13 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Sosial Budaya - Referensi Artikel Sosiologi 13 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Sosial Budaya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

13 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Sosial Budaya

Ada 13 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Sosial Budaya.

13 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Sosial Budaya

Sosiologi Info - Apa saja ya Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Sosila Budaya di kehidupan masyarakat sehari-harinya ?

Nah mau tahu jawabannya mari simak ulasan dan penjelasan singkat dibawah berikut ini, baca dengan seksama agar pahami.

Sekilas Memahami Modernisasi

Apakah kamu pernah mendengar istilah modernisasi dalam aktivitas sehari harinya ? Kalau belum mari kita sama sama memahami dengan singkat, apa itu pengertian modernisasi.

Modernisasi adalah merupakan suatu perubahan keadaan dimana belum maju akan menjadi lebih maju dan proses menuju kehidupan masyarakat yang modern.

Diberbagai bidang atau aspek kehidupan masyarakat. Sebut saja seperti di bidang pendidikan, sosial budaya, politik, ekonomi dan lainnya. 

Memang proses modernisasi ini bisa kita lihat dalam perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek yang ada di masyarakat.

Tidaknya itu, proses modernisasi juga tidak bisa dilepaskan dari kedekatan atau pengaruh adanya suatu globalisasi di masyarakat itu sendiri. 

Modernisasi juga akan memberikan suatu dampak kepada keberlangsungan masyarakat yang ada di kehidupannya sehari hari.

Lantas apa saja dampak yang muncul akibat adanya suatu modernisasi tersebut ? Mari simak dibawah ini ulasan singkatnya, yuk baca.

Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Sosial Budaya

Ada beberapa dampak yang akan ditimbulkan dan dimunculkan dalam modernisasi di bidang sosial budaya khususnya di masyarakat Indonesia.

Untuk lebih lanjut membaca informasi mengenai topik pembahasan diatas mari satu satu kita pahami, yaitu sebagai berikut :

Dampak Positif 

Simak beberapa pengaruh dari adanya modernisasi dalam bidang sosial budaya dalam kehidupan masyarakat sehari hari, mulai dari :

1. Semakin berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau Iptek di Masyarakat

Tidak menutup kemungkinan dengan adanya modernisasi manusia juga harus bersiap dalam melakukan perubahan terhadap hal hal baru. 

Disinilah proses dalam mengubah pola pikir seseorang. Apalagi dengan masuknya ilmu pengetahuan dan teknologi baru.

Sehingga dapat membantu meringankan beban pekerjaan yang masih dilakukan secara konvensional atau dengan tenaga manusia. 

Maka dengan adanya modernisasi bukan tidak mungkin perlatan canggih menggantikan manusia.

Sebut saja seperti robot, yang bisa melayani penjualan yang sudah mulai dilakuka uji coba, serta contoh lainnya.

2. Bisa merubah suatu tata nilai dan sikap manusia itu sendiri

Dengan adanya modernisasi membuat masyarakat untuk dapat berpikir secara rasional dan ilmiah, yang mungkin awalnya masih berpikir dengan cara tidak rasional. 

Nah pemikiran tidak rasional inilah cara berpikir yang tidak berdasarkan dengan suatu akal maupun logika. 

Tetapi akan lebih menggunakan emosi, dan menghalalkan segala cara atau lainnya. 

Namun, jika seseorang sudah berpikir ilmiah atau rasional maka bisa saja akan merubah suatu tata nilai dan sikap sehari harinya masyarakat tersebut dalam sosial budaya. 

3. Akan membuat semakin meningkatnya budaya promosi yang dijual belikan

Nah dengan adanya kemajuan dalam modernisasi di bidang sosial budaya, maka tentu akan membuat adanya suatu peningkatan promosi.

Dalam hasil hasil karya seseorang terutamanya karya lokal. 

Sebut saja misalnya motor listrik yang dipamerkan presiden atau mobil SMK yang sempat viral, dan contoh lainnya di kehidupan bermasyarakat.

4. Akan meningkatkan keinginan untuk mengembangkan suatu kualitas diri seseorang

Era modern seperti sekarang ini membuat berbagai persaingan semakin ketat dan perkembangan teknologi membuat semakin canggih. 

Maka setiap orang akan wajib dan harus mengembangkan kualitas dirinya. 

Dengan tujuan agar mampu bersaing dalam era modernisasi yang semakin kompetitif, bersaing, berkompetisi, serta terus mengasah kemampuan skill yang mengarah kepada hal positif. 

Misalnya seseorang yang ingin melakukan dan menambah kemampuan dalam bidang desain, pembuatan aplikasi dan sejenisnya. 

5. Akan meningkatkan kualitas serta taraf pendidikan di masyarakat

Dengan adanya perkembangan dan kemajuan dalam modernisasi memberikan kesempatan dan peluang dalam meningkatkan taraf di dalam pendidikan. 

Sebut saja misalnya pengembangan skill pelajar, menggali potensi diri seseorang, dan lainnya. 

Dengan demikian, cara inilah akan membuat adanya suatu peningkatan dalam kualitas sumber daya manusia.

Yang mampu bersaing dalam dunia industri dan dalam pekerjaan yang ada di perusahaan di masyarakat. 

Maupun dalam hal kerjasama, pertukaran pelajar, mahasiswa antara negara dengan suatu negara lainnya, sehingga membuat adanya budaya baru yang memberi semangat.

Untuk melakukan pengembangan lagi serta perubahan yang mendasar dalam upaya membangun pendidikan di masyarakat. 

6. Bisa juga akan memperkuat adanya kesatuan dan persatuan di masyarakat

Kita mesti ingat bahwa karakteristik manusia moder adalah punya sikap yang terbuka, dan menerima masukan atau saran dalam segala bentuk perubahan. 

Akan lebih menghargai karya, prestasi dan punya orientasi yang mengarah kepada masa depan. 

Dengan hal itulah manusia moder akan mudah dalam melakukan interaksi, komunikasi di dalam masyarakat. 

Nah dalam proses interaksi dan komunikasi yang lancar ini lah dapat memberikan hubungan yang kuat untuk menuju kearah persatuan dan kesatuan di masyarakat.

Dampak Negatif

Simak beberapa pengaruh dari adanya modernisasi dalam bidang sosial budaya dalam kehidupan masyarakat sehari hari, mulai dari :

1. Akan meningkatnya tindakan kriminalitas di masyarakat

Perkembangan dan kemajuan dalam hal ini modernisasi akan membuat munculnya berbagai tindakan kriminalitas atau kejahatan di masyarakat. 

Sebut saja pencurian, perampokan, dan tindakan kriminal lainnya. Semuanya bisa saja terjadi akibat pengaruh modernisasi tersebut di masyarakat. 

2. Bisa membuat terjadi kurangnya rasa bangga dengan produk dalam negeri

Dengan adanya modernisasi di masyarakat membuat setiap individu memiliki kesempatan yang bebas dalam memilih produk.

Maka bisa saja masyarakat lokal tidak bisa menghargai dan menggunakan atau bangga terhadap produk dalam negeri. 

Mungkin saja karena harga yang mahal atau kualitas yang bahan berbeda, sehingga masyarakat lebih menyukai produk luar negeri.

3. Akan juga membuat dan menimbulkan masalah atau gejala sosial dalam keluarga 

Modernisasi juga akan membawa dampak negatif bagi keberlangsungan suatu keluarga. Karena dengan adanya modernisasi bisa saja membawa gejala dan masalah sosial.

Sebut saja seperti pengaruh media sosial yang membuat ruang interaksi dan komunikasi di dalam keluarga cenderung kaku dan tidak cair seperti biasanya. 

Misalnya ketika berkumpul malah asiik sendiri bermain smartphone yang membuat kerenggangan yang berdampak negatif juga di keluarga. 

4. Akan menumbuhkan suatu paham materialisme di masyarakat

Dimana suatu paham yang menilai segala sesuatunya dengan mater dan selalu berusaha untuk memperkaya diri sendiri dengan materi yang berlebihan. 

5. Akan meningkatnya atau adanya peningkatan dalam pola konsumtif di masyarakat

Semakin banyaknya produk di era modernisasi ini membuat masyarakat tidak bisa lagi membedakan mana yang memang dibutuhkan.

Diperlukan dengan kebutuhan yang tidak dibutuhkan. Sehingga membuat perilaku masyarakat semakin membeli produk dan barang yang berlebihan.

Atau bisa kita sebut dan dikenal dengan perilaku atau pola konsumtif yang terjadi di kehidupan masyarakat tersebut.

6. Makin membuat manusia bersikap secara individualisme

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam modernisasi juga membuat seseorang cenderung akan lebih bertindak secara individual, dari pada secara kerjasama atau kelompok.

7. Terjadinya suatu kesenjangan sosial yang begitu ketara di masyarakat

Dampak yang begitu terlihat dalam masyarakat akan terjadinya kesenjangan sosial di kehidupan masyarakat sehari harinya.

Makin membuat kesenjangan sosial ini terjadi karena suatu kondisi yang tidak relevan dan tidak sejalan lagi, dengan perubahan zaman.

Dimana tidak bisa diimbangi oleh seseorang, sebut saja misalnya seorang individu tidak bisa menambah atau meningkatkan skill dan keterampilannya. 

Bisa saja membuat dan berujung pada kesenjangan di masyarakat tersebut yang semakin ketara karena seseorang tidak bisa menyesuaikan atau tidak bisa beradaptasi. 

Nah itulah sekilas pembahasan dan penjelasan mengenai topik materi belajar tentang 13 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Sosila Budaya.

Sumber Referensi : https://emodul.kemdikbud.go.id

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 13 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Sosial Budaya
13 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Sosial Budaya
Ada 13 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Sosial Budaya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhlh2ghQpEq3L08ugchSeMNPgWg1CxzoW29h7StPcY5ug3UK00H-pv4MKpugyr0VFcom2UZ29t50Dz7ex-UY3GtBXLMMD4g4vIKaHm75Lf0sVixUhQEabva2jooD30n4-Y9wq1Kln9I9x5lylHhR5Br-px1EoVq4gUU3fgo3ai1jV2n2tR6aMMMXVXK=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhlh2ghQpEq3L08ugchSeMNPgWg1CxzoW29h7StPcY5ug3UK00H-pv4MKpugyr0VFcom2UZ29t50Dz7ex-UY3GtBXLMMD4g4vIKaHm75Lf0sVixUhQEabva2jooD30n4-Y9wq1Kln9I9x5lylHhR5Br-px1EoVq4gUU3fgo3ai1jV2n2tR6aMMMXVXK=s72-c
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2022/01/13-dampak-positif-dan-negatif-modernisasi-di-bidang-sosial-budaya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2022/01/13-dampak-positif-dan-negatif-modernisasi-di-bidang-sosial-budaya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy