-->

11 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Pendidikan

Ada 11 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Pendidikan dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya.
11 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Pendidikan

Sosiologi Info - Sudah pada tahu apa saja ya Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Pendidikan dalam kehidupan masyarakat sehari harinya ?

Simak ulasan dan penjelasan singkatnya dibawah ini untuk memahami apa itu dampak dari modernisasi dalam keseharian masyarakat, yuk baca. 

Apa Itu Pengertian Modernisasi

Perlahan lahan manusia mengarah kepada perubahan untuk menuju masyarakat modern. 

Dimana hal ini mendorong akan terjadinya modernisasi diberbagai bidang dan sektor kehidupan masyarakat. 

Sebut saja dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, perkebunan atau pertanian, pendidikan, dan lainnya. Lalu apa sih pengertian dari modernisasi itu ? 

Nah modernisasi adalah merupakan suatu proses untuk menuju ke masa kini atau proses untuk menuju dan mencapai masyarakat modern. 

Tidak hanya, modernisasi dapat juga diartikan sebagai suatu proses perubahan dari masayrakat tradisional ke masyarakat modern. 

Nah karena pada kesempatan ini kita akan membahas modernisasi dalam bidang pendidikan. Maka kita juga perlu memahami pendidikan itu.

Pendidikan ialah suatu usaha sadar dan terencana untuk dapat mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran kepada para peserta didik.

Atau siswa atau pelajar dan mahasiswa agar secara aktif dapat mengembangkan keterampilan, skill dan jiwa sosialnya. 

Dimana juga untuk mempunyai kekuatan dalam spiritual keagamaan, pengendalain dirinya, mengenal karakter atau kepribadiannya, kecerdasan, dan lainnya.

Oleh karena itu, modernisasi pendidikan merupakan suatu ptoses perubahan dalam usaha mewujudkan kegiatan belajar dan mengajar.

Untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa/pelajar, mahasiswa tersebut. Dengan tujuan agar dapat mengendalikan diri, memunculkan jiwa dan kepekaan sosial.

Kemudian, meningkatkan keterampilan dan kecerdasan serta membuat seorang menjadi berahlak mulia di masyarakat. 

Baca Juga : Pengaruh Kemajuan IPTEK Terjadap NKRI di Bidang Pendidikan

Dimana dalam prosesnya ini dimulai dari arah tradisional menuju modern yang lebih baik dan menyesuaikan perkembangan kemajuan zaman di era digitalisasi.

Nah itulah sekilas pemahaman tentang modernisasi pendidikan. Namun, kita tidak bisa memungkirinya, bahwa modernisasi membawa dampak bagi masyarakat itu sendiri.

Lantas apa saja dampak dari modernisasi di bidang pendidikan ? Simak pembahasan singkat dibawah ini dengan seksama ya.

Dampak Modernisasi di Bidang Pendidikan

Setiap yang namanya suatu perubahan itu pasti mendatangkan dampak yang akan dirasakan dan dijumpai oleh masyarakat itu sendiri.

Begitu juga dengan adanya suatu modernisasi di dalam kehidupan sehari-harinya tersebut. Lalu apa saja dampak yang ditimbulkan akibat modernisasi itu ? Berikut ulasannya singkat.

Dampak Positif 

Ada beberapa pengaruh akibat adanya modernisasi khsusunya di bidang pendidikan dengan dampak positif yaitu sebagai berikut :

1. Kemudahan akan pembelajaran yang mengalami perubahan semakin mengarah kepada digitalisasi yaitu belajar online atau daring.

Dimana sekolah atau pendidikan tidak lagi mesti datang ke sekolah duduk manis mendengarkan guru, lebih dari pada itu.

Dengan modernisasi siswa tidak lagi datang ke sekolah untuk belajar, cukup mengikuti kelas online atau daring yang dilakukan. 

Siswa dapat menambah pengetahuannya dengan belajar online serta mencari bahan dan bacaan sendiri secara mandiri di dengan bantuan internet dan aplikasi belajar lainnya.

2. Memberikan kemudahan dalam mendapatkan akses informasi yang terbuka untuk umum dan setiap pelajar bisa leluasa mengaksesnya, tanpa ada batasan.

Pelajar saat ini bisa dengan mudah dan gambang dalam melakukan pembelajaran online, hanya dengan smartphone sudah bisa mengakses materi, contoh soal, menjawab soal, dan lainnya.

Siswa akan lebih mandiri dalam melakukan proses pembelajaran tersebut, tidak kaku, dan berlangsung dengan santai.

3. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, pembelajaran yang cenderung online dan membuat lebih mudah, fleksibel, dan lebih interaktif karena memakai bantuan teknologi atau ilmu IT.

Hanya dengan satu aplikasi bejalar online, seperti sebut saja zoom, google meet, dan lainnya, yang menawarkan kemudahan tersebut.

4. Modernisasi juga dapat memberikan peningkatan di dalam penambahan infrastruktur sebut saja fasilitas jaringan, dan akses lainnya.

Begitu juga akan adanya pertukaran pelajar antar daerah maupun antar negara, yang memberi pengaruh positif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan tersebut. 

5. Dimana untuk mobilitas pendidikan akan semakin mudah dan gampang untuk dilakukan oleh masyarakat itu sendiri. 

Sekarang masyarakat yang ingin belajar online lah misalnya contoh, dia tidak lagi harus ke Jakarta untuk ikut kelas, webinar, hanya di rumah, bisa ikut pelatihan, atau kelas secara daring.

Dampak Negatif 

Ada beberapa pengaruh akibat adanya modernisasi khsusunya di bidang pendidikan dengan dampak negatif yaitu sebagai berikut :

1. Dengan berbagai kemudahan, akses informasi, sarana dan prasarana, peralatan, serta metode belajar membuat peranan pengetahuan murni pengajar atau tenaga pendidik. 

Dimana akan menjadi banyak berkurang sehingga dikhawatirkan berdampak pada menurunnya kualitas peserta didik atau pengajar tersebut.

2. Akses internet yang dapat dengan mudah didapat oleh pelajar ditakutkan berdampak dan memberikan pengaruh.

Kepada hal hal yang merusak dan masuk memberikan perubahan negatif kepada siswa tersebut. 

Setelah menonton atau menyaksiksan apa yang dia lihat di media sosial atau internet, dalam kebebasan akses informasi tersebut.

3. Dimana akan terjadinya peningkatan biaya pendidikan baik di sekolah dasar, smp, sma dan bahkan pada perguruan tinggi karena adanya kemajuan dan modernisasi tersebut. 

Maka bisa saja membuat tingkat pendidikan di masyarakat kian menurun dan banyak pemuda yang tidak sekolah karena mahalnya biaya pendidikan. 

Apalagi subsidi atau bantuan dari pemerintah yang tidak sebanding dengan jumlah peserta didik yang sekolah, dan tidak dapat menampung.

Atau memberikan semua siswa beasiswa atau bantuan. Sehingga sekolah menarik uang untuk menambah biaya pendidikan tersebut.

4. Dana atau biaya yang dikeluarkan dan disalurkan untuk melakukan modernisasi di bidang pendidikan yang besar sehingga tidak meratanya modernisasi tersebut. 

Akan membuat ketimpangan dalam dunia pendidikan. 

Misalnya saja perbandingan yang mencolok antara kualitas pendidikan di kota dan daerah pedalaman akan sangat jauh berbeda, mulai dari fasilitas, sarana, prasarana dan sejenisnya. 

5. Masyarakat yang kurang mempunyai biaya untuk menyekolahkan anaknya akan memutuskan untuk tidak menyekolahkan anaknya.

Modernisasi terkadang membuat peserta didik harus memenuhi fasilitasnya sendiri. Misalnya saja dalam masa Pandemi covid-19 dimana siswa diwajibkan belajar daring.

Bahkan ada siswa yang tidak mampu membli smartphone, membuat orang tuanya harus berhutang dulu. 

Disinilah mahalnya modernisasi dalam bidang pendidikan yang juga harus akan dipenuhi oleh orang tua siswa. 

6. Membuat munculnya jiwa dan sikap indivualisme seseorang, hilangnya nilai nilai sosial, budaya dan norma di masyarakat tersebut. 

Serta membuat seseorang menjadi pemalas dan menurunnya etos kerja seseorang dalam kesehariannya karena modernisasi tersebut.

Misalnya contoh saat menggunakan smartphone terlalu berlebihan dan berjam jam hanya untuk main main di media sosial. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan mengenai pembahasan tentang 11 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Pendidikan.

Sumber Referensi Sosiologi Info : 

http://digilib.uinsby.ac.id

https://emodul.kemdikbud.go.id

https://prezi.com/gzk8fh7ewubp/dampak-modernisasi-terhadap-pendidikan/

https://brainly.co.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !