-->

Contoh Culture Shock dalam Masyarakat

Contoh Culture Shock dalam Masyarakat
Contoh Culture Shock dalam Masyarakat

Sosiologi Info - Apakah kamu pernah mengalami suatu gegar budaya atau culture shock yang ada di dalam masyarakat ?

Kalau belum, bisa cek nih ada contoh culture shock dalam masyarakat yang juga terjadi pada aktivitas di rempah rempah. Kok bisa? Yuk baca.

Tinggal di luar negeri, mungkin akan menjadi hal yang menyenangkan sekaligus membuat seseorang mengalami culture shock atau gegar budaya.

Apalagi bagi seseorang itu ia baru tinggal di suatu negara di luar negeri, misalnya untuk keperluan kerja, kuliah, sekolah, atau kegiatan lainnya yang butuh waktu lama.

Oleh karena itu, terkadang kebiasaan yang sudah ada pada seseorang dari daerah asalnya, sebut saja misalnya seperti dari Indonesia.

Sudah pasti akan terbiasa dengan berbagai rempah rempah yang ada di pasar, dan sering dijumpai dengan mudah, serta harganya yang terjangkau.

Namun apa jadinyanya jika seseorang yang tinggal di luar negeri. Yang mana ia juga mesti menyesuaikan rempah rempah yang digunakan.

Nah disinilah seseorang itu bisa saja mengalami suatu gegar budaya atau culture shock yang membuatnya harus kembali menyesuaikan diri.

Dengan apa yang akan dikonsumsi, terutamanya mengenai rempah rempah yang ada dalam kesehariannya, tidak ada di negara tempatnya sekarang berada. 

Baca Juga Disini : Pengertian Culture Shock, Penyebab, Gejala, Cara Mengatasinya

Berikut ini conoh dari culture shock yang bisa kita jumpai pada seseorang yang ada dalam masayrakat ketika berada di luar negeri, seperti di Negara Turki.

Dilansir Sosiologi Info dari instagram resmi Mahasiswi Sakarya University, Fadiah Mukhsen, yaitu pada akun @fadiahmukhsen.

Ia menceritakan culture shock yang bisa saja terjadi pada mahasiswa, atau masyarakat Indonesia dalam hal rempah rempah. 

"Culture Shock di Turki versi rempah-rempah checckkk. Kamu tahu nggak sih, nggak semua rempah rempah Indonesia ada di Turki," sebutnya, dikutip pada Sabtu, 25 Desember 2021. 

Dia melanjutkan dengan memberikan sample atau contohnya kemiri, daun jeruk, daun salam, serai, jeruk nipis, itu gak ada di Turki.

Nah terus di Turki adanya rempah rempah apa dong ? 

"Jangan khawatir ! Banyk juga kok seperti kunyit, jahe, kayu manis, bahkan rempah termahal di dunia ada di Turki," paparnya.

Ia kemudian bertanya mengenai rempah rempah termahal yang ada di dunia. "Kamu tahu nggak sih apa rempah paling mahal di dunia ?," ujarnya.

"Iya betul, saffron. Harga saffron bisa mencapai 200 - 600 juta perkilogramnya," tuturnya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan singkat mengenai topik pembahasan tentang Contoh Culture Shock dalam Masyarakat.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !