Penyebab Perubahan Sosial Menurut 5 Para Ahli - Referensi Artikel Sosiologi Penyebab Perubahan Sosial Menurut 5 Para Ahli | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

Penyebab Perubahan Sosial Menurut 5 Para Ahli

Penyebab Perubahan Sosial Menurut 5 Para Ahli

Penyebab Perubahan Sosial Menurut 5 Para Ahli

Sosiologi Info - Apa saja penyebab adanya perubahan sosial di kehidupan masyarakat dalam kesehariannya. Mau tahu ?

Simak penjelasan pengertian dan sebab sebab perubahan sosial menurut para ahli sosiolog yang ada berikut ini ya.

Sekilas Pemahaman Perubahan Sosial

Setiap kehidupan manusia pasti akan mengalami perubahan, baik secara cepat, maupun lambat. Yang pastinya masyarakat akan mengalami proses perubahan tersebut. 

Apalagi seiring dengan kemajuan teknologi, membuat perubahan yang terjadi di masyarakat semakin cepat.

Akibat adanya faktor pendukung yang mempengaruhi perubahan sosial tersebut di lingkungan masyarakat sekitarnya.

Baik pada masyarakat di kota, desa maupun daerah lainnya, sudah pasti akan mengalami proses perubahan, seiring dengan masuknya kemajuan teknologi digital, dan informasi.

Dengan adanya kemajuan teknologi informasi dapat mempermudah dan mempercepat akan terjadinya suatu perubahan sosial di masyarakat. 

Mulai dari perubahan perilaku, tindakan, kebiasaan serta berbagai perubahan sosial lainnya yang pasti akan terjadi penyesuaian.

Nah lalu apa sih pengertian dari perubahan sosial itu sendiri ? Dikutip dari buku Sosiologi Komunikasi.

Dijelaskan Perubahan Sosial adalah proses sosial yang dialami oleh anggota masyarakat, serta semua unsur-unsur budaya dan sistem-sistem sosial. 

Dimana semua tingkat kehidupan masyarakat secara sukarela atau dipengaruhi oleh unsur-unsur eksternal meninggalkan pola-pola kehidupan, budaya, dan sistem sosial lama. 

Kemudian, menyesuaikan diri atau menggunakan pola-pola kehidupan, budaya, dan sistem sosial yang baru. 

Memang setiap masyarakat juga akan pastinya mengalami perubahan perubahan. Berupa nilai, norma, pola perilaku organisasi, berbagai susunan lembaga, lapisan masyarakat.

Kemudian, perubahan pada kekuasaan, wewenang, interaksi sosial, hubungan sosial, dan masih banyak lagi perubahan yang sering terjadi di masyarakat. 

Perubahan ini selalu menjadi penghias dalam keseharian masyarakat. Oleh karena itu, setiap individu yang tergabung di dalam masyarakat mestinya bisa menyesuaikan atau beradaptasi.

Dengan berbagai kemungkinan yang terjadi akibat adanya perubahan sosial di kehidupan masyarakat sehari harinya.

Dengan demikian, dapat diberikan kesimpulan bahwa perubahan sosial ialah perubahan yang terjadi dalam masyarakat.

Dimana meliputi perubahan pada struktur, sistem dan organisasi sosial sebagai akibat adanya modifikasi pola pola kehidupan manusia. 

Yang mana juga dipengaruhi adanya faktor kebutuhan internal dan eksternal masyarakat itu sendiri dalam beraktivitasnya.

Begitulah terjadinya perubahan sosial dalam tahapan menjalankan berbagai rutinitas kehidupan antara individu atau manusia di masyarakat tersebut.

Nah itulah sekilas pemahaman mengenai pengertian perubahan sosial yang sering kita jumpai dan terjadi di kehidupan masyarakat.

Penyebab Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Ada beberapa sebab sebab dalam terjadinya perubahan sosial yang kamu lihat dalam kehidupan masyarakat sehari harinya.

Perubahan tidak datang dengan sendiri dalam memberikan pengaruh pada kehidupan sehari hari individu, kelompok maupun masyarakat dalam lebih luasnya lagi.

Oleh karena itu, penting juga untuk mengetahui dan memahami apa saja sebanarnya faktor penyebab atau sebab sebab terjadi perubahan sosial di masyarakat.

Lalu apa saja penyebab terjadinya perubahan sosial tersebut ? Nah kesempatan kali ini ada beberapa para ahli sosiolog mengungkapkan penyebab adanya perubahan sosial di masyarakat.

Berikut dibawah ini ada lima pendapat dari para ahli dan tokoh sosiolog yang menjelaskan sebab sebab terjadinya perubahan sosial, yaitu :

1. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Mereka mengatakan bahwa sebab sebab terjadinya perubahan sosial dikarenakan pengaruh dari dalam dan luar masyarakat.

Misalnya penyebab perubahan sosial dalam masyarakat yaitu bertambah dan berkurangnya penduduk, adanya penemuan baru, pertentangan, konflik, pemberontakan, dan revolusi.

2. Menurut Astrid S Susanto

Ia menyebut perubahan sosial muncul karena timbulnya keadaan geografis pada tempat pengelompokan sosial, keadaan biofisik kelompok, kebudayaan, maupun sifat anomi manusia.

3. Menurut Robert Sutherland

Dia menjelaskan bahwa faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial itu adalah adanya inovasi atau penemuan baru, dan pembaharuan.

Invensi atau penemuan baru, adaptasi atau penyesuaian secara sosial dan budaya, serta adanya adopsi penggunaan dari penemuan baru.

4. Menurut Alvin L Bertrand

Menurutnya perubahan sosial itu disebabkan oleh adanya faktor komunikasi yaitu proses dimana informasi disampaikan dari individu yang satu kepada individu lainnya.

Sedangkan yang dikomunikasikan adalah sebuah gagasan atau ide maupun hasil dari budaya yang berupa fisik tersebut.

5. Menurut Raymond Firth

Baginya perubahan sosial disebabkan karena penggerak tertentu dalam masyarakat yang bisa datang dari luar atau dalam masyarakat. 

Misalnya yang datang dari dalam seperti tekanan jumlah penduduk atas mata pencaharian. Kemudian, yang datang dari luar seperti lingkungan pergaulan masyarakat itu sendiri. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan mengenai topik pembelaran seputar Penyebab Perubahan Sosial Menurut 5 Para Ahli.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi Kelas XII SMA dan MA penulis oleh Dwi Mulyono

Buku Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat oleh Prof Dr H M Burhan Bungin, S.Sos., M.Si | Guru Besar Ilmu Sosiologi Komunikasi

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Penyebab Perubahan Sosial Menurut 5 Para Ahli
Penyebab Perubahan Sosial Menurut 5 Para Ahli
Penyebab Perubahan Sosial Menurut 5 Para Ahli
https://1.bp.blogspot.com/-4lEk6A76zVk/YaTGWJ2VxPI/AAAAAAAAGew/VT3Qes2vZXol6na2lNSY2UGDHx07GbYIwCLcBGAsYHQ/s16000/Penyebab%2BPerubahan%2BSosial%2BMenurut%2B5%2BPara%2BAhli.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-4lEk6A76zVk/YaTGWJ2VxPI/AAAAAAAAGew/VT3Qes2vZXol6na2lNSY2UGDHx07GbYIwCLcBGAsYHQ/s72-c/Penyebab%2BPerubahan%2BSosial%2BMenurut%2B5%2BPara%2BAhli.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/11/penyebab-perubahan-sosial-menurut-5-para-ahli.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/11/penyebab-perubahan-sosial-menurut-5-para-ahli.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy