 Teori Tujuan Negara Menurut Ahli : Ada Herbert Spencer Hingga Karl Marx.
https://1.bp.blogspot.com/-yV4ZUtjHHjA/YWaU6x8XFVI/AAAAAAAAFw8/hm48Oc2bk2EGvq6pVNYqwcAJfbBJtv15gCLcBGAsYHQ/s16000/7%2BTeori%2BTujuan%2BNegara%2BMenurut%2BAhli%2BAda%2BHerbert%2BSpencer%2BHingga%2BKarl%2BMarx.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-yV4ZUtjHHjA/YWaU6x8XFVI/AAAAAAAAFw8/hm48Oc2bk2EGvq6pVNYqwcAJfbBJtv15gCLcBGAsYHQ/s72-c/7%2BTeori%2BTujuan%2BNegara%2BMenurut%2BAhli%2BAda%2BHerbert%2BSpencer%2BHingga%2BKarl%2BMarx.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/10/teori-tujuan-negara-menurut-ahli-herbert-spencer-karl-marx.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/10/teori-tujuan-negara-menurut-ahli-herbert-spencer-karl-marx.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy