-->

Contoh Tata Nilai Sosial di Masyarakat

Apa saja Contoh Tata Nilai Sosial di Masyarakat, berikut ini penjelasannya.
Contoh Tata Nilai Sosial di Masyarakat

Sosiologi Info - Apa saja contoh tata nilai sosial yang ada di kehidupan masyarakat sehari harinya. Begitu pentingkah nilai sosial dalam masyarakat ?

Nilai sosial menjadi cara yang disepakati oleh masyarakat dalam aktivitas sosial di kehidupan sehari-harinya. Simak penjelasan berikut ini.

Penjelasan Tata Nilai Sosial

Apa sih pengertian tentang tata nilai yang ada di masyarakat ? Dalam istilahnya, dikenal dengan sebutan Values. 

Itulah tata nilai. Dimana mengacu pada prinsip tuntunan, serta perilaku yang melekat, baik di dalam cara berorganisasi, para tenaga kerja yang beroperasi seperti yang diharapkan. 

Nilai juga diartikan sebagai cerminan dalam kebudayaan yang juga dapat memperkuat adanya budaya yang diinginkan oleh masyarakat. 

Selanjutnya, nilai juga akan mendukung, menuntun dalam berbagai hal pengambilan keputusan pada setiap kepentingan di masyarakat. 

Misalnya di dalam tenaga kerja, membantu organisasi dalam mencapai misi dan visi dengan cara yang telah disepakati bersama. 

Misalnya nilai yang dalam memperlihatkan adanya integritas, sikap sportif dalam berinteraksi, memproteksi lingkungan, dan lainnya. 

Kemudian, tata sosial mempunyai arti sebagai nilai yang dianut oleh seseorang dalam suatu masyarakat. 

Mengenai berbagai hal yang dianggap baik, maupun buruk oleh masyarakat tersebut. Misalnya dalam hal ketika kita melihat orang yang suka menolong.

Maka itu akan dianggap baik. Sementara, ketika kita melihat orang yang mencuri itu kita lihat sebagai perbuatan yang tidak baik.

Menurut Woods memberikan arti nilai sosial sebagai petunjuk umum yang telah berlangsung lama. 

Dimana yang mengarahkan tingkah laku, serta kepuasaan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya dalam nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai moral, dan nilai religius. 

Nilai yang terlihat dimasyarakat itu adalah segala sesuatu yang mana sudah menjadi kesepakatan, antara baik, dan buruk suatu tindakan seseorang di masyarakat. 

Nilai inilah yang menjadi bahan pertimbangan setiap individu dalam mengambil sikap dan keputusan. 

Clyde Kluckhohn menjelaskan bahwa nilai sosial itu dipengaruhi oleh kebudayaan yang ada di masyarakat. Nah disinilah terjadinya berbagai perbedaan tata nilai.

Baik antara individu dengan individu, maupun individu antar kelompok, dan kelompok antar kelompok di masyarakat. 

Masyarakat sudah mencapai kesapakatan bahwa nilai sosial merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh masyarakat. 

Kepada segala sesuatu hal yang baik, luhur, penting, serta memiliki daya guna fungsional untuk taraf kebaikan kehidupan warganya.

Ciri Nilai Sosial

Ada beberapa ciri ciri nilai sosial yang ada di kehidupan masyarakat yaitu : 

1. Melalui proses sosialisasi lah terbentuknya nilai sosial

2. Mempunyai hubungan yang saling berkaitan dengan satu sama lainnya

3. Bisa menjadi dan memberikan berbagai pengaruh kepada keberagaman antar warga di masyarakat

4. Diinformasikan dan disebarkan kepada warga secara luas di kehidupan sosial masyarakat

Macam Nilai Sosial

Menurut Notonagoro ada beberapa jenis nilai sosial yaitu :

1. Nilai material

2. Nilai vital

3. Nilai kerohanian

Baca disini lebih lanjutnya ya : 

Pengertian Nilai Sosial : 6 Ciri Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya

Contoh Tata Nilai Sosial di Masyarakat

Ada beberapa contoh yang bisa teman-teman lihat dalam memahami dan mempelajari tata nilai sosial di kehidupan sosial masyarakat, yaitu : 

1. Menerapkan dengan disiplin serta melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 bagi setiap warga di Indonesia juga menjadi bagian contoh tata nilai sosial di masyarakat. 

2. Sikap saling tolong menolong yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat juga bisa kita jadikan sebagai contoh tata nilai sosial yang ada di kehidupan masyarakat. 

3. Menerapkan tata nilai sosial dalam hal kesopanan kepada orang yang lebih tua. Dengan misalnya tidak kentut sembarangan.

Tidak sembarangan dalam lewat didepan orang tua, mesti sopan dengan izin permisi lewat, ataupun membungkukan badan.

4. Adanya kebiasaan dalam melakukan musyawarah mufakat di lingkungan kehidupan masyarakat juga menjadi contoh pelaksaan tata nilai sosial. 

5. Melestarikan budaya yang ada pada masyarakat juga bagian dari contoh tata nilai sosial yang ada. Misalnya seperti budaya adat orang Bali yang ada di Indonesia.

Atau pada budaya lainnya, seperti Jawa, Melayu, Batak, Minang, dan budaya daerah lainnya. 

Nah itulah penjelasan singkat mengenai Contoh Tata Nilai Sosial di Masyarakat. Semoga bisa menjadi tambahan referensi ya. 

Silahkan melakukan eksplore lagi terhadap berbagai contoh tata nilai sosial yang ada pada kehidupan masyarakat sehari-harinya. 

Sumber Referensi :

Modul Pembelajaran SMA Sosiologi Kelas X KD 3.3 dan 4.3 | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Direktorat Sekolah Menengah Atas 2020

https://www.ruangguru.com

https://brainly.co.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !