-->

18 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Ada 18 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya, sebutkan, tulis apa saja pengaruh di masyarakat.


18 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Sosiologi Info - Apa saja Dampak atau Pengaruh Positif dan Negatif Globalisasi di bidang Sosial Budaya di kehidupan masyarakat sehari-harinya, sebutkan, tulis !

Mau tahu jawabannya, mari simak pembahasan dan penjelasan dibawah ini agar mudah memahami pengertian globalisasi, yuk baca. 

Penjelasan Mengenai Globalisasi

Perkembangan kehidupan manusia yang dinamis telah memberikan perubahan yang begitu singkat serta hampir tidak dirasakan.

Karena proses yang dialami dalam waktu tertentu. Apalagi dengan kemajuan teknologi dan informasi yang begitu cepat saat ini.

Baca Juga : Ada 23 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi 

Setiap orang bahkan punya smartphone dapat proses terjadinya suatu globalisasi menyeluruh di bumi. Dengan dimulainya suatu jaringan internet yang lancar.

Serta bantuan hp yang canggih, dan sudah dimiliki oleh hampir sebagian orang di bumi terkhususnya di Indonesia sendiri.

Dengan kemudahan akses untuk mendapatkan informasilah, akan memudahkan terjadinya suatu globalisasi menyeluruh di dalam kehidupan manusia itu.

Lalu apa sih pengertian dari globalisasi ? Secara umum dan historis pengertian globalisasi adalah berarti meluasnya suatu pengaruh akan kebudayaan, serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Dimana pengaruh ini terjadi keseluruh penjuru dunia dimana manusia tinggal dan menetap disana, dengan adanya bantuan teknologi dan informasi. 

Nah globalisasi akan terus bergerak secara dinamis sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia di bumi. Peradabannya terus bergerak mengikuti perubahan manusia yang dari tradisional ke modern. 

Menurut ahli dan tokoh Princeton N Lyman menjelaskan bahwa globalisasi diartikan "rapid growth of interdependency and connection in the world of trade and finance,".

Selanjutnya, menurut Davit Loy menjelaskan bahwa globalisasi sebagai "a complex set of development : economic, political, technological, and cultural."

Dengan demikian globalisasi adalah merupakan suatu pembangunan yang sangat kompleks yang dilakukan di segala bidang, misalnya politik, ekonomi, sosial, budaya, teknologi, dan lainnya. 

Selanjutnya, apa saja dampak dan pengaruh dari globalisasi baik yang positif dan negatif di dalam bidang sosial budaya masyarakat Indonesia ?

Mari simak dibawah ini pembahasan dan penjelasannya dengan seksama, agar dapat memahami materi tersebut dengan mudah ya.

Ada 10 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Beberapa pengaruh dan dampak baik yang positif maupun negatif dari globalisasi di dalam bidang sosial budaya masyarakat Indonesia 

Berikut dibawah ini Dampak Positif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya, yaitu :

1. Perkembangan yang Pesat terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK

Tidak bisa kita pungkiri bahwa dengan adanya globalisasi telah membawa pengaruh bagi keberlangsungan kehidupan manusia di bumi.

Terlebih lagi dengan pesatnya perkembangan Iptek yang mewarnai mulainya babak baru dari pengaruh globalisasi di masyarakat.

Dampak positif yang terasa di bidang sosial budaya masyarakat yaitu dengan terus berkembangnya berbagai kajian, penelitian, terutama untuk pengembangan Iptek.

Bagi kebermanfaatan serta kegunaan yang akan dipakai oleh masyarakat untuk menunjang kebutuhan hidupnya sehari-hari di lingkungan sekitar.

2. Adanya Peningkatan Kualitas Hidup Manusia 

Dengan perkembangan yang terbaru akibat adanya globalisasi telah memberikan pengaruh bagi peningkatan kualitas hidup manusia di bumi. 

Misalnya adanya berbagai penemuan untuk pengobatan dan penyembuhan penyakit dengan produk alam yang ada di bumi.

Serta hal penemuan lainnya dalam upaya peningkatan kualitas kehidupan manusia di bumi. Sebagai dampak positif dan pengaruh positif adanya globalisasi di masyarakat.

3. Akan Terjadinya Perubahan terhadap Tata Nilai Sosial di Masyarakat

Dengan adanya globalisasi di masyarakat Indonesia telah membawa dan memberikan suatu perubahan terhadap tata nilai sosial.

Misalnya adanya perubahan dalam etos kerja, sifat sportifitas dalam berbagai kompetisi berlangsung dilaksanakan oleh individu.

Serta memunculkan jiwa yang disiplin, mandiri dalam setiap usaha dan tindakannya karena adanya pengaruh positif dari globalisasi di Indonesia.

4. Terjadinya Kemudahan dalam Melakukan Hubungan antar Manusia

Nah tanpa disadari,manusia telah diberikan kemudahan dan kebermanfaatan dalam melangsungkan suatu hubungan sosial antar sesama manusia.

Dengan adanya globalisasi, maka jaringan internet yang bagus, serta bermunculan hp canggih untuk melakukan komunikasi dan interaksi secara online.

Disinilah proses komunikasi dan interaksi bisa berlangsung dimanapun dan kapanpun waktu itu diinginkan.

5. Memunculkan Budaya Baru yang Sesuai Zaman

Kemunculan berbagai budaya baru yang positif bagi keberlangsungan kehidupan manusia dibumi pada setiap zamannya, yang selalui menyesuaikan situasi dan kondisi. 

6. Terjadinya Perubahan Pola Pikir dan Memperbaiki Pola Pikir Manusia

Perubahan pada pola pikir manusia tradisional yang dulunya irasional sekarang menuju kepada pemikiran yang rasional di dalam setiap pengambilan keputusan.

7. Adanya Motivasi untuk Saling Memberikan Dukungan dan Pengaruh dalam Melakukan Pengembangan Skill atau Potensi

Setiap orang yang punya potensi dan skill akan saling mendukung, tidak ada saling untuk menjatuhkan, justru malah saling berkolaborasi dalam satu visi dan misi.

8. Semakin Besarnya Rasa Ingin Tahu Seseorang terhadap Hal atau Penemuan Baru di Dunia

Setiap manusia akan selalu bertumbuh dan berkembang pada penemuan atau hasil karya, yang dibuat diberbagai negara, melalui tangan manusia.

Oleh sebab itu, kemunculan berbagai temuan itulah yang membuat setiap individu di dalam masyarakat akan termotivasi dan ingin tahu lebih jauh mengenai temuan tersebut.

Nah itulah beberapa pengaruh dan dampak positif dari adanya globalisasi di bidang sosial budaya pada masyarakat di Indonesia.

Berikut dibawah ini Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya, yaitu :

1. Akan Melunturkan Nilai Nilai Kebudayaan Masyarakat Indonesia

Tanpa disadari pengaruh negatif dari globalisasi adalah akan menghilangkan budaya lokal masyarakat setempat,yang sudah ada tersebut.

Akibat adanya globalisasi yang berdampak negatif, karena akan dapat menghilangkan suatu nilai, norma dan budaya masyarakat setempat. 

2. Terjadinya Perubahan terhadap Gaya Hidup

Perubahan yang juga akan terlihat yaitu dengan adanya gaya hidup yang berubah akibat pengaruh dari globalisasi berdampak negatif.

Misalnya perempuan yang memakai rok pendek didepan umum, baju yang serba terbuka karena adanya pengaruh budaya luar di dalam masyarakat.

Terutama akses di media sosial yang tak bisa dibendung terjadi dan diakses generasi muda dari belahan mana pun akan mendapatkan pembaharuan budaya. 

3. Tak Terhindarkan, Eksploitasi Sumber Daya Alam

Inilah yang membuat pengaruh negatif dari globalisasi adalah semakin rakusnya manusia untuk melakukan eksploitasi sumber daya alam.

Yang malah merugikan kehidupan dan keberlangsungan hidup manusia terkhususnya bagi masyarakat Indonesia.

4. Kerusakan Lingkungan Terjadi Dimana-Mana

Akan terjadinya dampak negatif perihal kerusakan lingkungan akibat eksploitasi alam secara berlebihan, misalnya akan terjadi banjir, tanah longsor, akibat hutan yang ditebang.

Secara berlebihan dan ilegal untuk kebutuhan industri atau pendirian pabrik yang membuat terjjadinya pembuah limbah ke sungai atau laut.

5. Munculnya Sifat Individualisme

Tak terhindarkan memang, munculnya sifat individual yang terjadi akibat pengaruh dari globalisasi di lingkungan dalam kehidupan manusia di masyarakat.

Itu lah dampak negatif yang terjadi pada saat akibat adanya globalisasi di masyarakat Indonesia. 

6. Budaya Konsumtif yang Tumbuh dengan Pesat

Pertumbuhan ekonomi dan industri yang terjadi telah membawa manusia terkhususnya di Indonesia akan cenderung untuk bersikap lebih konsumtif.

Terhadap setiap pemenuhan kebutuhannya sehari hari, karena tidak lagi bisa melihat mana kebutuhan utama dan kebutuhan tidak utama.

Apalagi dengan munculnya berbagai aplikasi belanja online, yang membuat setiap orang mudah untuk bertransaksi.

7. Memunculkan Kesenjangan Sosial

Pengaruh dan dampak negatif dari globalisasi di lingkungan masyarakat yaitu munculnya suatu kesenjangan sosial di kehidupan manusia.

Antara si kaya dan miskin semakin terlihat jarang yang begitu jelas, karena penyaluran dan pendistribusian kekayaan sumber daya alam tak merata.

Begitu juga akibat berbagai pembangunan yang tidak merata dilakukan kepada masyarakat di seluruh pelosok negeri.

8. Berkurangnya untuk Melakukan Interaksi dan Komunikasi di dalam Masyarakat

Dengan kemudahan dalam melangsungkan interaksi dan komunikasi di dalam masyarakat menggunakan bantuan aplikasi.

Membuat interaksi dan komunikasi yang ada di dalam masyarakat akan berkurang secara langsung, malah senang untuk melakukan secara online.

Baik di media sosial, maupun online malalui berbagai aplikasi tersebut.

9. Akan Sering Terjadinya Pelanggaran terhadap Norma dan Nilai di Masyarakat

Masyarakat akan terpengaruh oleh budaya luar, sehingga ketika terjadi suatu pelanggaran yang tak sesuai dengan aturan norma, nilai di Indonesia.

Itu akan dianggap biasa, misalnya penyalahgunaan narkoba, mabuk mabukan yang berujung membuat onar, serta berbagai seks bebas, pergaulan bebas di masyarakat atau pemuda.

10. Sifat Manusia yang Cenderung Ingin Selalu Terbuka 

Warga akan cenderung bersifat terbuka pada hal hal baru yang ia belum tahu untuk apa kegunaannya dan akan berdampak pada kehidupannya sendiri.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai Ada 18 Dampak atau Pengaruh Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya di dalam masyarakat.

Sumber Rujukan Sosiologi.info : 

Buku Pembelajaran Sosiologi untuk Kelas 12 SMA dan MA pada kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial, Penulisnya oleh Dwi Mulyono

https://perpustakaan.bsn.go.id/, diakses pada Senin, 14 Februari 2022

https://brainly.co.id/, diakses pada Senin, 14 Februari 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !