-->

7 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Sosial Budaya, Contohnya

Ada 7 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Sosial Budaya, Contohnya.
7 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Sosial Budaya, Contohnya

Sosiologi Info - Apa saja Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Sosial Budaya yang bisa dilakukan masyarakat atau manusia di bumi NKRI ?

Nah untuk menjawab mari simak aja dulu penjelasan dan ulasan berikut ini mengenai topik pengaruh kemajuan IPTEK di kehidupan manusia sehari harinya. 

Sekilas Mengenal IPTEK 

Kemajuan IPTEK telah memasuki hampir semua sektor dan bidang kehidupan manusia di bumi. 

Masyarakat sudah menikmati serta mendapatkan dampak dan pengaruh dari adanya perkembangan Iptek yang begitu cepat terjadi. 

Baca Juga : Ada 13 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Globalisasi, Sebutkan Contohnya

Misalnya pengaruh dalam hal berkenaan dengan gaya hidup, gaya berpakaian, pemenuhan kebutuhan, dan banyak lagi perubahan.

Dari adanya pengaruh kemajuan Iptek tersebut untuk masyarakat. Bahkan sampai pada dasar-dasar suatu ikatan hidup kemasyarakatan.

Serta mudahnya seseorang untuk mendapatkan akses informasi maupun ilmu pengetahuan di era digital abad 20-an saat sekarang. 

Namun, pengarunya dan dampaknya tidak hanya mengarah kepada hal hal yang positif. 

Oleh sebab itu, perlu untuk kita mengantisipasi adanya dampak negatif di masyarakat akibat perkembangan Iptek yang pesat. 

Baca Juga : 18 Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Misalnya dengan terus mengedepankan nilai nilai budaya, sejarah, nilai nilai Pancasila, yang mana itulah selama ini menjadi pondasi dasar dalam kepribadian bangsa Indonesia.

Dengan tetap teguh dan terus mengamalkan ajaran ajaran sosial budaya yang telah tertanam di dalam masyarakat, kepada setiap generasi mesti diberikan wejangan dan pedoman.

Dalam menjalankan aktivitas sehari harinya di masa sekarang, serta panduan dalam menjalankan kehidupan di era derasnya pengaruh Iptek bagi masyarakat.

Cara cara ini lah yang semestinya terus dilakukan sosialiasi dan pengenalan terhadap nilai, norma dan pengamalan di masyarakat.

Baca Juga : 3 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Pendidikan

Guna menciptakan dan mewujudkan generasi emas yang dapat bersaing, selalu berinovasi, dan berkreatifitas pada setiap kemajuan Iptek.

Bukan malah terjebak pada hal hal negatif yang menjerumuskan dirinya kepada kemunduran, dan menghilangkan nilai nilai sosial budaya masyarakat setempat.

Oleh karena itulah, menjadi penting setiap manusia, pada generasi yang sekarang dan mendatang menyikapi kemajuan IPTEK dengan cara sikap sikap yang selektif.

Itulah yang sudah semestinya dilakukan sehingga kemajuan Iptek tidak menjadi bumerang yang merugikan dan memunahkan peradaban manusia khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Lalu bagaiman cara seseorang dapat bersikap selektif dalam menghadapi kemajuan dari perkembangan Iptek terkhususnya di bidang sosial budaya di masyarakat itu sendiri ?

Nah untuk menjawabnya, mari simak penjelasan dan ulasan berikut dibawah ini dengan seksama agar dapat bersikap selektif terhadap kemajuan Iptek.

Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Sosial Budaya, Contohnya

Mari coba kita lihat ada beberapa sikap yang bisa dilakukan oleh masyarakat sebagai langkah dalam menghadapi pengaruh kemajuan IPTEK di bidang sosil budaya, yaitu :

1. Membuka Diri Akan Suatu Inovasi dan Perubahan

Tanpa perlu melakukan pengekangan dan menutup diri terhadap kemajuan IPTEK. 

Sikap selektif yang bisa dilakukan masyarakat yaitu dengan terbuka terhadap hal yang berbau inovasi, serta perubahan di masyarakat.

Dengan cara inilah kita dapat mengambil sisi positif dari perkembangan IPTEK untuk peradaban manusia di bumi, bagi keberlangsungan hidupnya.

2. Dapat Menghargai Pekerjaan Seseorang

Kemajuan yang pesat akibat Iptek telah membawa manusia pada profesi pekerjaan yang beragam.

Oleh karena itu, setiap orang mestinya dapat menghormati dan menghargai setiap keputusan pekerjaan yang diambil oleh setiap manusia di lingkungan masyarakat tersebut. 

Yang mana memang pekerjaan yang dipilih itu juga sesuai dengan prestasi yang diperoleh manusia itu sendiri.

3. Begitu Juga dalam Menghargai Adanya HAM

Setiap manusia di bumi ini punya kebebasan yang sesuai dalam aturan Hak Asasi Manusia atau HAM. 

Oleh karena itu dalam perkembangan dan kemajuan IPTEK setiap orang mestinya dapat menghormati orang lain.

Dalam pengambilan keputusan sesuai HAM itu sendiri yang berlaku di masyarakat.

4. Memanfaatkan Potensi Alam dan Lingkungan dengan Maksimal

Memang akan menjadi penting memanfaatkan potensi alam, lingkungan untuk dapat dikembangkan pada pengembangan keberlanjutan untuk kelangsungan hidup manusia itu sendiri.

Misalnya dapat mengoptimalkan hasil pertanian, sumber daya alam, seperti tambang, timah, minyak dan gas untuk kesejahteraan masyarakat.

Dengan tetap mengedepankan pelestarian lingkungan sekitarnya, dan tidak mengeksplotasi secara berlebihan hasil alam tersebut. 

5. Masyarakat Bisa dan Dapat Memanfaatkan IPTEK 

Kemajuan dan perkembangan masyarakat modern yang begitu cepat dengan munculnya IPTEK mesti bisa dioptimalkan dan dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan sehari harinya. 

Misalnya dalam hal penggunaan IPTEK untuk penyebaran nilai nilai sosial budaya dengan pembuatan film, video untuk dapat ditonton masyarkat.

Serta generasi sekarang dan mendatang sebagai pondasi untuk menguatkan nilai nilai kemasyarakat, seperti budaya gotong royong, kerja bakti, saling tolong menolong, dan lainnya.

6. Memiliki Orientasi dalam Mengikuti Kemajuan IPTEK

Setiap orang yang ada dalam masyarakat mestinya dapat terus berorientasi pada masa depan dan mendatang bukan malah mengalami kemunuduran dan balik lagi ke masa lalu.

7. Terus Melakukan Update Skill dan Keterampilan

Masyarakat juga mesti secara aktif dalam melakukan upaya khsusunya meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau SDM di berbagai sektor penting di masa depan. 

Misalnya dengan cara meningkatkan pendidikan, kesehatan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat oleh negara itu sendiri.

Demikianlah penjelasan dan ulasan diatas mengenai topik pembahasan tentang 7 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Sosial Budaya, Contohnya.

Sumber Rujukan dari Sosiologi Info : 

FILE PDF BΑB 3 Pengαruh Kemαjuαn IPTEK Terhαdαp Negαrα Kesαtuαn Republik Indonesiα | https://sumberbelαjαr.seαmolec.org

File PDF Tema Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia | Mata Pelajaran PPKn | https://files1.simpkb.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !