10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Hukum - Referensi Artikel Sosiologi 10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Hukum | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Hukum

Ada 10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Hukum.

10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Hukum

Sosiologi Info - Apa saja ya Dampak Positif dan Negatif dari kemajuan atau perkembangan IPTEK di Bidang Hukum ?

Mau tahu simak penjelasan dibawah ini tentang dampak ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek di kehidupan masyarakat sehari hari di Indonesia. Yuk baca

Perkembangan IPTEK DI Bidang Hukum

Berkenaan dengan pembangunan teknologi, seperti kemajuan dan perkembangan teknologi dan informasi melalui internet.

Peradaban manusia dihadapkan pada fenomena  baru yang mampu mengubah hampir setiap aspek kehidupan manusia. 

Pembangunan di bidang teknologi informasi (dengan segala aspek  pendukungnya) diharapkan membawa dampak positif bagi kehidupan manusia.

Yang pada akhirnya akan bermuara pada terciptanya peningkatan  kesejahteraan umat manusia. Tetapi dalam tersebut tentunya bukan hanya dampak positif saja yang akan kita rasakan.

Tetapi juga dampak negatifnya. Salah satu aspek yang memberikan dampak adalah kemajuan IPTEK di bidang hukum. 

Mau tahu jawaban dan penjelasanya, yuk simak pembahasan mengenai dampak positif dan negatif IPTEK di bidang hukum.

Perkembangan IPTEK pada saat ini membantu kehidupan manusia hampir di dalam segala bidang, teknologi konvensional mulai ditinggalkan.

Dan manusia beralih menggunakan teknologi baru yang lebih praktis, mudah, dan tidak banyak membutuhkan waktu dalam penggunaannya. 

Perkembangan IPTEK banyak memberi kemudahan-kemudahan bagi manusia dalam melakukan berbagai kegiatan. 

Tak kecuali dalam bidang hukum. IPTEK memberikan dampak dalam aspek hukum tersebut. Perkembangan hukum di Indonesia saat ini cukup terasa.

Seiring pertumbuhan penduduk dan perkembangan sosial kemasyarakatan. Berbagai macam penyakit masyarakat yang menuntut.

Dan mengharuskan hukum bergerak maju sebagai pengendali sosial untuk menjadi garda terdepan dalam menciptakan masyarakat yang tertib, maju dan sejahtera. 

Dalam hal ini tentunya perkembangan IPTEK mempengaruhi bagaimana perkembangan hukum terebut. 

Perubahan zaman tentunya juga memberikan pengaruh kepada kita baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif. 

Untuk itu mari kita bahas mengenai dampak positif dan negatif IPTEK dalam bidang hukum. Simak ulasan singkatnya dibawah ini ya sobat. 

Dampak Positif IPTEK di Bidang Hukum

Beberapa dampak bisa kita lihat di kehidupan masyarakat terkhususnya dalam bidang hukum yang sering kita jumpai, yaitu :

1. Kegiatan komunikasi untuk keperluan politik ataupun kepentingan lainnya yang berhubungan dengan hukum menyebabkan tersampaikannya informasi yang cepat.

Saat kita ingin melakukan kegiatan untuk berdiskusi perihal hukum seperti untuk keperluan politik, kita dapat secara cepat menyampaikannya. 

Sebab, adanya gadget untuk membantu kita menyampaikan pesa. Tak butuh waktu lama, kita dapat saling bertukar pesan. 

Misalnya kita kan bekerja sama dengan negara Singapura mengenai politik, dengan adanya teknologi tentunya dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi.

2. Perkembangan IPTEK di dalam masyarakat memberikan kemudahan untuk memperoleh informasi tentang hukum

Perkembangan IPTEK yang hadir di dalam masyarakat memberikan kemudahan, salah satunya kemudahan dalam mengakses informasi seputar hukum. 

Masyarakat dapat mencari di situs-situs hukum terkait apa yang mereka perlu tanpa harus bertanya kepada pihak lain. 

Misalnya kita ingin mencari tentang pasal-pasal tentang HAM, kita tidak perlu bertanya ke KOMNAS HAM, cukup mencari di website semuanya akan beres.

3. Meningkatkan hubungan diplomatik antar negara

Tentunya perkembangan IPTEK memberikan kemudahan dalam menjalin kerja sama, contohnya Indonesia yang bekerja sama dengan negara Laos dalam bidang hukum. 

Indonesia serta Laos memiliki persepsi yang sama dalam mengembangkan kerja sama, khususnya dalam memperkuat supremasi hukum, sistem hukum dan infrastruktur hukum.

4. Perkembangan IPTEK yang dapat membantu penegak hukum dalam mengurangi tingkat kejahatan

Penggunaan teknologi Perangkat Cerdas, dari ponsel pintar hingga tablet, dengan pertimbangan efisiensi dan keserbagunaannya. 

Alat-alat ini dapat membantu aparat penegak hukum melaporkan laporan insiden secara cepat dan nirkabel, mengambil foto, mengakses catatan polisi.

Mendapatkan informasi basis data kejahatan negara, dan banyak lagi. 

Pada dasarnya, teknologi ini memungkinkan personel penegak hukum untuk mengambil data yang diperlukan secara cepat dan efisien di mana saja.

5. Penegak hukum dapat dengan mudah memantau dan dapat cepat tanggap menghadapi permasalahan yang timbul di dalam masyarakat

Terlepas dari perkembangan teknologi, kejahatan-kejahatan yang bersifat konvensional tetap terjadi di masyarakat. 

Pencurian, perampokan, penyelundupan dan penggunaan narkoba, pembunuhan dan pemerkosaan, merupakan hal yang sering kita baca.

Atau dengar beritanya di berbagai media massa atau media sosial. 

Tentunya penegak hukum akan cepat tanggao melihat kasus yang beredar di media tersebut, sehingga permasalahan yang timbul tentunya akan segara cepat ditanggapi.

Dampak Negatif IPTEK di Bidang Hukum

Beberapa dampak bisa kita lihat di kehidupan masyarakat terkhususnya dalam bidang hukum yang sering kita jumpai, yaitu :

1. Banyaknya kejahatan di dunia maya (cyber crime) mulai dari hacking ke serer pemerintah dan merugikan banyak orang.

Dapat kita lihat bahwasanya kejahatan di dunia maya memang sangat merugikan bagi kita. 

Di  bidang hukum dapat kita lihat ketika hacking terjadi mengambil data-data pemerintahan tentunya akan merugikan banyak pihak.

2. Adanya ancaman disintegrasi bangsa dan negara yang akan menggoyahkan NKRI

Munculnya berita-berita yang tidak benar mengenai hukum di Indonesia, tentunya dapat membuat disintegrasi terjadi di tengah-tengah keidupan bermasyarakat.

3. Timbulnya unjuk rasa yang semakin berani dan terkadang mengabaikan kepentingan umum

Adanya para provokator akan membuat orang terpengaruh, sehingga masyarakat yang merasa itu benar akan membuat kerusakan baik itu kerusakan secara kecil maupun skala besar.

4. Lunturnya nilai-nilai politik yang berdasarkan kepada semangat kekeluargaan, musyawarah mufakat dan gotong royong.

5. Adanya konspirasi internasional, yaitu pertentangan kekuasaan dan percaturan politik.

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan serta pembahasan mengenai topik artikel tentang 10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Hukum di masyarakat.

Penulis Artikel : Mahasiwa Sosiologi Universitas Negeri Padang, Suci Kurnia Putri

Sumber Referensi: 

Perkembangan Teknologi dalam Penegakan Hukum. (2022). Retrieved 13 January 2022, from https://tangerangonline.id/2019/09/01/perkembangan-teknologi-dalam-penegakan-hukum/

Yuhandra, E., Akhmaddhian, S., Fathanudien, A., & Tendiyanto, T. (2022). Penyuluhan Hukum tentang Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget dan Media Sosial. Retrieved 13 January 2022, from https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/article/view/4028/2528

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Hukum
10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Hukum
Ada 10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Hukum.
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj7TQkWoLRlVV3AQa1vUfjf0DNB6LgdSS32WdyHlsz-yPakIlAUuwHAafxbBw_2U8CUXKwikNs6QN6tNkzb75ZyxGg8PGKqajIkfJZ84B11d75isKi1HnI8cx6-M_k_9qtocv4E38YGjpezpojJsn0nOFhbkXNItIZt95HPJGWyNmkoCSL5Z3phJkaM=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj7TQkWoLRlVV3AQa1vUfjf0DNB6LgdSS32WdyHlsz-yPakIlAUuwHAafxbBw_2U8CUXKwikNs6QN6tNkzb75ZyxGg8PGKqajIkfJZ84B11d75isKi1HnI8cx6-M_k_9qtocv4E38YGjpezpojJsn0nOFhbkXNItIZt95HPJGWyNmkoCSL5Z3phJkaM=s72-c
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2022/01/10-dampak-positif-dan-negatif-iptek-di-bidang-hukum.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2022/01/10-dampak-positif-dan-negatif-iptek-di-bidang-hukum.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy