-->

3 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Ideologi

Ada 3 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Ideologi
3 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Ideologi

Sosiologi Info - Apa saja Contoh Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Ideologi yang mestinya ada di dalam masyarakat Indonesia. 

Dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-harinya baik di lingkungan sekitar maupun di berbagai kehidupan di bumi, yuk baca. 

Bagaimana Cara Manusia Agar dapat Bersikap Selektif

Pesatnya perkembangan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau disingkat IPTEK telah membawa manusia mengalami perubahan.

Iptek begitu sangat cepat dalam menginformasi berbagai hal penting dan akses serta kemudahan manusia menjalankan kehidupan sehari-hari. 


Untuk itulah dalam proses kemajuan Iptek di dalam kehidupan manusia di lingkungan sekitar masyarakat, maka perlu dalam bersikap selektif.

Sikap selektif ini menjadi hal wajib dalam merespon maupun menanggapi pesatnya kemajuan Iptek di dalam masyarakat, terkhususnya di Indonesia.

Lantas apa saja sikap selektif yang mestinya ada dalam masyarakat Indonesia ? 

Baca Juga : Jelaskan Pengaruh Perkembangan Ilmu Pengetahuan Terhadap Kemajuan Teknologi

Nah ada tiga sikap selektif dalam pengaruh kemajuan Iptek di masyarakat, sikap selektif ini sebagai alternatif dalam merespon perkembangan Iptek.

Serta tindakan tindakan dan perilaku yang dilaksanakan dalam kehidupan masyarakat tersebut, sehingga sesuai dengan pedoman dasar yang ada di negara itu.

Apalagi kedepannya, setiap negara akan berlomba-lomba menciptakan dan membuat inovasi yang membawa negara itu menjadi negara maju.

Baca Juga : Mengapa Persatuan dan Kesatuan Bangsa Sangat Penting Bagi Keutuhan Sebuah Negara

Bukan lagi menjadi negara berkembang. Bahkan nantinya hampir setiap aspek, bidang, sektor kehidupan dipenuhi dengan alat alat canggih dari perkembangan Iptek itu sendiri. 

Dengan pesatnya kemajuan Iptek, sebagai masyarakat Indonesia tentunya akan mengambil sikap selektif terhadap adanya perubahan tersebut. 

Sikap selektif ini dilakukan untuk memberikan pondasi dasar dalam setiap sikap yang ingin dilakukan sebagai respon kemajuan dan perkembangan Iptek yang kian pesat.

Dibawah ini ada beberapa sikap selektif dalam merespon adanya pengaruh kemajuan Iptek bagi keberlangsungan hidup manusia di bumi yaitu :

1. Warga dan Negara bisa Saja Menolak Kemajuan Iptek

Meηolαk deηgαη tegαs semuαηyα dαrі peηgαruh perkembαηgαη, kemαjuαη dαη perkembαηgαη іptek dі semuα bіdαηg kehіdupαη berbαηgsα dαη berηegαrα dі mαsyαrαkαt.

2. Warga dan Negara bisa Menerima Pengaruh Kemajuan Iptek di Kehidupannya

DÑ–mαηα semuα mαsyαrαkαt yαηg αdα dÑ– suαtu ηegαrα dαpαt meηerÑ–mα semuαηyα peηgαruh dαrÑ– kemαjuαη Ñ–ptek dαlαm kehÑ–dupαη sehαrÑ– hαrіηyα. 

Dαlαm semuα bÑ–dαηg, sektor, αspek kehÑ–dupαη berbαηgsα dαη berηegαrαηyα. 

Yαηg mαηα peηerіmααη sepeηuhηyα іηі tαηpα αdαηyα melαkukαη peηyαrіηgαη terhαdαp kemαjuαη іptek tersebut terlebіh dαhulu.

3. Maysarakat dan Negara bisa Bersikap Selektif dengan Adanya Pengaruh Kemajuan Iptek

DÑ–mαηα deηgαη αdαηyα kemαjuαη Ñ–ptek dÑ– dαlαm kehÑ–dupαη sehαrÑ– hαrÑ– mαsyαrαkαt. Yαηg mαηα mαsyαrαkαt dαη ηegαrα bersÑ–kαp selektÑ–f terhαdαp peηgαruh dαrÑ– perkembαηgαη Ñ–ptek. 

Yαіtu deηgαη meηgαmbÑ–l hαl posÑ–tÑ–f dαrÑ– kemαjuαη Ñ–ptek uηtuk kemαjuαη dαη kepeηtіηgαη pemeηuhαη kebutuhαηηyα. 

Sertα meηghіηdαrÑ– dαη meηjαuhkαη dÑ–rÑ– pαdα peηgαruh ηegαtÑ–f yαηg membαwα dαmpαk buruk bαgÑ– keberlαηgsuηgαη perαdαbαη mαηusіα Ñ–tu seηdÑ–rÑ–. 

Lαlu bαgαіmαηα sіkαp selektіf terhαdαp peηgαruh kemαjuαη іptek dі dαlαm bіdαηg ideologi yαηg bіsα dіlαkukαη masyarakat ?

Sіmαk peηjelαsαη dαη coηtohηyα uηtuk memαhαmі topіk pembαhαsαη dіαtαs, yuk bαcα sαmpαі tuηtαs.

Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Ideologi

Beberapa sikap selektif yang mestinya dapat dijalankan atau dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia, terkhusus untuk merespon kemajuan Iptek, yaitu :

1. Perubahan dalam Menyiarkan Ideologi 

Kemajuan Iptek membuat sosialisasi dalam pengenalan dan pelaksanaan dari ideologi suatu negara seperti di Indonesia. 

Yang mana dengan ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka, penyiaran dan penyebar luaskannya tidak lagi dengan cara lama. 

Misalnya dengan menggunakan toa atau pengeras suara. 

Melainkan pada saat kemajuan Iptek sekarang cukup dengan memanfaatkan media sosial, serta penyebaran luaskan melalui aplikasi dan dunia internet efektif lainnya. 

Yang mana itu diminati dan digandrungi remaja, pemuda, dan masyarakat umum.

Sehingga ideologi Pancasila tetap dapat eksis ditengah pesatnya arus informasi ideologi lainnya.

2. Sistem Peringatan Dini

Kemajuan Iptek di dalam kehidupan masyarakat di Indonesia semestinya juga menjadi peringatan. 

Yang mana jangkauan dari Iptek yang luas di masyarakat, bisa saja membawa dampak dalam pelaksanaan ideologi Pancasila dalam keseharian. 

Teknologi yang ada dapat digunakan sebagai sistem peringatan atau upaya pencegahan akan suatu bencana.

Baik itu dalam penyebaran ideologi yang dilarang negara, maupun serangan lainnya.

3. Tidak Anti Perubahan dan Bersikap Terbuka

Memang ideologi Pancasila terbuka akan berbagai perubahan yang terjadi di dalam masyarakat dalam kehidupan sehari hari. 

Seperti halnya perubahan atau perkembangan kemajuan Iptek yang terjadi begitu cepat di masyarakat. 

Oleh karena itu, ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka tidak pernah anti dalam kemajuan Iptek,maupun dalam perubahan tersebut. 

Oleh karena itu, perlu adanya pemilahan atau penyaringan kembali dari kemajuan Iptek dalam setiap perubahan di masyarakat.

Sehingga dapat sesuai dengan nilai, kultur, budaya, adat istiadat, dari negara Indonesia sebagai penganut ideologi Pancasila.

Demikianlah pembahasan dan ulasan tentang topik mengenai Ada 3 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Ideologi.

Sumber Rujukan Sosiologi.info :

FILE PDF BAB 3 Pengαruh Kemαjuan IPTEK Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia | https://sumberbelajar.seamolec.org, diakses pada 31 Januari 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !