Pendekatan Ilmiah : Tahap Berpikir, Ciri Karakteristik, Pola - Referensi Artikel Sosiologi Pendekatan Ilmiah : Tahap Berpikir, Ciri Karakteristik, Pola | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

Pendekatan Ilmiah : Tahap Berpikir, Ciri Karakteristik, Pola

Pendekatan Ilmiah : Tahap Berpikir, Ciri Karakteristik, Pola

Pendekatan Ilmiah : Tahap Berpikir, Ciri Karakteristik, Pola

Sosiologi Info - Apa sih pengertian dari pendekatan ilmiah, bagaimana tahapan berpikirnya, ciri karakteristik dan pola pendekatan yang digunakan ?

Mau tahu jawabannya, kamu bisa simak penjelasan dan ulasan singkat dibawah ini ya agar lebih mudah memahaminya, yuk baca.

Sekilas Memahami Pendekatan Ilmiah

Apa sih pengertian dari pendekatan ilmiah adalah suatu mekanisme atau cara untuk mendapatkan pengetahuan dengan prosedur.

Yang mana didasarkan pada suatu struktur logis yang terdiri atas beberapa tahapan kerja yaitu mulai dari :

1. Adanya suatu kebutuhan yang objektif

2. Perumusan masalah

3. Pengumpulan teori

4. Perumusan hipotesis

5. Pengumpulan data atau informasi maupun fakta

6. Analisis data

7. Penarikan kesimpulan yang dilakukan 

Memang sih dalam sekilas pengertian pendekatan ilmiah ini adalah sebuah pendekatan yang disipliner dan pendekatan ilmu pengetahuan yang fungsional terhadap masalah tertentu.

Selanjutnya dalam pendekatan ilmiahs seseorang dituntut untuk dilakukan dengan cara cara maupun langkah serta tata urutan sehingga tercapai pengetahuan yang benar dan logis itu.

Tahapan Berpikir Ada Tiga

Ada beberapa tahap dalam berpikir ilmiah menurut Cholid Narbuko yaitu sebagai berikut :

1. Skeptik ialah upaya dalam untuk selalu menanyakan bukti bukti atau fakta fakta terhadap setiap suatu pernyataan. 

2. Analitik yaitu kegiatan untuk selalu menimbang nimbang suatu setiap permasalahan yang dihadapinya, yang mana relevan, menjadi masalah utama dan sebagainya. 

3. Kritik ialah cara berupaya untuk mengembangkan kemampuan dalam menimbangnya selalu objektif, serta untuk itu maka perlu dituntut agar data dan pola berpikirnya selalu logis.

Tiga Ciri Karakteristik Pendekatan Ilmiah

Ada tiga ciri ciri dari pendekatan ilmiah menurut Checkland dalam Aria Susman. Ia mengatakan dalam sejarah perkembangan ilmu dapat dibagi menjadi tiga karakteristik yaitu :

1. Reductionism ialah pendekatan yang mereduksi kompleksitas permasalahannya menjadi bagian bagian yang lebih kecil, hingga dapat dengan mudah diamati serta diteliti. 

2. Repeatability ialah suatu pengetahuan yang disebut ilmu, apabila pengetahuan itu dapat dibuktikan dengan mengulang sebuah eksperimen atau penelitian yang dilakukan oleh orang lain, pada tempat dan waktu yang berbeda beda. 

3. Refutation yaitu sifat atau ciri ini memberikan syarat bahwa suatu ilmu harus membuat informasi yang dapat ditolak kebenarannya oleh orang lain. 

Dua Pola Pendekatan Ilmiah

Ada dua pola berpikir dalam pendekatan ilmiah yang perlu kamu ketahui untuk menjadikan dasar dalam proses penelitian, yaitu : 

1. Pola Pikir Pendekatan Induktif dimana pengambilan dari kesimpulan dari kasus yang ini bersifat khusus menjadi kesimpulan yang bersifat umum. 

2. Pola Pikir Pendekatan Deduktif dimana pengambilan dalam kesimpulan dari kasus yang bersifat umum menjadi kasus yang bersifat khusus. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman mengenai topik pembahasan tentang Pendekatan Ilmiah : Tahap Berpikir, Ciri Karakteristik, Pola.

Sumber Referensi : 

https://www.trigonalmedia.com/2015/09/pendekatan-ilmiah.html

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Pendekatan Ilmiah : Tahap Berpikir, Ciri Karakteristik, Pola
Pendekatan Ilmiah : Tahap Berpikir, Ciri Karakteristik, Pola
Pendekatan Ilmiah : Tahap Berpikir, Ciri Karakteristik, Pola
https://1.bp.blogspot.com/-CUcjuah5O0I/Ya2i_enXPxI/AAAAAAAAGkI/T_Dw4TljgFQ5xJZ6B2_D53nF3fB4S8PWACNcBGAsYHQ/s16000/Pendekatan%2BIlmiah%2BTahap%2BBerpikir%252C%2BCiri%2BKarakteristik%252C%2BPola.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CUcjuah5O0I/Ya2i_enXPxI/AAAAAAAAGkI/T_Dw4TljgFQ5xJZ6B2_D53nF3fB4S8PWACNcBGAsYHQ/s72-c/Pendekatan%2BIlmiah%2BTahap%2BBerpikir%252C%2BCiri%2BKarakteristik%252C%2BPola.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/12/pendekatan-ilmiah-tahap-berpikir-ciri-karakteristik-pola.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/12/pendekatan-ilmiah-tahap-berpikir-ciri-karakteristik-pola.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy