-->

10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Ideologi

Ada 10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Ideologi dalam masyarakat kehidupan sehari-hari.
10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Ideologi

Sosiologi Info - Apa saja Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Ideologi yang ada di kehidupan masyarakat sehari harinya ?

Mau tahu jawabannya, mari simak penjelasan dan ulasan singkat dibawah ini, agar mudah memahami perkembangan dan kemajuan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Sekilas Memahami Perkembangan IPTEK

Masyarakat semakin mengarah kepada arah yang modern. Hampir saat ini semua kehidupan manusia dilakukan dengan cara baru yang serba canggih.

Mulai dari perkembangan peralatan mesin di perusahaan atau industri, serta kemajuan teknologi di bidang IT dan terciptanya smartphone.

Dalam membantu manusia untuk berkomunikasi, berinteraksi dengan banyak orang, keluarga yang jauh, hanya dengan video call, karena adanya hp yang bisa dibawa kemana mana.

Begitu juga dengan cepat nya akses internet yang memberikan kemudahan manusia untuk menjalankan komunikasi dan interaksi tersebut secara daring.

Bahkan disaat masa pandemi covid-19 pendidikan dialihkan semuanya ke daring atau online, sehingga belajar dari rumah.

Baca Juga : 6 Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap NKRI di Bidang Ideologi

Inilah kemudahan dan kecepatan dalam kemajuan suatu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberi pengaruh kepada masyarakat.

Hampir di semua bidang kehidupan masyarakat, Iptek masuk dengan berbagai manfaat dan kebutuhan yang menjadi seakan utama.

Bahkan rencananya, manusia atau tenaga manusia akan digantikan dengan robot yang dibuat oleh orang ahli di bidang teknologi buatan tersebut.

Nah salah satu yang juga menjadi perhatian kita bagaimana pengaruh dan dampak dari adanya Iptek terhadap bidang ideologi suatu negara.

Misalnya di Indonesia sendiri, akan memberikan dampak kepada masyarakat dalam kemajuan dan perkembangan Iptek terhadap ideologi di masyarakatnya sendiri.

Lantas apa saja dampak yang ditimbulkan dengan munculnya perkembangan dan kemajuan Iptek di bidang Ideologi ?

Baca Juga : 3 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan Iptek di Bidang Ideologi

Simak penjelasan dan ulasan serta pembahasan singkatnya dibawah ini dengan seksama ya sobat, jangan lewatkan.

Dampak Perkembangan dan Kemajuan IPTEK di Bidang Ideologi

Memang ada beberapa dampak yang akan ditimbulkan dengan kemajuan atau perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di kehidupan masyarakat.

Salah satunya dalam bidang Ideologi. Meliput dua dampak yaitu dampak positif dan negatif yang akan sering dijumpai di lingkungan masyarakat.

Dampak Positif 

Beberapa dampak baik dengan adanya perkembangan Iptek di bidang Ideologi yaitu antara lain sebagai berikut, meliputi : 

1. Akan memberikan dan membuat suatu pemahaman dan pengamalan dari idologi di negara tersebut, seperti di Indonesia ada ideologi Pancasila.

Akan selalu berkembang seriring dengan kemajuan dan perkembangan zamannya. Dalam hal ini adanya Iptek maka kegiatan sosial tidak selalu melulu kita hadir dilokasi tersebut.

Sekarang bisa melalui penyaluran dana atau dompet digital maupun melalui NGO di bidang digital yang mencari pendanaan tersebut.

Sehingga semua orang bisa ikut terlibat dalam mengalamkan ideologi Pancasila dengan konsep gotong royong, dan tolong menolong antar sesama yang membutuhkan.

2. Dengan pesatnya perkembangan dan kemajuan Iptek setiap orang akan mudah mengetahui ideologi suatu negara di luar negaranya sendiri

3. Akan dapat memberikan contoh terhadap tekad suatu negara lain dalam melakukan serta menentukan arah, tujuan cita cita yang ingin dicapai negara tersebut. 

Sehingga mendorong negara lain juga bersemangat dalam mencapai tujuan serta visi dan misi negara tersebut.

4. Begitu juga masyarakat akan sangat mudah dalam mebandingak suatu ideologi negara sendiri dengan negara lain di luar negeri.

Sehingga akan menemukan ideologi yang terbaik untuk di negaranya tersebut agar dapat dilaksanakan oleh masyarakatnya.

5. Pemerintahan dijalankan dengan cara terbuka dan demokrasi dilaksanakan oleh rakyat untuk rakyat. 

Sehingga berbagai kebijakan yang tidak memihak kepada rakyat akan dilakukan perbikan agar memberi manfaat dan berguna untuk masyarakat luas. 

Dengan demikian, pemerintahan yang jujur, bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme serta masyarakat yang berpikir ke arah positif, maju dan terdepan.

6. Dimana dengan kemajuan Iptek jika nantinya ideologi yang digunakan masih belum baik dan itu dapat dilakukan perbaikan dalam pelaksanaannya untuk di masa mendatang.

Yang sesuai dengan generasi selanjutnya. Jadi ideologi itu akan menyesuaikan seiring dengan pesatnya kemajuan zaman di masyarakat dunia.

Dampak Negatif

Beberapa dampak buruk dengan adanya perkembangan Iptek di bidang Ideologi yaitu antara lain sebagai berikut, meliputi : 

1. Dengan adanya kemajuan Iptek dapat membuat dan mengundang akan sesuatu hal yang negatif, misalnya dalam Sara.

Penyebaran informasi kebencian, perepcahan, konflik yang mana dapat mempercepat terjadinya perpecahan kesatuan dan persatuan bangsa itu sendiri.

2. Adanya aturan dalam undang-undang tentang mengatur kebebasan berpendapat. Maka dipastikan seseorang tidak akan mudah melakukan kritik.

Pandangannya, terhadap sesuatu hal karena adanya aturan yang mengikat, sebut saja UU ITE yang sudah banyak menjerat orang akibat ujaran kebencian, serta contoh lainnya.

3. Dimana seseorang dapat saling melakukan penghujatan satu sama lain di media sosial maupun media elektronik serta aplikasi yang ada di masayrakat. 

Dengan kemajuan tersebut, telah membuat masyarakat akan mudah berkonflik karena diciptakannya media sosial atau aplikasi online lainnya. 

4. Begitu juga adanya doktrin baru kepada masyarakat dengan adanya kemajuan Iptek, sehingga bisa saja doktrin ini berbeda dengan ideologi negara yang bersangkutan.

Misalnya saja di Indonesia. Yang menganut ideologi pancasila, ketika ada masuk doktrin yang diluar pancasila juga akan menjadi ancaman bagi keberlangsungan ideologi negara.

Nah itulah sekilas pembahasan dan ulasan singkat mengenai topik artikel tentang 10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Ideologi. 

Sumber Rujukan Sosiologi Info :

http://repositori.kemdikbud.go.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !