-->

10 Contoh Sosialisasi di Lingkungan Kerja

Ada 10 Contoh Sosialisasi di Lingkungan Kerja, agen sosialisasi lingkungan kerja, contoh media sosialisasi lingkungan kerja.
10 Contoh Sosialisasi di Lingkungan Kerja

Sosiologi Info - Apa saja Contoh Sosialisasi di Lingkungan Kerja yang ada di dalam masyarakat di kehidupan dan lingkungan sekitarnya ?

Mari simak dibawah ini agen sosialisasi lingkungan kerja dan contoh media sosialisasi lingkungan kerja dalam masyarakat Indonesia, yuk baca ulasannya.

Sekilas Memahami Pengertian Sosialisasi

Individu sebagai makhluk sosial yang hidup berdampingan dengan manusia lainnya, pasti akan melangsungkan sosialisasi antar sesama, baik individu sesama individu, dan antar kelompok. 

Oleh karena itulah tak mungkin setiap orang tidak melangsungkan interaksi dan komunikasi antar sesamanya.

Pasti akan terjadi, proses pengenalan lingkungan masyarakat dalam sehari harinya, saat seseorang beraktivitas. Lalu apa sih pengertian sosialisasi itu sendiri ? 

Secara umum dan sederhana pengertian sosialisasi adalah merupakan sebuah proses seumur hidup yang dilakukan manusia. 

Dimana berkenaan dengan cara seseorang individu dalam ikut mempelajari hidup, norma, nilai sosial yang terdapat di dalam suatu kelompok masyarakat. 

Nah dimana hal itu dilakukan agar dapat berkembang menjadi pribadi yang dapat diterima oleh lingkungan masyarakat dimana seseorang itu berada.

Menurut ahli atau tokoh Hassan Shadily menjelaskan pengertian sosialisasi adalah suatu proses saat seseorang mulai menerima dan menyesuaikan diri dengan adat istiadat suatu golongan.

Sehingga lambat laun ia akan merasa bagian dari golongan masyarakat tersebut. Sementara Peter L Berger mengatakan pengertian sosialisasi adalah suatu proses.

Dimana seseorang anak belajar untuk menjadi seorang anggota yang berpartisipasi di dalam kehidupan masyarakat.

Nah itulah sekilas memahami pengertian sosialisasi yang ada di dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya di lingkungan sekitar.

Lantas, apa saja contoh dari sosialisasi yang ada di dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya ? Pada kali ini khususnya di dalam lingkungan kerja, yuk simak dibawah ini.

Ada 10 Contoh Sosialisasi di Lingkungan Kerja

Beberapa contoh yang sering kita lihat dalam lingkungan kerja sehari-harinya di kehidupan sosial masyarakat Indonesia di lingkungan sekitar, yaitu sebagai berikut :

1. Saling Mengenal, Bergaul Antara Sesama Pekerja di Lingkungan Kerja

Agen sosialisasi yang juga penting di dalam masyarakat yaitu saat individu berada di dalam lingkungan tempat kerja.

Disinilah tahapan baru seseorang mengenal, beradaptasi dengan nilai dan norma baru. Mulai dengan menjalin bergaul antar sesama pekerja.

Dengan cara itulah merupakan salah satu agen sosialisasi di lingkungan kerja dan sebagai contoh media sosialisasi di lingkungn kerja di dalam masyarakat. 

2. Ramah Tamah antara Teman Kerja 

Memasuki dunia kerja, seseorang akan memulai lagi suatu kebiasaan baru untuk mempelajari apa saja nilai nilai penting untuk menjalin suatu hubungan dan proses sosial di tempat kerja.

Itulah mengapa penting sebagai aden sosialisasi yakni di dalam lingkungan kerja, seseorang untuk bersikap ramah tamah antar sesamanya.

Baik kepada senior, junior dan atasan yang ada di dalam struktur perusahaan di tempat kerja tersebut. Dari sinilah agen sosialisasi lingkungan kerja dapat  terbentuk. 

Dengan demikian itulah contoh media sosialisasi di dalam lingkungan kerja yang ada dan sering kita jumpai di masyarakat dalam sehari-harinya.

3. Menghormati Atasan atau Pimpinan di Tempat Lingkungan Kerja

Tidak sombong dalam menjalani aktivitas di dunia kerja menjadi hal penting. Karena setiap karyawan mesti saling membantu.

Tak kalah penting, untuk menghormati atasan yang menjadi pimpinan pada perusahaan tempat seseorang itu bekerja disana. 

Agen sosialisasi lingkungan kerja ini juga penting untuk dilaksanakan, agar jalinan silahturahmi, komunikasi, dan interaksi dapat berjalan dengan baik. 

Itulah contoh media sosialisasi di lingkungan kerja dalam keseharian masyarakat Indonesia pada saat masuk di dalam dunia kerja.

4. Bertemu Rekan Bisnis untuk Menjalin Kerjasama

Salah satu agen sosialisasi dalam lingkungan kerja yaitu kita akan bertemu berbagai rekan bisnis untuk menjalin suatu kerjasama antar perusahaan.

Disinilah juga menjadi contoh media sosialisasi di dalam lingkungan kerja yang ada di masyarakat Indonesia sehari-harinya.

5. Saat Menjalin Komunikasi dan Interaksi dengan Konsumen atau Pembeli

Tak hanya dengan bos, dan sesama karyawan. Nah dimana sosialisasi juga terjadi antara pembeli dan karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

Misalnya seseorang konsumen yang membeli dan menanyakan kendaraan mobil misalnya, maka disana akan terjadi proses sosial yaitu interaksi, dan komunikasi.

Disinilah agen sosialisasi di dalam lingkungan kerja antara karyawan dengan pembeli atau konsumen. 

Yang mana sebagai contoh media sosialisasi di dalam lingkungan kerja masyarakat sehari hari di kehidupan sosial kemasyarakatannya. 

6. Saat Karyawan Menyebarkan Selembaran atau Melakukan Promosi Produk

Berbagai upaya dilakukan karyawan dalam mengenalkan produk di perusahaan tempat ia bekerja, bisa dengan menyebarkan spanduk, brosur, dan berbagai sosialisasi di media sosial.

Disinilah peranan penting dari karyawan dalam setiap kemajuan dan pencapaian target dari perusahaan tersebut. 

Dengan demikian, itulah agen sosialisasi di lingkungan kerja dan sebagai contoh media sosialisasi di dalam lingkungan kerja.

7. Menjalin Interaksi dan Komunikasi Antara Sesama Tim yang Berbeda Divisi

Dalam perusahaan tempat seseorang bekerja, pasti akan ada pembagian divisi atau bidang kerja sesuai dengan skil masing masing.

Oleh karena itu, dalam rangka menjaga hubungan silahturahmi, maka diperluka sikap untuk saling interaksi dan berkomunikasi antara sesama rekan.

Meskipun berbeda divisi untuk dapat mengenal satu sama lainnya di dalam dunia kerja. Oleh karena itu dapat membuat tim yang kuat, kompak, dan solid.

Itulah agen sosialisasi di lingkungan kerja sebagai contoh media sosialisasi lingkungan kerja dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya.

8. Saat Semua Karyawan Diajak Bos untuk Rekreasi 

Liburan adalah salah satu kegiatan yang ditunggu oleh setiap karyawan karena lelah dalam bekerja akan terbayar saat bos mengajak untuk rekreasi.

Dalam prosesnya disinilah juga terbentuk agen sosialisasi di lingkungan dunia kerja antara sesama karyawan.

Apalagi dengan adanya game, kuis yang dapat mempererat silahturahmi, kekompokan, kerjasama, dan rasa memiliki satu sama lainnya. 

Itulah juga contoh media sosialisasi di dalam lingkungan kerja yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

9. Saat Ada Kegiatan HUT Perusahaan

Berbagai perlombaan dan kegiatan untuk menyambut HUT perusahaan juga menjadi bagian penting dalam proses menjalin interaksi dan komunikasi antara karyawan, masyarakat.

Karena nantinya akan ada kegiatan seperti jalan santai, donor darah, dan lainnya, yang mana diikuti oleh masyarakat luas.

Disinilah juga sebagai agen sosialisasi di lingkungan kerja dan contoh media sosialisasi di lingkungan kerja masyarakat.

10. Kegiatan atau Acara untuk Melakukan Motivasi Para Karyawan

Kegiatan atau acara yang dibuat oleh perusahaan sebagai upaya untuk melakukan penyampaian visi dan misi bersama.

Guna dapat mencapai target perusahaan yang ingin diraih. Nah inilah tujuan dari adanya pelaksanaan kegiatan motivasi yang sering dilakukan perusahaan kepada karyawannya.

Disinilah agen sosialisasi di lingkungan kerja terbentuk, beserta sebagai contoh media sosialisasi di dalam lingkungan kerja di masyarakat.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan Ada 10 Contoh Sosialisasi di Lingkungan Kerja, agen sosialisasi lingkungan kerja, contoh media sosialisasi lingkungan kerja.

Sumber Rujukan Sosiologi.info : 

http://direktori.pauddikmasjabar.kemdikbud.go.id/, diakses pada Selasa, 15 Februari 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !