9+ Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli - Referensi Artikel Sosiologi 9+ Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

9+ Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

Ada 9+ Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli.

Ada 9+ Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

Sosiologi Info - Mau cari pengertian atau definisi kemiskinan yang terjadi di lingkungan kehidupan sosial masyarakat ?

Nah berikut penjelasan dan pemahaman tentang pengertian kemiskinan menurut para ahli yang ada, yuk baca langsung. 

Memahami Sekilas Kemiskinan 

Permasalahan sosial yang ada di kehidupan masyarakat memang begitu banyak dengan berbagai macam serta kompleksitas yang berbeda beda. 

Mulai dari adanya gejala sosial penyimpangan, kriminalitas, pelecehan seksual, serta bentuk pelanggaran nilai dan norma yang ada, dan menjadi konsensus.

Begitu juga adanya permasalahan atau fenomena sosial tentang kemiskinan atau orang orang miskin yang menghiasi suatu negara atau daerah wilayah tersebut. 

Lalu apa sih pengertian dari kemiskinan yang disampaikan oleh para ahli ? Mau tahu, simak penjelasan dan ulasannya berikut dibawah ini ya.

Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

Ada beberapa para ahli yang memberikan pendapat dan pengertiannya tentang kemiskinan yang ada di masyarakat, yaitu sebagai berikut :

1. Soerjono Soekanto

Ia menjelaskan bahwa kemiskinan diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang tidak dapat dan tidak sanggup dalam memelihara dirinya sendiri.

Dengan suatu taraf kehidupan kelompok, dan juga ia tidak mampu memanfaatkan tenaga mental, maupun fisiknya dalam kelompok tersebut di masyarakat.

2. Amartya Sen

Dia menyampaikan bahwa seseorang dikatakan miskin bila mengalamai capability deprivation dimana seseorang tersebut mengalami kekurangan kebebasan yang substantif.

3. Levitan

Baginya mengatakan bahwa kemiskinan adalah kekurangan barang barang dan pelayanan pelayanan yang dibutuhkan untuk mencapai suatu standar hidup yang layak di masyarakat. 

4. Futurchman dan Marcelinus Moko

Mereka memberikan pendapatnya bahwa kemiskinan adalah ketidakmampuan individu atau rumah tangga yang ada untuk memenuhi kebutuhan dasar tersebut. 

5. Suparlan 

Ia menyebutkan kemiskinan diartikan sebagai suatu standar tingkat hidup yang rendah yaitu adanya suatu tingkat kekurangan materi pada sejumlah.

Maupun pada segolongan orang dibandingkan dengan standar kehidupan yang umum berlaku dalam masyarakat yang bersangkutan. 

6. Reitsma dan Kleinpenning

Mereka menjelaskan kemiskinan sebagai ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya, baik yang bersifat material dan non material.

7. Friedman

Ia mengatakan bahwa kemiskinan adalah ketidaksamaan kesempatan untuk memformulasikan basis kekuasaan sosial.

Meliputi aset (tanah, perumahan, peralatan, dan kesehatan), sumber keuangan (pendapatan dan kredit yang memadai).

Kemudian, organisasi sosial politik yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai kepentingan bersama, jaringan sosial untuk memperoleh pekerjaan, barang, dan jasa.

Selanjutnya, ada pengetahuan atau keterampilan yang memadai dan informasi yang berguna bagi seseorang tersebut.

8. Oscar Lewis 

Ia menyampaikan orang orang miskin adalah kelompok yang mempunyai budaya kemiskinan sendiri yang mencakup karakteristik psikologis sosialnya dan ekonomi.

9. Drewnowski

Menurut dia menyebutkan bahwa dengan mengunakan indikator indikator sosial untuk mengukur tingkat tingkat kehidupan.

Ia menjelaskan ada tiga tingkatan kebutuhan untuk menentukan tingkatan kehidupan seseorang yaitu sebagai berikut :

> Kehidupan fisik dasar meliputi gizi, nutrisi, perlindungan dan perumahan serta kesehatan

> Kebutuhan budaya dasar bisa meliputi pendidikan, hiburan, rekreasi dan jaminan sosial

> High income yaitu meliputi pendapatan yang surplus atau lebih

10. United Nations Development Program (UNDP)

Lembaga ini mengatakan bahwa kemiskinan sebagai ketidakmampuan untuk memperluas pilihan pilihan dalam hidup.

Antara lain seperti dengan memasukan penilaian tidak adanya partisipasi dalam pengambilan keputusan publik sebagai salah satu indikator kemiskinan.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman serta ulasan mengenai topik Ada 9+ Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk kelas 10 SMA dan MA kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya yaitu Dwi Mulyono

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 9+ Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli
9+ Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli
Ada 9+ Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli.
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjKEq9kUu_rb7bF7aWucW1G15q2fGlYFjPdt4g9pyOGkkBjD91OXSK-WFM9EVN5xleh0xAuS6_1prBygeBV2tWpHbnqqWnJ5kWdBA4aUsTFw2hEZmRKtl7cpZF0iWyY8iniQWI1yfzQijvYDDMeMAn8h0bO1UFQ0Zn7bqSNF02LG65NgPYIHGjucjih=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjKEq9kUu_rb7bF7aWucW1G15q2fGlYFjPdt4g9pyOGkkBjD91OXSK-WFM9EVN5xleh0xAuS6_1prBygeBV2tWpHbnqqWnJ5kWdBA4aUsTFw2hEZmRKtl7cpZF0iWyY8iniQWI1yfzQijvYDDMeMAn8h0bO1UFQ0Zn7bqSNF02LG65NgPYIHGjucjih=s72-c
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/12/9-pengertian-kemiskinan-menurut-para-ahli.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/12/9-pengertian-kemiskinan-menurut-para-ahli.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy