-->

10 Contoh Integrasi Sosial di Sekolah Sesama Teman

Ada 10 Contoh Integrasi Sosial di Sekolah Sesama Teman.
10 Contoh Integrasi Sosial di Sekolah Sesama Teman

Sosiologi Info - Apa saja Contoh Integrasi Sosial di Sekolah Sesama Teman yang sering kita lihat dan dilakukan oleh siswa atau pelajar.

Nah untuk mengetahui jawaban atas topik materi tentang integrasi sosial, mari simak penjelasan dan pemahamannya dibawah ini ya. 

Pengertian Integrasi Sosial

Memahami topik pembahasan tentang integrasi sosial kita harus mengenali dulu pengertian singkatnya. 

Nah integrasi adalah merupakan suatu persatuan yang mana ada berbagai macam jenis unsur yang berbeda beda di dalam kehidupan masyarakat tersebut. 

Yang mana ia akan menjadi satu kesatuan dan menjadi satu sehingga dapat menciptakan suatu persatuan di dalam proses sosial. 

Tidak hanya itu, integrasi sosial juga diartikan sebagai proses untuk penyesuaian sebagian unsur yang ada di masyarakat.

Dimana unsur itu berbeda beda sehingga perlu untuk disatukan dengan cara cara dan proses serta hubungan untuk saling berinteraksi, bertindak, dan berkomunikasi. 

Menurut Paul B Horton, dia mengatakan integrasi yakni suatu proses pengembangan masyarakat, yang mana setiap atau segenap kelompok ras, etnis.

Mereka mampu untuk berperan secara bersama sama di dalam kehidupan budaya, ekonomi dan lainnya di lingkungan sehari-harinya. 

Integrasi sosial juga perlu diterapkan dan dilakukan dalam lingkungan sekolah. 

Lalu apa saja contoh dari integrasi sosial pada lingkungan sekolah sesama antara teman ? Nah simak penjelasannya berikut dibawah ini ya. 

Contoh Integrasi Sosial di Sekolah Sesama Teman

Ada beberapa contoh yang bisa kita lihat dalam pelaksanaan atau menjalankan suatu integrasi sosial sesama teman di sekolah.

Maupun pada lingkungan sekolah yang memiliki keterkaitan untuk tetap melaksanakan integrasi sosial tersebut. Apa saja kira kira ?

Berikut ini daftar lengkap contoh terbaru yang sering kita jumpai dalam lingkungan sekolah diantara siswa atau pelajar, yaitu :

1. Kamu pasti ingat ketika dulu memakai seragam sekolah, pasti seragam kan, tidak ada pembeda, antara si a dan si b.

Semua siswa pelajar menggunakan pakaian seragam sama sesuai dengan hari dan kegunaan dari seragam sekolah tersebut.

Nah disinilah juga bagian dari contoh pelaksanaan integrasi sosial di lingkungan sekolah sesama teman, tanpa ada pembedaan.

Tidak lagi memandang, si a suku, agama atau tingkatan ekonomi, begitu juga untuk si b tidak lagi ada pandangan membedakan tersebut.

2. Mengikuti upacara bendara yang sering diadakan pada setiap hari senin maupun pada saat ada hari hari besar dan bersejarah. 

3. Menjunjung tinggi sikap dan bertindak toleran kepada siapa pun di lingkungan sekolah, diantara sesama teman atau murid. Tanpa ada membedakan agama seseorang tersebut. 

4. Selalu senang dan menjalin komunikasi antar sesama teman di sekolah, serta memberikan perlakuan sama, dan tidak memilih teman bermain.

5. Menghargai atau menghormati setiap kebudayaan seseorang teman di sekolah juga menjadi bagian penting dari integrasi sosial tersebut. 

6. Senang melakukan kerja sama dengan teman sesama di sekolah, tanpa lagi membedakan tingkatan ekonomi, etnis, suku atau pun lainnya.

7. Sama sama menjaga dan senang dalam mengenal kebudayaan antara sesama siswa yang mempunyai perbedaan budaya, adat istiadat. 

8. Antusias dalam mengikuti kerja kelompok antara teman sesama di sekolah juga menjadi bagian terpenting dalam integrasi sosial. 

9. Berbaur dan senang mengikuti kegiatan yang ada di sekolah dengan sesama teman, baik di luar sekolah maupun saat di dalam sekolah.

10. Mengunjungi atau menjeguk teman yang sedang sakit atau membantu teman yang sedang mengalami musibah. 

Dimana saling tolong menolong antar sesama siswa atau pelajar juga menjadi pelaksanaan dalam mewujudkan integrasi sosial di lingkungan sekolah. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan untuk memahami topik mengenai 10 Contoh Integrasi Sosial di Sekolah Sesama Teman. 

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk kelas XI SMA dan MA kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulis oleh Dwi Mulyono

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !